BINUS UNIVERSITY adalah salah satu tempat terbaik untuk kuliah bidang Visual Communication Design, terutama yang berfokus pada New Media. Pertanyaannya: melihat tingginya tingkat persaingan kerja dan bisnis masa kini, apakah bidang kuliah tersebut masih relevan? Pekerjaan apa saja yang tersedia untuk lulusan ini?

Sebelum membuat keputusan, pelajari dulu apa yang dipelajari di bidang Visual Communication Design – New Media, dan lihat peluang kariernya!

Mengapa Pilih Jurusan Ini?

Binus University

Visual Communication Design adalah jurusan BINUS UNIVERSITY dengan prospek cukup menjanjikan di masa depan. Jurusan ini memadukan seni serta teknologi untuk menyampaikan ide dan konsep. Setiap perusahaan, institusi, atau bidang kerja pasti membutuhkan pakar desain komunikasi visual untuk bekerja sama dalam berbagai proyek.

Keunggulan jurusan ini adalah adanya kesempatan luas untuk berkarir di berbagai bidang, baik di dalam maupun luar negeri. Pemilik keahlian di bidang ini juga cenderung memiliki berbagai keahlian, mulai dari desain, pembuatan konsep, penulisan, penerjemahan, komunikasi, penyampaian ide, hingga penggunaan teknologi.

Jurusan BINUS UNIVERSITY yang terkait New Media juga berpotensi besar ketika kamu membandingkannya dengan statistik pengguna media sosial di dunia. Jumlah pengguna media sosial dunia melonjak hingga 13 persen sepanjang 2020. Internet versi mobile juga mendominasi penggunaan lewat komputer, misalnya. Hal ini semakin menguatkan potensi berkarir setelah lulus dari Visual Communication Design.

Daftar Karir Prospektif

Binus University

Apa saja pekerjaan yang bisa kamu lakukan setelah lulus dari BINUS UNIVERSITY? Inilah beberapa rekomendasi karier.

  • Desainer Merek

Desainer merek (brand designer) punya peran penting sebagai salah satu penentu kesuksesan bisnis. Tugasmu adalah memadukan berbagai elemen desain menjadi satu simbol atau logo perusahaan dan suvenir yang terkait. Selain bekerja di perusahaan baru, kamu juga bisa melakukan pembaruan (revamping) element desain lama.

  • Desainer Situs

Desainer bisa terlibat dalam proses pembuatan situs internet. Peranmu memastikan bahwa tampilan situs tersebut enak dilihat, memiliki sistem navigasi cukup mudah bagi siapa saja, dan mencerminkan hal atau produk yang hendak dipromosikan.

  • Desainer Aplikasi

Dengan adanya aplikasi melimpah, pekerjaan desainer semakin sulit. Kamu harus membuat konten desain yang terasa nyaman ketika dilihat dan dijelajahi. Sebagai desainer aplikasi, karya-karyamu juga harus mudah dijelajahi sekaligus menarik. 

  • Ilustrator dan Desainer Lepas

Jika kamu memilih berkarir secara mandiri, menjadi ilustrator dan desainer lepas adalah pilihan tepat. Kamu bisa membuka studio sendiri sambil mengembangkan gaya desain yang paling mencerminkan keahlianmu. Kelebihan bekerja secara lepas adalah adanya kebebasan menuangkan kreativitas, namun kamu juga harus pandai mempromosikan diri.

  • Editor Video

Editor video cocok untukmu yang menyukai paduan aspek audio dan visual dalam desain. Ilmu desain komunikasi visual bisa kamu terapkan untuk membuat material video lebih menarik, enak dilihat, informatif, dan cocok dengan tujuan pembuatannya. Jenisnya bisa bermacam-macam, mulai dari video informasi, iklan, hingga materi promosi.

  • Jurnalis Foto/Video

Jurnalis foto atau video memiliki kemampuan menangkap serta merangkai hasil rekaman aktivitas atau panorama. Hasilnya adalah rangkaian visual yang menciptakan kesan atau pesan tertentu. 

  • Manajer Komunikasi

Jika kamu mengincar karier profesional dengan jalur linear, manajer komunikasi bisa menjadi pilihan. Tugas pemilik profesi tersebut adalah menyampaikan informasi penting terkait strategi, jadi kamu harus memiliki keahlian berkomunikasi baik. Terkait komunikasi visual, kamu harus jago memadukan unsur gambar, suara, animasi, dan elemen lainnya pada materi presentasi.

  • Tenaga Pendidik

Bagaimana jika minatmu yang sebenarnya adalah berbagi ilmu? Gunakan latar belakangmu untuk menjadi pendidik dalam bidang serupa. Kamu bisa menjadi tenaga pendidik seperti dosen di universitas.

BINUS UNIVERSITY adalah pilihan terbaik bagi kamu yang ingin belajar Visual Communication Design (New Idea) memberimu berbagai peluang untuk bekerja karena jasamu dibutuhkan oleh pemilik bisnis.