BINUS UNIVERSITY selalu hadir dengan keunikan yang membuatnya selangkah di depan perguruan tinggi lain. Salah satu yang menonjol adalah keberadaan minor program yang menawarkan fleksibilitas bagi mahasiswa dalam rangka pengembangan potensi akademik sesuai passion. 

Program minor memungkinkan tiap mahasiswa mengikuti perkuliahan bidang lain di luar program studi yang digeluti. Bahkan, kamu diberi kebebasan untuk menentukan mana kegiatan perkuliahan minor yang ingin diambil. 

Namun, kebebasan itu harus digunakan secara bertanggung jawab. Salah satunya dengan memilih program minor yang betul-betul sesuai dengan minat kamu. Jadi, kamu bakal bisa menikmati perkuliahan sambil menambah bekal untuk persiapan terjun ke dunia kerja nantinya.

Menambah Kemandirian dalam Berbisnis 

Minor Program

Seperti diketahui, banyak program studi di BINUS yang jarang kamu jumpai di perguruan tinggi lain. Ini jadi nilai plus BINUS karena mau mengembangkan keilmuan yang dapat mengikuti perkembangan industri masa kini. 

Sebut saja, program studi Creativepreneurship yang berlokasi di BINUS @Bandung. Booming industri kreatif di Indonesia, khususnya kota Bandung, membuat program studi ini jadi favorit lulusan SMA. Di sini kamu bukan hanya belajar membangun bisnis dalam industri kreatif dari nol, tetapi juga bagaimana mengelola bisnis tersebut.

Mengelola bisnis yang bergerak dalam industri kreatif perlu gaya kepemimpinan yang khas. Kamu akan diajak mengeksplorasi diri sendiri untuk menggali dan memupuk jiwa entrepreneur dalam diri yang mau bekerja keras, terampil dalam segala aspek bisnis, sekaligus jeli melihat peluang.

Mengikuti minor program Designpreneur jadi cara menyenangkan untuk eksplorasi kemampuan diri kamu selama kuliah di BINUS. Lewis Fernando Falens, Binusian 2022 dari program studi Creativepreneurship menyadari akan kebutuhan belajar tersebut. 

“Aku ikut program minor Designpreneur karena aku sadar belajar membangun bisnis saja belum cukup. Aku juga perlu belajar bagaimana membuat aplikasi dan cara mendesain sesuatu,” ucap Lewis. 

Sedikit ketertarikan pada dunia desain sudah cukup untuk menjalani perkuliahan di program minor ini. Lewis menyadari hal tersebut sehingga ia merasa yakin mampu mengikuti semua mata kuliah yang ditawarkan Designpreneur.

“Aku sendiri tidak menyiapkan ini dan itu. Ikuti saja semua materi yang diajarkan karena dosen-dosen akan mengajarkannya dari materi paling dasar,” ungkap Lewis. Hanya saja karena perkuliahan selama ini berlangsung online akibat pandemi, Lewis merasa pengalaman yang ia dapat kurang begitu variatif.

“Pengalaman berkesan ya tidak terlalu banyak karena sudah lama kami hanya bertemu lewat layar alias kuliah online. Meski begitu, ada sih hal-hal kecil yang lucu saat ikut kelas online. Misalnya, beberapa mahasiswa kadang lupa matikan mic dan malah bernyanyi sendiri, hehehe,” cerita Lewis.

Dari pengalaman berkuliah program minor yang ia alami, Lewis berharap ke depannya ia bisa lebih mantap membangun bisnis sendiri di masa depan. “Plus, kalau nanti aku butuh desain sesuatu, aku bisa mengerjakannya sendiri, jadi tidak perlu cari orang lagi,” tutur Lewis.

Konsep mandiri dalam berbisnis inilah yang dipelajari Lewis saat mengikuti program minor Designpreneur. Minimal ia bisa mengetahui dasar-dasar penting dalam desain terkait bisnis. Tentu ini jadi langkah bijak mengingat ketika baru berbisnis, seorang entrepreneur perlu terampil dalam segala hal.

Minor Program Lain untuk Mahasiswa Business

Designpreneur adalah satu dari 10 program minor yang ditawarkan BINUS kepada Binusian lewat program 2+1+1. Program ini bisa diambil oleh mahasiswa Engineering & IT/Computer, Design, dan Business & Communication. Dengan 20-30 SKS, mahasiswa butuh minimal dua semester guna menuntaskan seluruh mata kuliah tersebut. 

Alternatif program minor lain yang bisa diambil oleh mahasiswa Business adalah Digital Ecosystem, Virtual Services, Culinary, Digital Business, dan Technopreneurship. Banyaknya pilihan tersebut tentu membuka kesempatan pada kamu untuk menambah wawasan sekaligus mengisi bekal keilmuan yang bakal bermanfaat ketika membangun bisnis sendiri.

Kamu akan merasakan bagaimana manfaat berkuliah lintas jurusan ini ketika terjun langsung ke dunia kerja. Terbiasa berkolaborasi lintas bidang jadi salah kompetensi penting yang perlu dikuasai lulusan BINUS. Dengan demikian, mengikuti minor program tak hanya membuatmu mandiri dalam berbisnis, tetapi juga mampu bekerja sama dalam tim dan mempertajam keterampilan manajemen yang kamu punyai.

Jadi, sudah tahu mana program minor pilihan kamu?