Jurusan accounting atau akuntansi merupakan salah satu jurusan yang ada hampir di semua universitas di Indonesia. Dengan jumlah lulusan yang banyak setiap tahunnya, akuntansi tetap tidak kehilangan peluang bagi kamu yang ingin meniti karier. Ada berbagai jenis pekerjaan dengan jenjang karier dan penghasilan yang menggiurkan untuk kamu pilih.

Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk masuk jurusan Accounting di BINUS University atau sedang menempuh pendidikan, berikut 5 peluang karier yang bisa kamu pertimbangkan. Apa saja?

  • Chief Financial Officer (CFO)

Jurusan Accounting

Chief financial officer merupakan salah satu jabatan tertinggi yang bisa diraih oleh alumni jurusan akuntansi. Untuk menjadi seorang CFO, kamu harus memiliki tingkat keahlian dan rekam jejak kepemimpinan. Semakin besar dan kompleks perusahaan tempat kamu bekerja, semakin penting peran CFO dalam mengurus seluruh aspek keuangan perusahaan.

Seorang CFO bertugas untuk membuat tujuan dan anggaran keuangan jangka panjang, memastikan akurasi, ketepatan waktu dan kepatuhan pelaporan keuangan. Mereka juga bertugas mengembangkan dan menerapkan sistem untuk memastikan keuangan jangka panjang perusahaan tetap berjalan baik.

  • International Tax Manager

Jurusan Accounting

Hampir semua perusahaan bermimpi bisa tumbuh dalam skala global. Penetrasi internet membuat segala halangan untuk go international seakan hilang. Perusahaan Amerika bisa saja mendirikan pabrik di Cina dan membeli bahan baku di Afrika. Proses bisnis lintas batas inilah yang membuat tenaga international tax manager menjadi penting bagi sebuah perusahaan.

Lalu, apa saja tugas seorang international tax manager? Selain menganalisis dan menentukan nilai tukar mata uang, kamu juga harus mencatat keuntungan dan kerugian dari pertukaran ini. Melakukan peninjauan undang-undang dan peraturan perpajakan dari berbagai negara juga menjadi kewajiban seorang international tax manager.

  • Finance Director/Direktur Keuangan

Jurusan Accounting

Jika kamu mengincar posisi CFO, kamu mungkin harus menduduki posisi direktur keuangan untuk beberapa waktu. Karena sudah memiliki pengalaman kerja yang cukup panjang, seorang direktur keuangan memiliki kebebasan untuk mengembangkan prosedur dan praktik terbaik bagi keuangan perusahaan.

Beberapa tugas penting dari seorang direktur keuangan antara lain adalah membuat kebijakan keuangan langsung untuk perusahaan, mengawasi semua fungsi keuangan termasuk akuntansi, anggaran, kredit, asuransi dan perbendaharaan. Mereka juga wajib memberikan laporan tentang pencapaian departemen keuangan kepada eksekutif.

  • Senior Financial Analyst/Analis Keuangan Senior

Jurusan Accounting

Senior financial analyst atau analis keuangan senior bisa ditemukan hampir di semua jenis industri. Selama sebuah perusahaan memerlukan tim keuangan, analis keuangan senior biasanya ada di sana. Tugas utama mereka adalah meninjau keuangan perusahaan dan membuat rekomendasi tentang bagaimana cara perusahaan mengurangi pengeluaran dan memperbaiki kondisinya.

Beberapa kewajiban lain yang dimiliki oleh seorang analis keuangan senior adalah mengepalai tim yang terdiri dari analis keuangan tingkat bawah, menyiapkan laporan untuk direktur keuangan atau CFO, menyiapkan perencanaan keuangan dan membuat rekomendasi untuk rencana masa depan serta mempersiapkan dan meninjau laporan keuangan yang akan dimasukkan ke dalam white papers atau untuk tujuan publikasi lain.

  • Accounting Manager

Jurusan Accounting

Di perusahaan besar, lembaga keuangan atau lembaga pemerintahan diperlukan tenaga akuntan dan seseorang yang ditunjuk sebagai pemimpinnya. Inilah yang menjadi tugas utama seorang accounting manager. Manajer akuntansi juga seorang akuntan yang memahami semua tugasnya mulai dari melakukan pembukuan, audit hingga membuat laporan triwulanan atau tahunan. Idealnya, seorang akuntan yang ingin menjadi accounting manager juga harus punya skill leadership yang baik untuk menciptakan kerja sama tim yang maksimal.

Beberapa tugas penting seorang accounting manager adalah membuat persiapan informasi keuangan untuk manajemen dan eksekutif serta mengirimkan laporan mingguan, triwulanan dan tahunan. Mereka juga wajib memeriksa data keuangan untuk memprediksi pasar.

Itulah beberapa profesi yang menjanjikan jika kamu mengambil jurusan Accounting di BINUS University.