Sebagai salah satu universitas terkemuka di Jawa Timur, BINUS UNIVERSITY @Malang selalu memberikan usaha terbaik demi menghasilkan lulusan unggulan yang mampu bersaing di dunia kerja. Untuk menunjang kurikulum belajar yang ada, BINUS UNIVERSITY @Malang juga membekali mahasiswanya dengan program belajar lainnya seperti program (2+1)+1. 

Tertarik kuliah di BINUS UNIVERSITY @Malang? Kampus ini memiliki 6 jurusan yang bisa kamu pilih, satu di antaranya adalah Desain Komunikasi Visual (DKV). Bicara mengenai DKV BINUS@Malang, di era industri kreatif seperti sekarang, ada banyak peluang kerja bagi lulusan DKV. Berprofesi sebagai ilustrator misalnya. 

Untuk informasi lebih detail mengenai tugas, cabang pekerjaan, sampai tips memulai debut sebagai ilustrator, cek ulasan lengkapnya berikut ini. 

Tugas Ilustrator

Binus

Seperti kebanyakan orang tahu, tugas utama seorang ilustrator adalah menggambar. Namun, di balik proses penciptaan karyanya, ilustrator harus berpikir kreatif agar visual yang dihasilkan mampu menyampaikan pesan tertentu tanpa perlu menambahkan kata-kata. Terdengar menantang bukan? 

Selain jago menggambar, seorang ilustrator wajib memiliki rasa empati dan jiwa kreativitas tinggi. Pasalnya, ia harus bisa menerjemahkan keinginan klien ke dalam bentuk gambar yang menarik. Di sisi lain, kemampuan berkomunikasi dan negosiasi juga diperlukan untuk meng-handle permintaan klien. 

Cabang Pekerjaan Ilustrator

Binus

Dalam praktiknya, ilustrator punya beberapa cabang pekerjaan dengan tanggung jawab berbeda. Di antaranya adalah:

  • Ilustrator Fesyen

Sekilas, profesi ilustrator fesyen mirip dengan desainer fesyen. Namun, kedua pekerjaan ini punya tugas berbeda, lho. Seorang ilustrator fesyen bertugas membuat ilustrasi mode yang menarik, sementara desainer fesyen bertanggung jawab mengubah hasil karya ilustrator fesyen menjadi kenyataan. 

Beberapa ilustrator fesyen ternama asal Indonesia yang bisa dijadikan inspirasi adalah Dinda Puspitasari, Katherine Karnadi, Diela Maharanie, Talitha Maranila, dan Naela Ali. 

  • Ilustrator Komik

Sesuai namanya, tugas ilustrator komik adalah membuat gambar untuk komik cetak maupun digital. Selain menggambar, tantangan terbesar sebagai ilustrator komik terletak pada alur cerita. Bagi lulusan DKV BINUS@Malang yang tertarik menjadi ilustrator komik, kini kamu bisa mendistribusikan karyamu secara mudah melalui platform bernama Webtoon. 

  • Ilustrator Storyboard

Pada dasarnya, tugas ilustrator storyboard mirip dengan ilustrator komik. Bedanya, hasil karya ilustrator storyboard akan menjadi acuan dalam proses pengambilan gambar untuk video atau film. 

  • Ilustrator Medis

Tahukah kamu bahwa profesi ilustrator medis sudah hadir sejak abad ke-16? Tugas ilustrator medis adalah membantu rekan-rekan dokter untuk melukis segala sesuatu di dalam tubuh, misalnya aliran darah, sendi-sendi, sampai virus sekalipun. Bila kamu pernah belajar anatomi melalui gambar-gambar di buku biologi, ilustrasi tersebut merupakan hasil kerja keras dari ilustrator medis. 

  • Ilustrator Forensik

Dalam menangkap pelaku kejahatan, terkadang polisi membutuhkan ciri-ciri fisik penjahat dari saksi mata. Dari keterangan saksi, dibantu ilustrator forensik, polisi kemudian menciptakan sketsa wajah tersangka. Selain bakat menggambar, memiliki kualifikasi psikologis bisa menjadi nilai plus untuk kamu yang ingin berprofesi di bidang ini. 

Tips Memulai Karier sebagai Ilustrator

Binus

Berminat terjun di dunia ilustrasi? Ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum debut menjadi ilustrator. 

  • Pilih Fokus

Seperti penjelasan sebelumnya, ilustrasi memiliki cabang pekerjaan yang luas. Oleh karena itu, tips pertama adalah tentukan fokusmu. Apakah kamu lebih tertarik menjadi ilustrator komik? Atau ilustrator fesyen? Silakan sesuaikan pilihan dengan minatmu. 

  • Buat Portofolio

Untuk menarik perhatian klien/perusahaan, buatlah sebuah portofolio. Setelah itu, kamu bisa mengunggah hasil karyamu ke platform portofolio online seperti Dribbble atau Behance supaya lebih mudah diakses oleh orang lain. 

  • Lakukan Bidding Pekerjaan

Bila belum mendapatkan pekerjaan tetap, kamu bisa menjadi freelancer dan melakukan bidding pekerjaan melalui sarana online yang mempertemukan klien dengan pekerja/penyedia jasa, seperti Sribulancer atau Upwork. 

Jika berhasil memenangkan proses bidding, hasil karya tersebut bisa menjadi portofolio terbaik untuk mencari pekerjaan/klien. 

Itulah informasi mengenai ilustrator sebagai prospek karier menjanjikan untuk lulusan DKV. Buat kamu yang sudah memutuskan karier sebagai ilustrator di masa depan, kuliah di DKV BINUS@Malang bisa menjadi langkah awal untuk mewujudkan cita-citamu. Bagi calon mahasiswa yang berdomisili di sekitar Jawa Timur, kamu bisa mendaftarkan diri di jurusan DKV BINUS@Malang