Sektor bisnis yang berkembang ke arah digital memerlukan lebih banyak tenaga andal yang ahli di bidangnya. BINUS UNIVERSITY sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, siap menjadi tempat untuk menempa alumni-alumni yang siap kerja. Salah satunya lewat jurusan Business Information Technology (Teknologi Informasi Bisnis).

Jurusan Business Information Technology dirancang untuk mencetak lulusan yang memiliki keahlian dalam pengembangan sistem komputer untuk memecahkan berbagai masalah dalam bisnis sekaligus membuat keputusan manajerial. Keahlian di bidang teknologi informasi dan komputasi dibutuhkan untuk mengembangkan sistem komputer yang canggih untuk bisnis. Lantas, profesi apa saja yang bisa diisi oleh para alumninya?

Business Analyst

Jurusan Business Information Technology

Business analyst atau analis bisnis bertugas untuk menjadi mediator yang menghubungkan antara teknologi informasi dengan bisnis lewat analisis data. Mereka melakukan penilaian, menentukan persyaratan serta memberikan pendapat terkait hal-hal tersebut kepada pimpinan maupun stakeholders.

Seorang analis bisnis tidak hanya dituntut punya kemampuan dalam bidang IT, tapi harus punya kapabilitas tinggi dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Dengan mengambil jurusan Business Information Technology di BINUS UNIVERSITY, kamu akan ditempa dengan basic skills, knowledge sekaligus kemampuan interpersonal agar mampu menganalisis sebuah bisnis dengan baik.

Social Media Consultant

Jurusan Business Information Technology

Di tengah perkembangan teknologi dan penetrasi internet yang semakin tinggi, bisnis nyaris tidak bisa dipisahkan dengan media sosial. Siapa saja yang ingin meraih popularitas online di internet, bisa melakukannya lewat media sosial. Karena alasan inilah kebutuhan akan tenaga Social Media Consultant semakin tinggi.

Social Media Consultant adalah seseorang yang berperan sebagai agen pemasaran atau eksekutif hubungan masyarakat untuk sebuah bisnis atau kandidat politik. Tugas-tugasnya antara lain membuat kampanye atau iklan yang menggunakan media video, blog, forum dan fitur apa pun yang biasa muncul di media sosial. Secara ringkas, konsultan media sosial membantu perusahaan untuk membangun online presence mereka di internet.

Software Developer

Jurusan Business Information Technology

Profesi lain yang juga bisa diisi oleh lulusan Business Information Technology adalah Software Developer atau pengembang perangkat lunak. Tugas dari seorang Software Developer adalah mengembangkan sebuah produk berupa perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Dalam prosesnya, pengembangan perangkat lunak ini dilakukan dengan proses yang cukup panjang. Mulai dari menilai kinerja, melakukan maintenance jika dibutuhkan, menilai skalabilitas, daya tahan serta keamanan dari perangkat lunak yang dibuat. Karena pekerjaan ini sifatnya dinamis, seorang pengembang perangkat lunak harus memiliki keinginan dan kemauan belajar serta memperbarui pengetahuan yang dimilikinya.

Information Management Consultant

Jurusan Business Information Technology

Banyak lulusan jurusan Business Information Technology yang bercita-cita menjadi seorang Information Management Consultant. Perusahaan di seluruh dunia membutuhkan pakar teknologi informasi yang andal untuk memastikan sistem informasi yang mereka miliki berjalan dengan baik dan mampu memenuhi kebutuhan serta tujuan bisnis. Kamu bisa bekerja menjadi seorang Information Management Consultant di perusahaan, atau membuat firma secara mandiri. Keduanya memiliki peluang yang sama besarnya.

Profesi sebagai Information Management Consultant menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat akan semakin tinggi. Ini karena banyaknya industri dan instansi pemerintah yang bergantung pada ahli dari luar untuk meningkatkan kinerja sistem teknologi informasi yang mereka miliki.

Information Manager

Jurusan Business Information Technology

Posisi lain yang tidak kalah menjanjikan untuk kamu yang mengambil jurusan Business Information Technology adalah Information Manager atau manajer sistem informasi. Tugasnya adalah membantu membangun rencana bisnis, menangani keamanan jaringan hingga mengarahkan operasi internet.

Setelah berkonsultasi dengan pemilik bisnis tentang apa yang ingin dicapai dan apa tujuan akhirnya dalam menggunakan teknologi, manajer sistem informasi mengkoordinasikan upaya pakar komputer lainnya, seperti analis sistem, pemrogram komputer, dan spesialis pendukung. Tujuan akhirnya adalah untuk membantu agar tujuan bisnis bisa tercapai.

Itulah beberapa peluang karier menjanjikan jika kamu mengambil jurusan Business Information Technology di BINUS UNIVERSITY.