BINUS UNIVERSITY

    Kuliah Jurusan Mass Communication, Apa Aja Ya Prospek Kariernya?

    BINUS UNIVERSITY memiliki reputasi sebagai kampus teknologi. Namun, Jurusan Universitas BINUS tidak hanya berkaitan dengan teknologi. Kamu juga bisa menjumpai pilihan program studi lainnya, termasuk di antaranya adalah Mass Communication. Jurusan ini mempunyai dua pilihan konsentrasi, yakni Penyiaran Kreatif dan Jurnalisme Penyiaran. 

    Kedua pilihan konsentrasi tersebut memberikan modal pengetahuan yang berbeda. Journalism Penyiaran berfokus pada pembuatan tayangan siaran berita. Sementara itu, Penyiaran Kreatif lebih berfokus pada proses pembuatan program kreatif penyiaran meliputi infotainment, game show, musik, drama, dan lain sebagainya. 

    Modal pendidikan di Jurusan Universitas BINUS Mass Communication bisa mengantarkanmu berkarier di perusahaan media dengan mudah. Di dalamnya, kamu pun bisa menjumpai berbagai pilihan pekerjaan, termasuk di antaranya: 

    • 1. Sutradara

    Jurusan Universitas Binus

    Pilihan karier yang pertama adalah sebagai sutradara. Posisi ini mendorong kamu untuk bertanggung jawab dalam menentukan aspek kreatif film yang tengah dikerjakan. Kamu bertanggung jawab dalam hal pemilihan aktor, suara, musik, tata visual, dan lain sebagainya. 

    Kalau ingin menjadi sutradara, kamu tidak hanya perlu bekal kemampuan teknis berkaitan film. Namun, kamu juga perlu kemampuan leadership yang kuat. Sebagai tambahan, sutradara juga perlu membangun ikatan personal kuat pada cerita film. Hal ini penting agar kamu bisa menghasilkan cerita dengan tingkat emosi yang kuat. 

    • 2. Editor film

    Jurusan Universitas Binus

    Selanjutnya, kamu dapat menjalani karier sebagai editor film. Pekerjaan ini menuntut kamu untuk mampu membangun cerita dengan tingkat estetika tinggi melalui pengambilan gambar sesuai skenario dan konsep sutradara. Kamu pun perlu memiliki kreativitas tinggi agar bisa menghasilkan shot yang unik dan selaras dengan konsep cerita. 

    • 3. News anchor

    Jurusan Universitas Binus

    Ada pula pertimbangan karier sebagai seorang news anchor. Tugas utama yang perlu kamu jalankan kalau menjalani karier ini adalah membaca berita. Tidak sekadar membaca, tetapi kamu juga perlu pengetahuan yang mendalam tentang berita. Oleh karena itu, sebelum menjadi news anchor kamu terlebih dahulu harus mempunyai pengalaman sebagai reporter lapangan. 

    • 4. Wartawan

    Jurusan Universitas Binus

    Kalau kulian di Jurusan Universitas BINUS Mass Communication, kamu bisa pula memilih karier sebagai wartawan atau jurnalis. Tugas utamanya adalah melakukan pelaporan terhadap berbagai peristwa penting. Tak hanya itu, kamu perlu menyusun laporan tersebut sesuai dengan kaidah jurnalistik. Sebagai tambahan, kamu juga perlu memiliki jiwa yang tangguh dalam proses berburu berita. 

    • 5. Presenter

    Jurusan Universitas Binus

    Saat berkuliah di Jurusan Universitas BINUS Mass Communication, kamu akan memperoleh bekal kemampuan public speaking. Kemampuan ini dapat kamu manfaatkan untuk menjalani karier sebagai presenter televisi. 

    Tugas seorang presenter adalah membawakan materi kepada para pemirsa. Tak jarang, kamu juga perlu terlibat dalam dialog dengan tamu. Jenis acara yang bisa kamu bawakan cukup beragam, termasuk di antaranya adalah seminar, kuis, talkshow, dan lain sebagainya.

    • 6. Dosen

    Jurusan Universitas Binus

    Pertimbangan karier yang tak kalah menjanjikan bagi mahasiswa lulusan mass communication adalah dosen. Mass communication termasuk sebagai salah satu jurusan yang populer dan keberadaannya selalu dibutuhkan. Oleh karena itu, tingkat kebutuhan pengajar di jurusan ini juga sangat tinggi. Hanya saja, kamu perlu memiliki modal pendidikan magister untuk bisa menjalani karier sebagai dosen. 

    • 7. Manajer teknis penyiaran

    Jurusan Universitas Binus

    Terakhir, kamu juga dapat menjadi seorang manajer teknis penyiaran. Tugasnya adalah melakukan koordinasi pekerjaan teknis dalam industri penyiaran, meliputi perekaman, pengeditan, perawatan, serta pekerjaan teknik agar program siaran dapat berjalan lancar. 

    Profesi sebagai seorang manajer teknis penyiaran tidak hanya memerlukan keahlian teknis. Namun, kamu juga perlu memiliki keahlian manajemen waktu yang baik. Tak lupa, kamu juga perlu kemampuan komunikasi agar bisa menjaga hubungan baik dengan tim dari produksi dan teknis. 

    Itulah tujuh pilihan karier yang dapat kamu manfaatkan kalau kuliah di Jurusan Universitas BINUS Mass Communication. Ingat, kemampuanmu dalam bidang penyiaran bakal selalu dibutuhkan. Terlebih lagi, kehadiran teknologi canggih makin mendorong penggunaan penyampaian informasi secara visual. 

    Kalau ingin menjadi salah satu lulusan jurusan ini, kamu bisa mendaftar Program Studi Mass Communication BINUS UNIVERSITY di BINUS @Kemanggisan dan BINUS @Alam Sutera. Ingin meraih masa depan cerah, kan? Yuk, segera daftar!