BINUS UNIVERSITY

    Lulusan Chinese Literature Semakin Dicari, Yuk Simak Apa Saja yang Harus Dipelajari!

    Belasan tahun silam peminat jurusan Chinese Literature memang tidak sebanyak jurusan sastra lain. Namun, perkembangan Tiongkok sebagai salah satu raksasa dunia turut menaikkan pamor bahasa Mandarin. Kebutuhan industri akan lulusan Chinese Literature terus meningkat, terutama di sektor bisnis dan pendidikan.

    Dengan menguasai bahasa Mandarin secara fasih, kamu bisa membuat rencana karier yang lebih luas. Mulai dari kesempatan belajar langsung ke Tiongkok dan melanjutkan studi di sana, hingga bekerja di perusahaan nasional maupun internasional. Banyak perusahaan yang mau membayar gaji ekstra untuk pemegang titel sarjana Chinese Literature.

    Karena kamu bukan penutur asli, mengantongi sertifikat bahasa Mandarin jadi nilai tambah yang bisa kamu tuliskan dalam CV. Hanyu Shuiping Kaoshi atau HSK adalah satu-satunya sertifikasi valid yang bisa membuktikan kemampuan bahasa Mandarin seseorang. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

    Hanban, Penyelenggara Resmi HSK

    Lulusan

    Confucius Institute Headquarter, sering disingkat Hanban, menyelenggarakan tes HSK di berbagai belahan dunia. Hanban bekerja sama dengan lembaga pendidikan untuk pelaksanaan ujian HSK. Siapa saja bisa mengikuti tes ini sehingga tidak terbatas pada mereka yang pernah berkuliah Chinese Literature saja. 

    Sertifikasi HSK mirip dengan TOEFL dan IELTS dalam bahasa Inggris dengan fungsi yang setara dan sama. Begitu kamu mengantongi HSK, artinya kemampuan kamu ber-cas cis cus bahasa Mandarin sudah diakui dan teruji.

    Enam Level Tes HSK

    Lulusan

    Penerapan enam level tes HSK sudah berlaku sejak November 2009. Tingkat dasar ada di level 1 dan 2, tingkat menengah di level 3 dan 4, serta tingkat mahir di level 5 dan 6. Lantas, mengapa harus dibuat tingkatan demikian?

    Tingkatan tersebut menjadi semacam syarat untuk meraih berbagai kesempatan berbekal bahasa Mandarin. Contoh, jika kamu ingin bekerja di perusahaan Indonesia, kamu cukup mengantongi sertifikasi level 3 atau 4. Tentu saja faktor kebutuhan perusahaan juga berpengaruh.

    Akan tetapi, kalau kamu berniat melanjutkan studi atau bekerja di Tiongkok, minimal kamu harus menguasai level 5. Sekadar informasi, lulusan Chinese Literature seharusnya berada di level ini lho. Sementara itu, untuk menjadi seorang pengajar atau laoshi, kamu wajib mencapai level 6. 

    Tes HSK mencakup sesi mendengar, membaca, dan menulis. Namun, untuk level 1 sampai 4, sesi menulis ditiadakan. Di level 1 dan 2, kamu masih akan menjumpai gambar ilustrasi dan ejaan pinyin. 

    Sementara itu, di tingkat menengah, soal ujian tidak lagi menampilkan ejaan pinyin, tetapi sudah memakai karakter hanzi. Pada tingkat mahir, soal esai ditampilkan untuk menguji kemampuan kamu mendeskripsikan sesuatu dalam karakter hanzi.

    Selengkapnya, berikut penjelasan masing-masing level HSK.

    Level 1

    Minimal menguasai 150 kata. Kamu sudah mampu mengenal dan memakai kosakata dasar bahasa Mandarin sederhana.

    Level 2

    Minimal menguasai 300 kata. Kamu mulai terbiasa memakai bahasa Mandarin dalam percakapan sehari-hari yang mengusung beberapa topik sederhana.

    Level 3

    Minimal menguasai 600 kata. Kamu mampu berkomunikasi secara dasar lewat penuturan kalimat sederhana untuk aktivitas sehari-hari, seperti bekerja dan belajar. Di tingkatan ini, kamu dipandang mampu bepergian sendiri di Tiongkok karena bisa berkomunikasi dengan penutur asli (native speaker).

    Level 4

    Minimal menguasai 1.200 kata. Penguasaan bahasa Mandarin merambah ke topik-topik yang lebih rumit dan kompleks. Kamu juga mampu mengekspresikan pikiran dan perasaan karena mempunyai perbendaharaan kata yang cukup. Bahkan, kamu dipandang mampu mengimbangi percakapan dengan penutur asli. 

    Level 5

    Minimal menguasai 2.500 kata. Kamu dapat mendiskusikan berbagai topik abstrak, resmi, dan profesional. Merespons pembicaraan bisa dilakukan dengan mudah. Jika kamu berencana sekolah, kuliah, maupun bekerja di Tiongkok, wajib mencapai level ini. Kamu pun sudah terampil membaca koran/majalah/website lokal Tiongkok, menonton film Mandarin tanpa subtitle, dan mampu mengekspresikan diri melalui tulisan serta lisan (seperti pidato).

    Level 6

    Minimal menguasai 5.000 kata. Lingkup komunikasi lebih luas, cara bertutur dan kefasihan selayaknya penutur asli yang berlatar pendidikan tinggi. Pada tingkatan ini, kamu mampu berbahasa Mandarin seperti penutur asli alias masyarakat lokal. Kemampuan berkomunikasi dan mengekspresikan diri secara lisan dan tertulis pun lebih kompleks.

    Lulusan Chinese Literature BINUS UNIVERSITY tentu bisa mencapai level 5 HSK dengan mudah. Sertifikasi HSK akan menjadi nilai plus yang membuatmu tampil cemerlang sekaligus siap bersaing di tingkat global. Jadi, sudahkah kamu merancang karier begitu lulus dari BINUS UNIVERSITY?