Salah satu alasan mengapa jurusan Business Management atau Manajemen Bisnis sangat diminati adalah tersedianya beragam pilihan karier di berbagai bidang industri yang berbeda. Dengan memiliki gelar di bidang Bisnis Manajemen, artinya kamu punya pengetahuan, keterampilan dan pemahaman umum tentang bagaimana cara kerja dan operasional sebuah organisasi.

Jika kamu sekarang sedang menempuh pendidikan dengan jurusan Business Management atau berencana mengambil program studi ini, berikut peluang kerja yang bisa kamu pilih nanti!

Business Development

Jurusan Business Management

Di antara sekian banyak prospek karier bagi alumni jurusan Business Management, profesi sebagai Business Development cukup menjanjikan. Beberapa tugas yang akan menjadi tanggung jawab jika kamu berada di posisi ini adalah menyusun rencana dan target jangka panjang serta strategi untuk mewujudkannya. 

Kamu juga harus mampu menjalin hubungan baik dengan konsumen, melihat peluang apa saja yang ada di pasar, melakukan negosiasi dan mengamati perkembangan pasar. Semakin tinggi jenjang kariernya, semakin besar pula gaji yang akan kamu terima.

Project Manager

Jurusan Business Management

Project manager atau manajer proyek adalah sosok yang bertugas untuk merencanakan, mengawasi dan memimpin sebuah proyek. Mulai dari menggali ide, melakukan eksekusi sampai penyelesaian. Selain pengetahuan dasar terkait proyek yang dijalankan, seorang project manager juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan komunikasi dan interaksi dengan stakeholders baik internal maupun eksternal.

Penghasilan seorang manajer proyek di Indonesia rata-rata adalah Rp114 juta per tahun. Nilai ini tentu akan semakin meningkat seiring dengan semakin tingginya posisi yang kamu pegang. Untuk gaji manajer proyek tertinggi masih dipegang oleh Swiss dengan rata-rata penghasilan Rp1,8 miliar per tahun.

Marketing Executive

Jurusan Business Management

Marketing executive adalah seseorang yang bertugas mendorong peningkatan keuntungan bagi perusahaan dengan melakukan berbagai kampanye pemasaran yang terkoordinasi. Ini juga merupakan profesi yang banyak digeluti oleh lulusan Business Management.

Sebagai marketing executive, kamu akan berkontribusi untuk mengembangkan promosi pemasaran produk yang terintegrasi. Tujuannya adalah untuk memasarkan produk dengan baik. Peran ini bervariasi mulai dari perencanaan sampai pembuatan iklan.

Pengusaha/Entrepreneur

Jurusan Business Management

Siapa saja bisa menjadi pengusaha. Tapi seorang lulusan jurusan Business Management punya peluang yang lebih besar untuk sukses menjalankannya. Kenapa? Karena kamu sudah dibekali dengan berbagai ilmu mendasar tentang kewirausahaan mencakup manajemen bisnis sampai teknik dan strategi pemasaran yang baik. Tugas yang selanjutnya harus kamu lakukan adalah mengeksekusi ide dan menerapkan ilmu yang sudah dipelajari selama di bangku kuliah.

Data Analyst

Jurusan Business Management

Beberapa tahun ke belakang profesi data analyst semakin banyak dibutuhkan baik oleh perusahaan dalam maupun luar negeri. Seorang data analyst bertugas menggunakan riset pasar atau angka penjualan dan menerjemahkannya menjadi sebuah informasi yang dapat dipahami dengan mudah oleh perusahaan.

Data tersebut kemudian digunakan untuk mengembangkan rencana strategis bagi perusahaan. Tujuannya adalah agar perusahaan bisa membuat keputusan yang lebih tepat, termasuk membuat solusi yang lebih detail untuk berbagai masalah yang ada. Data analyst bekerja dengan menggunakan berbagai perangkat lunak dan keterampilan berpikir kritis untuk menemukan informasi apa saja yang diperlukan oleh perusahaan.

Business Consultant

Jurusan Business Management

Seorang business consultant atau konsultan bisnis mengatur dan melaksanakan tugas administratif yang berbeda untuk klien. Kamu akan bertugas untuk mengumpulkan informasi tentang klien (dalam hal ini adalah perusahaan) melalui penelitian, wawancara, dan metode lain untuk menemukan kekuatan dan kelemahan dalam perusahaan tersebut. Konsultan bisnis akan mendiskusikan temuan ini dengan klien dan memberikan ide dan solusi untuk masalah yang ada.

Dengan berbagai peluang kerja yang menjanjikan, kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengambil jurusan Business Management di BINUS University. Siap menjadi Binusian yang andal di bidang manajemen bisnis?