BINUS UNIVERSITY

    Mengingat Budaya dan Sejarah Indonesia Melalui Artevacation

    Perkembangan zaman yang semakin maju dan modern ternyata memberikan satu dampak yang cukup signifikan di Indonesia, yaitu pergeseran budaya. Masuknya budaya asing begitu masif dan diserap dengan sangat mudah, sementara budaya asli semakin tergerus dan nyaris terlupakan. Sudah tentu, tugas generasi muda untuk terus mempertahankan budaya dan sejarah bangsa Indonesia. 

    Berlatar belakang dari masalah inilah, Kintania Lizanty, seorang mahasiswi asal Purwakarta yang kini sedang menempuh studi semester 7 di BINUS UNIVERSITY @Bekasi mencetuskan sebuah website dan aplikasi bernama Artevacation. Seperti apa sebenarnya bisnis yang digeluti oleh Kintania dan teman-temannya ini?

    Mengingat Kembali Sejarah dan Budaya Indonesia melalui Artevacation 

    Binus University

    Artevacation merupakan website atau aplikasi yang memudahkan masyarakat mengenal lebih dalam tentang sejarah, termasuk situs dan wisata sejarah dari berbagai tempat di Indonesia. Website tersebut disajikan secara menarik dengan beberapa fitur, salah satunya adalah fitur travel yang menunjukkan tempat sejarah dan wisata. 

    Tidak hanya itu, ada pula fitur game di aplikasi yang mengusung konsep sejarah dan legenda yang ada di Indonesia. Tak ketinggalan, Artevacation juga menyajikan pusat perbelanjaan makanan dan barang khas berbagai daerah di Indonesia. 

    Kintania menuturkan, ide membuat website dan aplikasi ini bermula ketika dirinya mengikuti program Enrichment dan memilih jalur entrepreneurship. Ia mulai mencari dan mengkaji beberapa peluang dan ide bisnis untuk dipilih dan dikembangkan. Setelah beberapa hari melakukan riset, ia mendapatkan ide untuk membuat aplikasi atau website Artevacation.

    Alasannya sederhana, karena kekayaan dan potensi sejarah dan budaya di Indonesia yang begitu besar. Oleh karena itulah, Kintania memutuskan merilis Artevacation, agar masyarakat lebih mudah mengingat, mengetahui, dan belajar dengan asyik mengenai sejarah dan budaya di Indonesia. Jadi, tidak hanya liburan ke tempat wisata tanpa tahu sejarah dan budaya tempat tersebut.

    Pandai Melihat Peluang

    Memiliki bisnis sendiri mungkin memang sudah menjadi keinginan Kintania sebagai mahasiswi BINUS UNIVERSITY @Bekasi. Ia memutuskan untuk berkarir sebagai pengusaha untuk pembelajaran diri di masa mendatang, mengerti kemampuan yang dimiliki, juga melatih diri menerima kegagalan dan keberhasilan dengan tegas. Ia pun mengatakan bahwa dirinya memang sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan bisnis. Tak heran jika dirinya mampu melihat peluang hingga tercetuslah ide untuk membentuk Artevacation.

    Namun, bisnis yang dijalaninya tak selalu berjalan mulus. Sudah pasti ada kendala yang dihadapi Kintania bersama dengan temannya. Kesulitan terbesar adalah basis bisnis yang berkonsep perjalanan atau wisata yang memang terbilang menurun pada masa pandemi. Risiko yang tinggi membuat Kintania dan tim harus memutar otak agar usaha mereka tetap bertahan. Salah satunya dengan mengubah beberapa fitur di dalam web atau aplikasi. 

    Persaingan bisnis yang begitu ketat pun tak membuat Kintania dan teman-temannya menyerah. Justru, ia menjadi semakin termotivasi untuk membuat terobosan baru di bidang teknologi industri. Ia berharap, Artevacation bukan semata hanya sebagai batu loncatan, melainkan menjadi bisnis besar yang sangat sukses. 

    Melalui Artevacation, Kintania tidak hanya berharap bahwa masyarakat Indonesia lebih melek pada budaya dan sejarah Tanah Air meski budaya asing masuk dan nyaris mendominasi, tetapi juga pada generasi muda untuk tidak takut memulai apa pun yang diinginkan. Persiapkan fisik dan mental yang kuat, karena sama seperti pekerjaan lainnya, bisnis pun tidak selalu berujung pada keberhasilan gemilang. Jadi, siapkan diri untuk menghadapi kegagalan. 

    Kintania dan Artevacation menjadi bukti bahwa bisnis bisa dijalani oleh siapa saja yang memang memiliki tekad dan keinginan yang kuat. Pun, sifat pantang menyerah mutlak diperlukan agar tidak berhenti meski pernah tersandung kegagalan. Kintania dan teman-temannya berhasil mewujudkan mimpi mereka untuk memiliki usaha, dan melalui program Enrichment di BINUS UNIVERSITY mereka memulainya. 

    Jadi, sudahkah kamu bersiap untuk menjadi pengusaha sukses? Temukan bakat dan minatmu di BINUS UNIVERSITY, yuk!