Pengabdian sosial adalah salah satu program BINUS UNIVERSITY untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Memadukan community empowering dan keterlibatan mahasiswa, program ini mendukung visi dan misi kampus sekaligus menyiapkan lulusan agar memiliki kualitas ekstra yang tidak dimiliki lulusan kampus lain.

Pengalaman Raymond, mahasiswa BINUS UNIVERSITY yang mengikuti program pengabdian sosial, bisa menjadi contoh.

Pengabdian Sosial sebagai Program Pengayaan

Empowering

Raymond adalah mahasiswa jurusan Program Teknik Informatika yang melakukan program pengembangan masyarakat di Yayasan AIDS Indonesia. Sebagai mahasiswa dengan minat ke bidang sosial, community empowering menjadi pilihannya untuk program pengayaan mahasiswa.

Tugas utama Raymond adalah terlibat dalam aktivitas kampanye terkait kesadaran akan HIV/AIDS. Raymond juga terlibat dalam kegiatan edukasi masyarakat terkait informasi, penularan, dan cara pencegahan AIDS. Hal ini merupakan bagian dari program Community Development (ComDev) BINUS UNIVERSITY sekaligus pengayaan (enrichment) yang dilakukan mahasiswa setelah belajar beberapa tahun di kampus.

Manfaat Mengikuti Program Pengabdian Sosial

Raymond menurutkan beberapa manfaat mengikuti program pengabdian sosial untuk community empowering. Inilah beberapa di antaranya:

  • Memberi Pengalaman Nyata

Banyak mahasiswa yang tidak siap menghadapi lapangan kerja atau kegiatan sosial setelah lulus. BINUS UNIVERSITY memberi kesempatan mahasiswa untuk beraktivitas secara nyata, baik lewat aktivitas magang maupun kegiatan sosial seperti ComDev. Mahasiswa seperti Raymond yang memiliki minat pada aktivitas sosial bisa beradaptasi dengan mudah setelah lulus.

  • Menambah Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja selama kuliah akan meningkatkan kompetensi lulusan. Jika kamu berminat bekerja di bidang sosial, mengikuti program community empowering seperti Raymond akan memberi nilai tambah ketika mencari kesempatan kerja serupa setelah lulus.

  • Mendapat Wawasan di Luar Kampus

Organisasi tempat Raymond mengabdi sebagai mahasiswa berkecimpung di bidang kesehatan publik. Hal ini berbeda dari jurusan kuliah Raymond (Teknik Informatika) sehingga memberinya wawasan baru yang bermanfaat.

  • Menambah Poin di Resume/CV

Aktif mengikuti kegiatan bermanfaat kini menjadi salah satu poin penting dalam CV atau resume seseorang. Mengikuti kegiatan sosial yang menuntut mahasiswa berkecimpung di luar kampus bisa menambah kualitas CV dan meningkatkan daya saing.

  • Memperluas Jaringan Koneksi dan Pertemanan

Mengikuti kegiatan di luar kampus menambah koneksi mahasiswa, baik dalam hal jaringan profesional maupun pertemanan. Hal ini bermanfaat ketika mahasiswa sudah lulus dan harus bekerja sama dengan banyak orang agar bisa sukses dalam pekerjaan.

Manfaat Program ComDev untuk Masyarakat

Program Community Development BINUS UNIVERSITY tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa yang mengikutinya, tetapi juga masyarakat. Empowering the community adalah bagian dari visi dan misi kampus untuk berkontribusi bagi masyarakat Indonesia.

Ada beberapa manfaat program ComDev berdasarkan jenis-jenis kategorinya, misalnya:

  • Meningkatkan Kualitas UKM

Salah satu program ComDev BINUS UNIVERSITY berfokus pada peningkatan kompetensi UKM, misalnya dengan penerapan teknologi digital dan komunikasi pada pemasaran. Program ini juga memberi pelatihan penggunaan teknologi komunikasi dan digital pada pelaku usaha agar bisa bersaing di pasar nasional bahkan internasional.

  • Pemerataan Akses Pendidikan dan Kesejahteraan

Program ComDev juga mencakup pembinaan wilayah pedesaan. Hal ini terutama berfokus pada peningkatan akses ke sumber pendidikan dan pengetahuan serta peningkatan aspek ekonomi lokal. 

  • Peningkatan Kompetensi Masyarakat

Meningkatkan kompetensi anggota masyarakat bisa menjadi jalan untuk meraih kesejahteraan. Contoh kegiatannya adalah pelatihan Microsoft Office dan bahasa asing seperti Inggris dan Mandarin untuk umum.

  • Meningkatkan Pemahaman Bidang Sosial dan Kesehatan

Organisasi seperti Yayasan AIDS Indonesia bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat akan bidang-bidang seperti kesehatan publik dan sosial. BINUS UNIVERSITY bekerja sama dengan yayasan dan organisasi lain dengan latar belakang berbeda namun bertujuan serupa.

Kegiatan Community Development adalah salah satu andalan BINUS UNIVERSITY dalam peningkatan kompetensi mahasiswa seperti Raymond sekaligus kontribusi bagi masyarakat. Dengan empowering sebagai tujuan utama, program ini adalah perwujudan kontribusi institusi pendidikan top Indonesia untuk pemberdayaan masyarakat.