Masih berada di bawah Faculty of Engineering  jurusan computer engineering berkutat dengan teknologi software dan hardware komputer. Jangan sampai tertukar dengan computer science, ya! Meski terdengar mirip, teknik komputer lebih mempelajari komputer dengan cara terapan, dibandingkan ilmu komputer yang mempelajari komputer secara ilmiah atau saintifik. 

Di dunia kerja nanti, implementasinya pun cukup berbeda. Lulusan teknik komputer mungkin membuat chip (fisik) dengan program yang ada di dalamnya atau membuat prosesor. Sementara lulusan ilmu komputer diharapkan bisa membuat program atau software dan pengembangannya. 

Prospek Karier Computer Engineering

Computer Engineering

Berbeda dengan ilmu komputer yang banyak belajar mengenai komputer secara keilmuan, mahasiswa teknik komputer juga mempelajari teknik elektronika. Ini akan membuat mereka mampu membuat perangkat keras komputer termasuk chip yang berisi data pemrograman. 

Inilah kenapa, lulusan teknik komputer mungkin bekerja sebagai peneliti komputer, ahli pembuatan perangkat keras komputer, pembuat dan pengembang aplikasi, network security administrator, ahli robotik, dan segala hal yang berkaitan dengan artificial intelligence juga mungkin dilakukan. 

Lalu, bagaimana prospeknya? Dengan teknologi yang terus berkembang secara pesat, ilmu computer engineering adalah salah satu jurusan yang juga akan terus diminati. Lulusannya akan banyak dibutuhkan terutama ketika dunia industri pun sudah menuju revolusi industri 4.0 yang berarti penerapan komputerisasi dan digitalisasi pada berbagai elemen. 

Bayaran yang Besar

Computer Engineering

Menurut Forbes, lulusan computer engineering menempati posisi ke-8 profesi dengan bayaran terbesar di dunia. Posisi tersebut berada bersama ilmu komputer di peringkat ke-7 dan teknik elektronika komputer di peringkat ke-6. Dengan kata lain, bidang komputer memang masih menempati tempat tertinggi dibandingkan profesi lain

Apakah kamu tertarik? Sebelum memutuskan untuk masuk ke jurusan ini, kamu perlu ahu dulu apa saja yang akan kamu pelajari dan kualitas diri apa saja yang perlu kamu miliki agar bisa berhasil di jurusan teknik komputer. 

Apa yang Perlu Dipelajari?

Computer Engineering

Pertama, kamu memang harus tertarik dengan dunia komputer untuk bisa menjalani perkuliahan di teknik komputer. Kemampuan di bidang matematika juga akan mendukung kamu untuk lancar belajar jurusan kuliah ini. Selain itu, kamu perlu terbuka dengan segala kemungkinan karena bidang ini adalah bidang yang masih terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Di Indonesia sendiri, teknik komputer sudah dikenal sejak lama dan sudah terdapat banyak sekolah dan perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini. Bahkan, di BINUS UNIVERSITY, kamu bisa mendapatkan pengajaran computer engineering dalam bahasa Inggris yang akan membuatmu semakin siap menghadapi persaingan global. 

Beberapa mata kuliah yang diberikan di computer engineering BINUS UNIVERSITY adalah:

  • Physics
  • Chemistry
  • Calculus
  • Algorithm and Programming Fundamentals
  • Engineering Mathematics
  • Entrepreneurship: Ideation
  • Electronic Devices
  • Computer Organization and Architecture
  • Cross Platform Application Development
  • Dan lainnya

Bisa dibilang, teknik komputer melakukan pendekatan yang lebih dalam dan menyeluruh terhadap ilmu komputer. Hal ini nantinya bisa menjadi modal untuk kamu mengembangkan lagi ilmu yang kamu dapatkan sesuai zamannya. 

Yang paling menarik dari computer engineering di BINUS UNIVERSITY adalah adanya enrichment program. Lebih dari sekadar praktik kerja, program pengayaan yang ada di semester enam dan tujuh ini memberikan waktu untuk para mahasiswa menemukan mentor terbaik di bidangnya. 

Mahasiswa bisa memilih dari mulai kerja sosial hingga magang di perusahaan-perusahaan besar. Jadi, lulusan dari jurusan teknik komputer di BINUS UNIVERSITY nantinya bisa mengandalkan pengalamannya sebagai modal awal untuk masuk ke dunia kerja. 

Ciptakan Inovasi dari Teknik Komputer

Computer Engineering

Bukan tidak mungkin, suatu hari kamu bisa menciptakan inovasi robot atau teknologi yang bisa mempermudah kehidupan manusia. Berangkat dari mempelajari teknik komputer, kamu nantinya bisa mencoba untuk menciptakan sebuah sistem, perangkat lunak, atau bahkan perangkat keras yang memiliki fungsi baru yang belum dimiliki sebelumnya.

Meski terlihat sulit, sebenarnya kamu akan terbiasa jika kamu memang benar-benar tertarik pada bidang ini. Bagaimana, mau jadi lulusan teknik komputer? Yuk, cek serba-serbinya di BINUS UNIVERSITY!