BINUS UNIVERSITY

    Mau Sukses ala Elon Musk? Belajar Jadi Technopreneur, Yuk!

    Selain Jakarta, BINUS UNIVERISTY juga hadir di wilayah Bandung dengan 4 pilihan jurusan, salah satunya adalah Creativepreneurship. Nama jurusan Creativepreneurship mungkin terdengar asing dan tak banyak perguruan tinggi yang menyediakan program studi ini. Tapi, lewat jurusan ini kamu bisa belajar menjadi pengusaha sukses seperti Elon Musk, lho.  

    Kehadiran Creativepreneurship diharapkan mampu menyiapkan generasi muda menjadi Sarjana Bisnis yang unggul dan mampu bersaing di industri kreatif secara global. Sebagai mahasiswa Creativepreneurship kamu akan belajar segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia bisnis tak terkecuali cara menjalankan bisnis berbasis start-up. 

    Bicara mengenai peluang kerja, lulusan Creativepreneurship BINUS UNIVERSITY bisa menjadi technopreneur layaknya Elon Musk yang sukses mendirikan sejumlah perusahaan ternama seperti PayPal, Tesla, dan SpaceX. 

    Tertarik? Cari tahu lebih detail mengenai technopreneur dan tips menjadi technopreneur yang sukses berikut, yuk!

    Apa Itu Technopreneur?

    Binus University

    Technopreneur merupakan gabungan dari technology dan entrepreneurship. Sederhananya technopreneur bisa diartikan sebagai pengusaha yang bergerak di bidang teknologi. Kalau kamu pernah menggunakan Traveloka, GoJek, Tokopedia, atau WhatsApp, nah keempat platform tersebut merupakan produk  dari technopreneur.

    Selain usaha yang bergerak di teknologi komunikasi dan informasi, seorang pebisnis yang fokus pada teknologi otomotif seperti Honda dan Tesla juga bisa disebut sebagai technopreneur. Di lihat dari potensi pasar yang ada, bidang technopreneur di Indonesia cukup menjanjikan, apalagi jumlah penggunaan smartphone di tanah air terbilang tinggi. 

    Tips Menjadi Technopreneur yang Sukses 

    Binus University

    Dalam meraih kesuksesan, setiap orang perlu kerja keras. Lalu, apa sih hal-hal yang harus dilakukan supaya bisa menjadi technopreneur yang sukses?

    • Pastikan membuat produk yang memenuhi kebutuhan pasar dan menjadi solusi dari sebuah permasalahan. Oleh karena itu, bila kamu memiliki ide coba uji dulu apakah ide tersebut benar-benar diharapkan masyarakat. 
    • Pentingnya menguasai people management. Sebagai pemimpin, kamu harus bisa memberdayakan setiap orang yang berelasi dengan bisnis ini agar dapat mencapai misi yang diharapkan. 
    • Yang tak kalah penting adalah kemampuan melakukan marketing dan mengelola finansial. Dengan begitu kamu bisa menyusun strategi terbaik yang hemat biaya namun tetap layak secara komersial dalam pemasaran produk. 
    • Bisa menjadi problem solver saat terjadi masalah di internal dan eksternal yang berpotensi mengganggu kelancaran bisnis. 

    Technopreneur Sukses di Dalam dan Luar Negeri

    Binus University

    Selain mempraktikkan tips di atas, tak ada salahnya mencari tahu mengenai sosok-sosok yang sukses menekuni technopreneur seperti berikut biar makin semangat meraih impiannya. 

    • Elon Musk

    Siapa yang tak kenal pengusaha satu ini? Sempat menjadi orang terkaya nomor satu di dunia, Elon Musk sukses menjadi pendiri 3 perusahaan besar  seperti Tesla, PayPal, SpaceX. 

    Keberaniannya mengambil risiko dan kerja kerasnya dalam bekerja membuat sosok satu ini patut menjadi technopreneur panutan. Kerennya lagi, lewat SpaceX Elon Musk sedang mengembangkan teknologi yang memungkinkan manusia hidup di planet lain. 

    • William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison

    Ini dia sosok di balik kesuksesan Tokopedia, William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Sebelum sukses seperti sekarang, William sempat bekerja sebagai penjaga warnet saat masih aktif kuliah di BINUS UNIVERSITY. Setelah lulus kuliah, bersama Leontinus ia pun merintis Tokopedia yang kini berhasil menjadi start-up unicorn

    • Nadiem Makarim

    Berawal dari pengalaman sulitnya mendapatkan ojek untuk berangkat kerja, sosok technopreneur lulusan S2 Harvard Business School ini kemudian mendirikan Go-Jek. 

    Tak hanya beroperasi di Indonesia, Go-Jek juga berhasil melebarkan bisnisnya hingga ke negara tetangga. Meski sekarang tak lagi menjabat sebagai CEO, namun nama Nadiem akan selalu dikenal sebagai sosok di balik kesuksesan Go-Jek. 

    Bagaimana? Tertarik menjadi technopreneur seperti sosok di atas? Belajar Creativepreneurship di BINUS UNIVERSITY @Bandung akan membantumu menjadi seorang pebisnis andal. Cek website BINUS UNIVERSITY untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jurusan Creativepreneurship mulai dari kurikulum sampai peluang karier setelah lulus kuliah.