Memilih jurusan kuliah tidak boleh sembarangan. Kamu tidak hanya perlu mempertimbangkan minat serta potensi yang dimiliki. Namun, pastikan pula kamu melakukan riset mendalam tentang prospek kerjanya di masa mendatang. Hal ini bisa membantu kamu melakukan pemilihan jurusan kuliah yang jumlahnya sangat banyak. 

Berbicara tentang jurusan kuliah, kamu tentu sudah sangat familiar dengan program studi populer seperti Teknik Informatika, Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan lain semacamnya. Namun, kamu juga bakal menemukan berbagai opsi jurusan kuliah unik yang terdengar asing. Tak menutup kemungkinan, jurusan unik itu sesuai dengan keinginan kamu. 

Salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang menawarkan berbagai jurusan unik adalah BINUS UNIVERSITY. Kabar menariknya, BINUS sebentar lagi akan mengadakan BINUS Education Virtual Expo (BEVE) pada tanggal 24 – 27 Maret 2021. Kalau berpartisipasi dalam ajang ini, kamu akan memperoleh banyak informasi menarik tentang BINUS UNIVERSITY. 

Sebelum mengikuti acara BEVE, tidak ada salahnya kalau kamu terlebih dahulu mengetahui keberadaan tujuh jurusan unik yang ditawarkan oleh BINUS UNIVERSITY. Apa saja jurusan unik tersebut? 

  • 1. Double Programs

Binus University

Ada kalanya seorang mahasiswa ingin memperoleh pendidikan dua bidang konsentrasi secara bersamaan. Dalam kondisi normal, kamu perlu menjalani perkuliahan di dua jurusan sekaligus untuk melakukan hal ini. Alhasil, waktu belajarmu bakal meningkat dua kali lipat dan kemudian bisa berimbas pada nilai akademik. 

Namun, situasinya bakal berbeda kalau kamu memilih Double Programs BINUS. Di sini, kamu punya kesempatan untuk mempelajari mata kuliah dari dua jurusan sekaligus. Terdapat empat pilihan jurusan S1 Double Programs yang ditawarkan oleh BINUS UNIVERSITY, yaitu: 

  • Accounting and Information Systems. Ketika memilih berkuliah di jurusan ini, kamu akan memperoleh kecakapan tidak hanya dalam bidang sistem informasi, tetapi juga akuntansi. Kedua bekal kemampuan tersebut bisa membantu kamu untuk memiliki keahlian dalam hal analisis, penyelesaian masalah, serta mengelola bisnis dalam dalam pandangan finansial.
  • Management and Information Systems. Selanjutnya adalah jurusan yang merupakan kombinasi antara sistem informasi dan manajemen. Di jurusan ini, kamu dapat belajar tentang proses analisis, desain, implementasi, serta pengelolaan bisnis yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi. 
  • Computer Science & Mathematics. Jurusan Computer Science tidak bisa lepas dari aspek matematika. Kombinasi kedua kemampuan tersebut dapat membuat kamu membangun algoritma yang inovatif untuk berbagai jenis permasalahan. Kamu pun bisa memilih berkarier di bidang teknologi atau ahli matematika. 
  • Computer Science & Statistics. Terakhir, kamu juga dapat menjumpai kombinasi jurusan Computer Science dan Statistik di BINUS UNIVERSITY. Kombinasi kedua disiplin ilmu ini memberi manfaat untuk berbagai aspek, termasuk di antaranya untuk keperluan riset, forecast, analisis risiko, pemasaran, dan lain sebagainya. 
  • 2. Master Track

Binus University

Ada pula solusi praktis buat kamu yang ingin memperoleh gelar S1 dan S2 sekaligus lewat program Master Track. Kalau memilih berkuliah di jurusan ini, kamu hanya perlu waktu belajar selama 4,5 untuk memperoleh kedua gelar akademik tersebut. Di BINUS UNIVERSITY, kamu bisa memilih tiga opsi jurusan Master Track, yakni: 

