Jurusan film di BINUS UNIVERSITY pantas menjadi pilihan pendidikan jika kamu berminat berkarier di dunia sinema. Selain mendapat pengetahuan dan pelatihan, kamu bisa menjajal berbagai potensi karier di industri yang semakin menantang dan luas ini. Perkembangan industri sinema global yang mencapai angka 20 hingga 30 persen antara tahun 2018 hingga 2023 semakin membuka peluang kerja di bidang perfilman.

Belajar Apa di Jurusan Film?

BINUS UNIVERSITY

BINUS UNIVERSITY memiliki program studi film yang komprehensif, memadukan aspek kreatif, seni, wawasan sosial, dan bisnis. Tujuannya adalah menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki keahlian teknis, namun juga perspektif bisnis, sosial, dan budaya.

Kurikulum kampus mengajarkan beragam teknik perfilman sesuai standar industri, analisis sinema, wawasan sosial dan budaya, ilmu komunikasi, serta bisnis. Mahasiswa juga akan sering menjalani diskusi, menghadiri pemutaran film, melakukan program observasi, mengikuti pelatihan, membuat beragam proyek film, dan sebagainya.

Peluang Karier Industri Film

Apa saja peluang karier yang bisa kamu dapat setelah lulus program studi film di BINUS UNIVERSITY? Inilah beberapa di antaranya.

  • Sutradara

Sutradara adalah salah satu pilihan karier terpopuler bagi lulusan prodi film. Profesi sutradara menawarkan banyak kemungkinan. Kamu bisa memiliki spesialisasi genre seperti drama, horor, komedi, dokumenter, hingga fiksi ilmiah. Kamu juga bisa menjadi sutradara film pendek atau video klip musik.

  • Editor Film/Video

Wawasan studi film berguna untuk melakukan penyuntingan film dan video. Sutradara mungkin menggarap film, namun editor bertugas menyatukan, memotong, dan merangkai potongan-potongan adegan menjadi kisah yang menarik.

  • Produser

Program studi film di BINUS UNIVERSITY punya kurikulum komprehensif, memberimu modal untuk menjadi produser. Kamu bisa memanfaatkan wawasanmu untuk memastikan sebuah proyek penggarapan film atau video musik berjalan lancar. Produser memastikan bahwa semua departemen penting dalam proyek penggarapan film berkomunikasi dan bekerja sama dengan lancar.

  • Manajer Lokasi

Manajer lokasi (location manager) punya tugas yang tidak kalah penting. Kamu bertugas menemukan area yang cocok untuk menggarap proyek dan memastikan lokasi tersebut siap digunakan. Bayangkan jika proyek film yang digarap menggunakan banyak lokasi sekaligus? Manajer lokasi tentu harus melakukan riset dan aktivitas komunikasi yang cukup banyak.

  • Desainer Produksi

Prodi film BINUS UNIVERSITY yang komprehensif juga memberimu latar belakang kuat untuk menjadi desainer produksi. Kamu bertanggung jawab atas aspek visual dari sebuah film atau pertunjukan, misalnya latar belakang, kostum, properti, pencahayaan, sudut kamera, dan sebagainya. Tugasmu memastikan semua elemen ini bekerja sama dengan baik. Kamu bisa bekerja di studio film, rumah produksi, atau teater.

  • Pencari Bakat

Pencari bakat punya tugas penting bahkan sebelum proyek film atau pertunjukan dimulai. Kamu bertugas menemukan aktor yang paling tepat untuk sebuah peran. Walau kualitas film atau pertunjukan ditentukan oleh mutu akting, memilih sosok yang tepat sejak awal tidak kalah penting. Wawasan dan latar belakang film akan membantumu dalam karier ini. Kamu bahkan bisa membuka agen pencari bakat sendiri.

  • Sutradara Periklanan

Kerja sutradara tidak hanya terkait film atau seni pertunjukan. Kamu bisa mengambil spesialisasi di bidang periklanan. Menyutradarai sebuah iklan atau materi promosi berbeda dari film, pertunjukan panggung, dan musik. Kamu harus bisa menyampaikan esensi produk atau merek yang dipasarkan dengan cara menarik perhatian dan emosi pemirsa. Sutradara periklanan bisa bekerja sama dengan berbagai perusahaan atau institusi.

  • Eksekutif Bidang Pemasaran

Promosi dan penyebaran suatu film, program TV, serta produk pertunjukan lainnya membutuhkan sistem pemasaran yang bagus. Kamu bisa bekerja di belakang layar dengan menjadi eksekutif pemasaran untuk mempromosikan film. Latar belakang prodi perfilman juga memberimu kemampuan untuk menciptakan metode dan material pemasaran yang menarik.

BINUS UNIVERSITY menawarkan program studi film yang berkualitas dan komprehensif. Pilihlah kampus ini jika kamu ingin memulai karier di bidang perfilman, baik di dalam maupun luar negeri.