BINUS UNIVERSITY tidak hanya menawarkan pendidikan untuk mahasiswa program Management, tetapi juga program enrichment. Dengan kegiatan ini, mahasiswa bisa mendapat pengalaman yang mirip dengan dunia kerja sebenarnya. Adinda Putri, peserta kegiatan enrichment berupa magang, memaparkan aktivitas serta keuntungan yang diperolehnya saat mengikuti program di perusahaan asuransi.

Kisah Pengalaman Magang Adinda

Program

Sebagai mahasiswa program Management, Adinda mendapat kesempatan magang di PT Asuransi Ciputra Indonesia, tepatnya di divisi Business Development. Setelah melalui proses wawancara lewat telepon dan langsung, Adinda mendapat pelatihan untuk mengerjakan beberapa tugas sesuai kapasitasnya.

Keunikan program enrichment BINUS UNIVERSITY adalah adanya penyesuaian antara tugas mahasiswa selama magang dengan kurikulum kampus. Selama magang, Adinda mengerjakan hal-hal yang teorinya telah dipelajari di kampus. Tugas-tugasnya antara lain membuat laporan produksi tim, mencatat laporan harian, serta menangani mitigasi rekaman dari karyawan untuk melakukan pelaporan.

Manfaat Magang sebagai Program Enrichment

Program

Kegiatan magang seperti yang dilakukan Adinda hanyalah satu dari beberapa program enrichment BINUS UNIVERSITY. Akan tetapi, program ini menawarkan banyak manfaat. Berdasarkan pengalaman Adinda, inilah beberapa manfaat tersebut.

  • Beradaptasi dengan Lingkungan Kerja Sesungguhnya

Banyak lulusan kampus yang tidak siap menghadapi situasi kerja sesungguhnya karena sangat berbeda dengan lingkungan pendidikan. Magang memberi mahasiswa kesempatan merasakan suasana dan kegiatan lingkungan kerja sebelum mereka lulus. Program magang seperti yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY juga memberi mahasiswa pengalaman mengerjakan tugas-tugas yang sesuai dengan kurikulum mereka.

  • Belajar Mengatasi Masalah

Kemampuan mengatasi masalah merupakan salah satu keahlian penting di dunia kerja. Mahasiswa magang akan belajar mengatasi masalah yang terjadi di tempat kerja sehingga tidak akan kaget ketika nanti bekerja sepenuhnya. Adinda, misalnya, belajar mengatasi masalah seperti kualitas rekaman suara yang kurang baik serta angka laporan yang tidak sesuai aslinya.

  • Belajar Menerapkan Soft Skills

Selain keahlian teknis, mahasiswa peserta program magang juga bisa menerapkan soft skills, sesuatu yang tidak bisa dipelajari tanpa praktik. Dalam tugasnya sebagai mahasiswa magang, Adinda belajar menerapkan komunikasi profesional, kerja sama tim, cara berpikir kritis, hingga adaptasi dengan lingkungan baru.

  • Membentuk Jaringan Pertemanan dan Profesional

Mengikuti program magang membuat Adinda mengembangkan lingkungan pertemanan dan koneksi yang lebih luas. Selain mendapat teman baru, Adinda juga berkenalan dengan orang-orang yang bisa menjadi bagian dari jaringan koneksi profesionalnya saat dirinya lulus dan bekerja di bidang serupa.

Cara Mengikuti Magang lewat Program Enrichment

Program

Magang merupakan bagian dari program enrichment BINUS UNIVERSITY yang juga disebut program (2 + 1) + 1. Mahasiswa memulainya dengan mengikuti perkuliahan biasa selama dua tahun sebelum menjajal kuliah di kampus BINUS UNIVERSITY di kota lain. Setelah itu, mahasiswa bisa mengikuti magang dengan bobot setara 32 SKS.

Mahasiswa harus mengajukan aplikasi agar bisa diterima untuk magang. Kamu bisa magang di perusahaan atau institusi yang bekerja sama dengan BINUS UNIVERSITY. Setelah lulus proses seleksi administrasi dan wawancara, perusahaan akan memberi mahasiswa tugas-tugas yang sesuai dengan kurikulum kampus.

Bagaimana jika magang bukan pilihanmu? Jangan khawatir, pihak kampus menyediakan beberapa pilihan lain seperti:

  • Penelitian

Mahasiswa yang lebih tertarik pada bidang penelitian bisa bergabung dengan proyek penelitian yang berlangsung selama dua semester. Mahasiswa bisa belajar dari para pakar sesuai bidang mereka.

  • Kegiatan Sosial

BINUS UNIVERSITY memiliki program Teach for Indonesia tempat para mahasiswa bisa bergabung untuk mengabdi pada masyarakat.

  • Usaha Rintisan

Mahasiswa yang tertarik membuka bisnis bisa menjajal usaha rintisan. Selain mendapat pendampingan dalam perencanaan usaha, kamu bisa terhubung dengan pemberi modal yang bekerja sama dengan kampus.

  • Belajar di Luar Negeri

Tertarik belajar di luar negeri? BINUS UNIVERSITY memberi kesempatan mahasiswa mengikuti program belajar di kampus internasional.

Program magang seperti yang diikuti Adinda merupakan bagian dari pengayaan mahasiswa oleh BINUS UNIVERSITY. Pastikan kamu mengambil kesempatan ini untuk menyiapkan diri agar terbiasa dengan dunia kerja bahkan sebelum lulus.