BINUS UNIVERSITY

    Nyukur Dulu Barbershop Bikin Rambut Lebih Rapi dan Trendi

    Kuliah, bagi sebagian orang hanya digunakan untuk menimba ilmu di kelas sesuai dengan jadwal. Beberapa lainnya memutuskan untuk mencari ilmu lain, menjajal keterampilan baru, dan memanfaatkan peluang untuk bisa membuat sesuatu yang baru. Inilah yang dilakukan oleh Adenta Dwinanda atau kerap disapa Denta, mahasiswa BINUS UNIVERSITY jurusan Management.

    Sembari menjalankan kewajibannya sebagai mahasiswa semester akhir, Denta kini tengah mengelola sebuah bisnis yang digelutinya selama beberapa waktu terakhir. Tidak seperti bisnis anak muda kebanyakan yang mengikuti arus zaman, Denta membuka usaha sebuah salon khusus pria yang diberi nama Nyukur Dulu Barbershop.

    Siapa sangka, semula Denta juga memiliki keinginan untuk membuka bisnis pakaian dan kedai kopi. Namun, kesukaannya terhadap salon pria inilah yang akhirnya terwujud. Berlokasi di SPBU 3417107, Jalan Perjuangan No. 6, Harapan Baru, Bekasi Utara, Denta menawarkan bisnisnya dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah, jaminan kapster bersertifikat, peralatan yang disterilisasi, ruangan bersih dan selalu didesinfektan, serta area parkir yang luas. 

    Sempat Vakum 

    Tidak jauh berbeda dengan bisnis kebanyakan, Denta tentu juga merasakan pasang surut. Memiliki bisnis memang bukan perkara mudah dan hanya persoalan keuntungan, ada banyak hal yang harus diperhitungkan agar tetap bisa berjalan lancar. Bahkan, kendala yang dialami Denta harus membuat bisnisnya vakum selama dua bulan. 

    Mencari rekan yang tepat, dalam hal ini kapster menjadi kendala utama Denta dalam menjalankan Nyukur Dulu Barbershop. Kapster yang bekerja justru meminta berhenti dan melanggar kesepakatan yang dibuat oleh keduanya. Meski begitu, Denta tidak menyerah dan akhirnya mendapatkan solusi untuk kembali membuka bisnis barbershop miliknya.

    Baginya, sebagai pengusaha, ia harus memiliki banyak cara dan strategi. Jadi, jika nantinya menemukan adanya kendala yang belum diperoleh titik terang dan solusinya, bisnis tidak terdampak signifikan karena adanya rencana cadangan. Artinya, selalu pikirkan strategi baru agar bisnis tetap melaju. 

    Selalu ingat, setiap bisnis pasti memiliki pesaing. Kamu hanya perlu menemukan keunikan dari bisnis milikmu, mengetahui segmen, target, dan posisi sebelum memutuskan untuk sepenuhnya mulai membuka usaha. Denta mempelajari semuanya ketika kuliah, dan menerapkannya langsung pada Nyukur Dulu Barbershop yang dirintisnya.

    Fleksibilitas Jadi Motivasi sebagai Pengusaha

    Kuliah

    Sebagai pekerja kantoran atau pengusaha, semua memiliki sisi lebih dan kurangnya. Namun, bagi Denta, menjalani bisnis atau menjadi pengusaha lebih menjadi pilihan. Tidak seperti pekerja kantoran, pengusaha memiliki waktu kerja lebih fleksibel dan pakaian yang tak perlu diatur. 

    Secara sederhana, pengusaha adalah bos dari bisnisnya sendiri. Denta mengaku senang melakukannya, karena dirinya berperan penuh di seluruh aspek bisnisnya, mulai dari promosi, keuangan, sumber daya dan lainnya. Jadi, ia dapat memahami masalah yang ada dalam bisnis miliknya dan bagaimana cara menyelesaikannya.

    Tentunya, Denta berharap bisnisnya bisa bertahan dan berkembang lebih luas lagi dengan membuka banyak cabang baru di lokasi lainnya. Ia pun mengatakan bahwa tetap ada keinginan untuk membuka bisnis baru nantinya. 

    Nah, untuk generasi muda yang baru ingin merintis bisnis, Denta memberi tips untuk mengetahui dan suka dengan bisnis tersebut dan membuat perencanaan yang tepat. Jangan lupa, promosi yang menarik dan imbangi dengan ikhtiar serta doa.

    Memilih BINUS UNIVERSITY sebagai Kampus

    Bagi Denta, kuliah di BINUS UNIVERSITY adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, ia bisa mempelajari banyak hal, termasuk ilmu dasar menjadi pengusaha. Tidak heran, karena program 2+1+1 BINUS UNIVERSITY memang menawarkan banyak pengalaman belajar untuk Binusian. 

    Melalui program ini, setelah menyelesaikan belajar di kampus asal selama dua tahun, kamu berkesempatan untuk menjajal kuliah di kampus BINUS UNIVERSITY lain selama tahun, baik di kampus Jabodetabek, Malang, atau Bandung. Lalu, kamu juga bebas memilih program Enrichment untuk satu tahun terakhir. Program ini bisa penelitian, pengabdian masyarakat, atau entrepreneurship.

    Apakah kamu juga ingin jadi pengusaha seperti Denta? Awali dengan kuliah di BINUS UNIVERSITY yuk!