  • Master of Management. Di jurusan ini, kamu akan menjalani kuliah Manajemen S1 dan magister Manajemen. Selama kuliah, kamu tak hanya memperoleh teori manajemen. Namun, kamu juga akan memperoleh pembekalan tentang praktik manajemen di dunia kerja secara langsung. 
  • Master of Information System Management. Jurusan Master of Information System Management dirancang untuk menciptakan lulusan yang punya jiwa entrepreneur dan kepemimpinan tinggi. Bekal kemampuan yang telah kamu dapatkan selama kuliah bisa dimanfaatkan untuk menghadapi berbagai tantangan yang berkaitan dengan teknologi informasi dan sistem informasi. 
  • Master of Information Technology. Terakhir, kamu bisa memanfaatkan jurusan Master of Information Technology. Lulusan dari jurusan ini diharapkan mampu menjadi seorang pemimpin yang tak hanya punya visi, tetapi juga dapat merancang serta mengaplikasikan teknologi informasi secara efektif dan efisien. 
  • 3. Creativepreneurship

Binus University

Kalau kamu ingin merasakan suasana kuliah di Kota Bandung, ada jurusan Creativepreneurship di BINUS @Bandung yang bisa kamu pilih. BINUS UNIVERSITY sengaja merancang kurikulum pendidikan Creativepreneurship yang sesuai dengan iklim kreatif Kota Bandung. Ditambah lagi, industri kreatif di Kota Bandung berkembang sangat pesat. 

Jurusan unik Creativepreneurship merupakan salah satu program studi yang ada di bawah Fakultas Bisnis. Oleh karenanya, kamu akan memperoleh pembekalan cara menjalankan bisnis seperti melakukan analisis, menciptakan peluang, membangun, serta menjalankan bisnis baru. Di waktu bersamaan, para alumninya juga didorong untuk berpartisipasi dalam menjaga serta mengembangkan budaya tradisional. 

  • 4. Film

Binus University

Kalau kamu punya keinginan untuk berkecimpung dalam dunia film, ada pilihan jurusan unik yang cocok di BINUS, yakni jurusan Film. Di sini, kamu tidak hanya mendapatkan bekal kemampuan teknis cara pembuatan film. Tak sekadar film, tetapi juga karya yang mempunyai nilai estetika tinggi. Pilihan kariernya juga beragam, mulai dari penulis naskah, digital content creator, sutradara, produser, hingga kritikus film. 

  • 5. Food Technology

Binus University

Ada pula jurusan unik bernama Food Technology. Belajar empat tahun di jurusan ini bisa membantu kamu belajar pentingnya mengetahui komposisi setiap jenis makanan. Tak hanya itu, kamu juga perlu mempelajari tentang proses pengawetan, pembungkusan, distribusi, pengolahan, serta jenis-jenis makanan yang aman dikonsumsi. 

  • 6. Business Hotel Management

Binus University

Kamu juga bisa memilih jurusan unik bernama Business Hotel Management. Jurusan ini merupakan program diploma yang menyediakan pendidikan vokasi bagi kamu yang ingin meniti karier di bidang perhotelan. Pilihan karier lulusan Business Hotel Management pun tidak kalah variatif, mulai dari seorang chef, food blogger, foodpreneur, manajer restoran, pemilik restoran, hingga manajer hotel. 

  • 7. Tourism

Binus University

Terakhir, kamu dapat menjumpai opsi jurusan unik berupa program studi Tourism. Jurusan kuliah S1 ini dirancang untuk kamu yang ingin meraih kesuksesan karier di bidang pariwisata dan bisnis travel. Selama berkuliah, kamu akan memperoleh pembekalan kemampuan seperti manajemen pariwisata, tour planning, tourism planning, serta digital tourism

Itulah tujuh pilihan jurusan unik dari BINUS UNIVERSITY yang menarik untuk kamu ketahui. Kalau ingin tahu lebih lengkap tentang BINUS, kamu bisa mengikuti ajang BEVE mendatang, ya. Tak hanya jurusan unik, kamu juga bakal memperoleh informasi secara lengkap dari setiap program studi yang ditawarkan oleh BINUS. 

Selama acara, kamu bisa berkonsultasi agar bisa memilih jurusan kuliah yang tepat. Selain itu, ada pula acara talkshow inspiratif dan webinar seru. Sebagai tambahan, BEVE juga bisa jadi kesempatan buat kamu untuk mengetahui lebih lanjut tentang Program Kampus Merdeka. Program ini mendorong kebebasan para mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah sesuai keinginannya masing-masing. 

Seru, kan? Makanya, segera daftar di sini. Gratis dan terbuka untuk siapa saja, lho!