Apakah kamu ingin menjadi seorang jurnalis? Profesi ini sangat dekat dengan media, baik media cetak maupun media elektronik. Tugas utama seorang jurnalis adalah mencari berita, lalu menyuguhkannya kepada para pemirsa. Informasi yang disampaikan seorang jurnalis harus memuat fakta yang akurat.

Untuk meniti karier sebagai seorang jurnalis, kamu dapat memilih salah satu jurusan di BINUS UNIVERSITY, yaitu Communication (@Malang). Melalui program ini, kamu akan dibekali ilmu komunikasi yang lengkap sehingga bisa digunakan sebagai modal untuk terjun di dunia kerja.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Komunikasi?

Jurusan di Binus University

Dalam program studi Komunikasi, ada berbagai ilmu yang akan dipelajari, antara lain linguistik, psikologi, sosiologi, politik, antropologi, dan ekonomi. Namun, secara sederhana program ini bertujuan untuk mempelajari proses komunikasi antara manusia. Bukan hanya cara penyampaian, tetapi juga membuat konsep ide yang akan disampaikan serta penerimaan verbal maupun nonverbal. 

Lulus dari Jurusan Komunikasi, kamu diharapkan makin terlatih untuk menciptakan konten-konten berkualitas. Konten seperti ini yang dicari oleh pengguna media maupun industri media. Kuliah di jurusan di BINUS UNIVERSITY akan membuat kamu paham teorinya serta bisa mempraktikkannya. Bukan hanya untuk tampil di depan publik, tetapi piawai saat berada di belakang panggung. 

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, BINUS UNIVERSITY memadukan aplikasi teknologi digital, kreativitas, nilai-nilai lokal, dan kearifan lokal dalam tiap mata kuliah yang ditawarkan. Bukan hanya itu, mahasiswa juga akan dilatih agar memiliki jiwa entrepreneurship. Dengan demikian, alumninya dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. 

Nah, mata kuliah yang akan kamu pelajari contohnya Psychology of Communication, Intercultural Communication, Theory of Mass Communications, Social Design Thinking, Communication Technology, Computer for Communication, Creativity for Media Communication, Media Promotion and Marketing, dan masih banyak lagi. 

Semua mata kuliah dibagi dalam 8 semester. Bukan hanya belajar di ruang kelas, Binusian juga wajib mengikuti program enrichment, yaitu magang selama 1 tahun untuk mendapatkan pengalaman di dunia kerja. Inilah salah satu metode BINUS UNIVERSITY untuk menciptakan lulusan yang layak diterima bekerja di mana pun.

Prospek Karier Lulusan Prodi Komunikasi

Jurusan di Binus University

Harapan tiap mahasiswa setelah lulus adalah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan ilmu yang dipelajarinya di bangku kuliah. Karena itu, jika kamu saat ini masih dalam tahap memutuskan jurusan di BINUS UNIVERSITY yang akan diambil, pertimbangkan dengan baik. 

Salah satu bahan pertimbangan yang paling mendasar adalah prospek karier yang ditawarkan. Nah, ada beberapa profesi yang bisa kamu tekuni setelah lulus kuliah dari kampus ini, antara lain:

  • Content Writer

Penulis konten untuk website atau media adalah profesi yang masih dibutuhkan pada masa sekarang. Melalui artikel-artikel yang ditulis, brand atau perusahaan bisa memperkenalkan produknya kepada khalayak, terutama secara online.

  • Social Media Specialist

Profesi ini makin populer seiring dengan ketenaran media sosial. Pada 2019 lalu, riset dari We Are Social mengungkap bahwa lebih dari separuh jumlah penduduk Indonesia telah menggunakan media sosial.

Media sosial dinilai memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan bisnis masa kini. Tugas Social Media Specialist adalah memahami seluk-beluk media sosial dan memanfaatkannya untuk kemajuan brand atau perusahaan.

  • Jurnalis

Kamu dapat menempuh pendidikan di Program Studi Komunikasi @Malang untuk menjadi seorang jurnalis berkompeten. Berbagai mata kuliah yang diajarkan akan membekali calon jurnalis dengan ilmu yang wajib dimiliki.

  • Host atau Presenter

Jika kamu memiliki bakat dan hobi untuk tampil di depan umum, jangan disia-siakan. Kamu dapat mengembangkan diri dan menambah keahlian dengan berkuliah di Program Studi Komunikasi. Lulus kuliah, kamu pun bisa langsung menekuni profesi host atau presenter. 

  • Influencer

Bercita-cita menjadi influencer? Bekali diri dengan ilmu komunikasi agar dapat menjalankan profesi ini dengan baik sekaligus menghasilkan. Kamu bisa mendapatkan bekal terbaik dengan belajar di ruang kelas dari para dosen yang berpengalaman di bidangnya.

Nah, inilah hal-hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memilih jurusan di BINUS UNIVERSITY, khususnya Komunikasi @Malang. Semoga bermanfaat!