Apakah kuliah International Business Management di BINUS UNIVERSITY menawarkan peluang karier potensial? Ya! Perkembangan bisnis dan teknologi global membuat lulusan manajemen semakin banyak dicari. Di Amerika Serikat, misalnya, persentase minat akan lulusan bidang manajemen hingga tahun 2029 termasuk lebih tinggi dari rata-rata. 

Tren komunikasi dan bisnis dunia yang semakin merengkuh globalisasi menuntut lulusan program studi manajemen lebih berpengalaman, mampu mengikuti tren, menguasai berbagai perangkat bisnis dan finansial, hingga memiliki soft skills. BINUS UNIVERSITY tidak hanya menciptakan lulusan berkualitas, namun juga menawarkan kurikulum yang mendukung potensi karier.

Mengapa Memilih BINUS UNIVERSITY?

BINUS UNIVERSITY

Mahasiswa yang mengincar karier internasional harus memiliki kompetensi untuk menghadapi persaingan serta menguasai tren bisnis. Pendidikan di kampus ini mengajarkan beberapa hal penting agar kamu siap bersaing di dunia bisnis internasional, misalnya:

  • Konsep Manajemen Internasional

Fokus dari program studi International Business Management adalah kompetensi di bidang pengelolaan berbagai bidang bisnis dengan taraf nasional maupun internasional.

  • Kreativitas dan Jiwa Wirausaha

Prodi International Business Management menanamkan cara berpikir kreatif terkait bisnis maupun pembukaan peluang usaha. Mahasiswa juga belajar berbagai prinsip wirausaha untuk persiapan bersaing di dunia internasional sebagai pemilik bisnis.

  • Pola Pikir Global dan Lokal

Batas antarnegara yang semakin melebur membuat mahasiswa harus memiliki pola pikir global ketika melakukan aktivitas manajerial atau menjalankan usaha, namun tanpa melupakan penerapannya dalam konteks lokal. 

  • Etika dan Soft Skills

BINUS UNIVERSITY memastikan lulusannya memahami prinsip etika bisnis sekaligus memiliki soft skills. Hal ini termasuk kemampuan adaptasi, komunikasi, dan kerja sama tim.

Peluang Karier Manajemen Internasional

BINUS UNIVERSITY

Apa saja peluang karier yang bisa kamu peroleh setelah lulus prodi International Business Management? Inilah beberapa di antaranya:

  • Analis Bisnis Internasional

Analis internasional (international business analyst) bertugas melakukan analisis terhadap berbagai aspek bisnis, misalnya pembiayaan, strategi, potensi, hingga hambatan. Analis punya peran penting dalam evaluasi dan pengembangan usaha agar tetap bisa bersaing.

  • Manajer Perusahaan Multinasional

BINUS UNIVERSITY menyiapkan lulusannya untuk peluang mengejar karier sebagai manajer perusahaan multinasional. Tugasnya adalah memastikan berbagai departemen untuk bisa bekerja sama dalam meraih target usaha.

  • Manajer Bidang Government Development

Lulusan yang tertarik untuk bekerja di institusi negara bisa membidik lapangan kerja international government development. Ranah tugasnya mencakup aktivitas pemerintah dalam ranah internasional, misalnya bantuan asing, program sosial, pengembangan infrastruktur dan ekonomi, isu lingkungan, hingga penanganan bencana taraf besar.

  • Manajer Bidang Ekspor dan Impor

Ekspor dan impor merupakan aktivitas dagang yang rumit karena melibatkan transaksi serta birokrasi antar negara berbeda. Sebagai manajer, kamu harus memastikan agar arus barang, transaksi, pencatatan, administrasi, serta pengelolaan aspek hukum dan perizinan berjalan lancar.

  • Peneliti Pasar

Peneliti pasar (market researcher) bertugas mencatat dan merekam data serta informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis. Hal ini mencakup demografi, tren pasar, kondisi finansial, situasi sosial dan politik, hingga tingkat persaingan. Pekerjaan ini tentu lebih menantang jika kamu bekerja di ranah internasional, misalnya perusahaan asing, perusahaan multinasional, atau biro riset pasar.

  • Manajer Lisensi

Manajer lisensi atau perizinan bertugas mengelola aspek-aspek tugas terkait perizinan, lisensi, dan sertifikasi terkait produk bisnis tertentu. Kamu bisa membidik bidang-bidang seperti asuransi dan produk keuangan, waralaba, hingga retail.

  • Konsultan Dagang dan Keuangan

Berminat berkarier di bidang konsultasi profesional? Kamu bisa menjadi konsultan dagang dan keuangan, membantu klien menganalisis masalah dan kebutuhan mereka serta menawarkan solusi. Selain bisa membidik klien internasional dan mengejar jalur karier bergengsi, kamu berpeluang mendirikan biro konsultasimu sendiri.

Program studi International Business Management di BINUS UNIVERSITY menyiapkan lulusannya agar siap mengejar karier di berbagai bidang terkait. Pastikan kamu memilih program studi di kampus ini jika ingin bisa bersaing di dunia bisnis internasional saat mencari kerja.