BINUS UNIVERSITY merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Selain Jakarta dan Bandung, BINUS UNIVERSITY juga hadir di kota Malang dengan pilihan jurusan seperti Business Creation, Computer Science, Interior Design, Communication, Public Relations, dan Visual Communication Design. 

Nah, pada ulasan kali ini akan dibahas lebih detail mengenai jurusan desain interior mulai dari pengertian sampai prospek karier di masa depan. Bagi calon mahasiswa baru yang bingung memilih jurusan BINUS UNIVERSITY, baca sampai habis informasi berikut ini, yuk! Siapa tahu desain interior adalah jurusan yang tepat untukmu.  

Pengertian Jurusan Desain Interior

Jurusan Binus University

Kira-kira apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar desain interior? Apakah kamu mengira bahwa tugas desainer interior sekadar menata ruangan seperti yang biasa kamu lakukan? 

Anggapan tersebut memang tak sepenuhnya salah. Namun, saat mempelajari desain interior tugasmu tidak hanya membuat tampilan ruangan terlihat rapi, tetapi kamu juga harus memperhatikan unsur estetika guna meningkatkan psikologi ruangan sehingga membuat penghuni di dalamnya merasa betah. 

Selama menjadi bagian dari mahasiswa desain interior, kamu akan menerima materi terkait pengetahuan seni dan desain mulai dari sejarah, estetika, psikologi lingkungan, dan design process. Selain itu, ada juga pengetahuan pendukung seperti material, teknologi bangunan, serta teknik presentasi dan komunikasi. 

Tertarik mengambil jurusan BINUS UNIVERSITY satu ini?

5 Prospek Karier Lulusan Desain Interior

Jurusan Binus University

Ini dia poin penting yang menjadi pertimbangan seseorang dalam memilih jurusan. Semakin tinggi peluang kariernya, biasanya peminat jurusan tersebut akan semakin besar. Lalu, bagaimana prospek kerja untuk jurusan desain interior? Berikut 5 profesi yang pas bagi lulusan desain interior. 

  • Arsitek Interior

Peluang kerja pertama untuk lulusan desain interior adalah arsitek interior. Sebagai arsitek interior kamu bertanggung jawab dalam pembuatan konsep interior, merancang sketsa, melakukan visualisasi gambar dalam bentuk video 3D, serta memilih material sampai mebel yang pas. 

Saat melakukan visualisasi gambar, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Autodesk 3Ds Max, Sketchup, AutoCAD, dan ArchiCAD yang biasa digunakan untuk merancang desain interior. 

  • Konsultan Desain Interior

Berbekal ilmu desain interior yang mumpuni, kamu bisa mendirikan biro jasa konsultasi desain interior. Tak jauh berbeda dengan pekerjaan sebelumnya, seorang konsultan desain interior biasanya melayani penawaran terkait konsep interior sampai mengusulkan ide-ide penggunaan material. 

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, jasa konsultasi tak harus dilakukan secara off-line, kamu juga bisa menawarkan layanan online melalui media sosial atau website perusahaan. 

  • Distributor Produk Interior

Seorang desainer interior pasti paham mengenai jenis produk interior berkualitas di kelasnya. Dengan memanfaatkan pengetahuan tersebut kamu bisa menjadi distributor produk interior. 

Supaya bisnismu berjalan lancar, sebelumnya kamu perlu melakukan riset pasar untuk mencari tahu kebutuhan konsumen, tren desain yang sedang naik daun, dan produsen furnitur yang mampu menghasilkan produk berkualitas. 

  • Tenaga Pengajar

Pilihan karier selanjutnya adalah tenaga pengajar. Profesi satu ini cocok untuk kamu yang punya skill komunikasi dan mengajar terbaik. Apalagi sudah banyak sekolah kejuruan dan perguruan tinggi yang membuka jurusan desain interior. Kalau kamu merasa punya kapabilitas untuk mengajar, tak ada salahnya mencoba peluang ini.

  • PNS

Sampai saat ini PNS masih menjadi salah satu pekerjaan idaman masyarakat di Indonesia. Sebagai lulusan desain interior, kamu juga punya peluang untuk menjadi PNS, lho. Biasanya orang yang memiliki kualifikasi S1 desain interior dibutuhkan untuk menjadi Analis Tata Pameran. 

Demikian informasi lengkap mengenai desain interior sebagai salah satu jurusan BINUS UNIVERSITY @Malang. Bagi calon mahasiswa yang memiliki bakat dan minat dalam menggambar, jurusan ini bisa menjadi pertimbangan. Silakan akses website BINUS UNIVERSITY @Malang untuk mencari tahu detail informasi mengenai kompetensi lulusan hingga kurikulum belajar mulai dari semester awal sampai akhir.