Global Business Marketing adalah salah satu prodi BINUS UNIVERSITY dengan prospek karier melimpah. Seiring meningkatnya tren pemasaran global dan teknologi, kebutuhan akan tenaga profesional semakin meningkat. Kamu bisa memilih program studi ini jika berminat pada bidang bisnis internasional.

Mengapa Memilih Global Business Marketing?

Prodi Binus

Pemasaran global adalah bidang yang akan terus hadir, terutama ketika teknologi informasi dan media sosial juga bertumbuh. Studi ecommerce tahun 2019 menunjukkan bahwa keuntungan bisnis B2C global kemungkinan akan mencapai 4,5 triliun Dolar AS pada tahun 2021. Hal ini tentu membutuhkan aktivitas pemasaran dan promosi yang memadai.

Penyebaran teknologi juga semakin memudahkan konsumen mengakses produk bisnis. Pada tahun 2019, separuh dari lalu-lintas internet di dunia melibatkan perangkat seperti ponsel dan tablet. Hal ini membuat 25 persen perusahaan di dunia berinvestasi pada strategi SEO dan sejenisnya sebagai bagian dari pemasaran global.

Dengan semua potensi ini, bayangkan potensi karier jika kamu memilih Global Business Marketing sebagai prodi BINUS UNIVERSITY. Kamu tidak hanya bisa memasuki beragam industri di dunia, namun juga berkarier di organisasi atau institusi nonprofit yang membutuhkan keahlian profesionalmu.

Peluang Karier Lulusan Global Business Marketing

Prodi Binus

Inilah beberapa potensi karier bagi para pemilih Global Business Marketing sebagai prodi BINUS UNIVERSITY.

  • Manajer Pemasaran Global

Manajer pemasaran global (global marketing manager) bertugas membawahi aktivitas pemasaran di perusahaan cabang tempatnya bekerja, sebagai bagian dari proyek pemasaran internasional. Aktivitas yang kamu kelola biasanya meliputi riset, penelitian tren produk dan demografi, hingga penentuan konsep desain versi lokal untuk sebuah produk.

  • Konsultan Pemasaran Global

Prodi BINUS UNIVERSITY khusus pemasaran global memberi lulusannya keahlian dan wawasan untuk menjadi konsultan. Tugasmu lebih condong ke arah riset demi kebutuhan konsultasi, misalnya mempelajari profil dan aktivitas perusahaan untuk menentukan serta mengembangkan strategi pemasaran yang paling cocok.

  • Pemasar Digital

Pemasar digital (digital marketer) bertugas mengelola aktivitas pemasaran lewat teknologi digital. Kamu tidak hanya harus memiliki ilmu pemasaran, namun juga kemampuan membuat kampanye promosi di media sosial, situs internet, dan platform digital lainnya. Kamu juga harus pandai melakukan pengukuran dan pelaporan aktivitas serta hasil promosi lewat media digital.

  • Manajer Pemasaran Media Sosial

Memasarkan produk lewat media sosial bukan hal enteng. Sebagai manajer global, tugasmu adalah mengelola semua aktivitas pemasaran lewat media sosial berbeda seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Snapchat. Karena setiap media sosial memiliki karakteristik berbeda, kamu harus memahaminya agar bisa menentukan bentuk kampanye promosi yang paling tepat.

  • Manajer Iklan dan Promosi Global

Manajer iklan dan promosi sepintas punya tugas yang mirip dengan manajer pemasaran, namun tugasnya lebih spesifik. Jika kamu memiliki posisi ini, kamu bertanggung jawab menciptakan kampanye iklan dan aktivitas promosi yang sesuai dengan tren serta budaya sekitar.

Tugas manajer iklan penting karena kamu harus memahami cara berpikir serta budaya lokal. Kampanye iklan yang populer di Amerika Serikat, misalnya, belum tentu sesuai untuk Jepang atau Indonesia. Untungnya, prodi BINUS UNIVERSITY memberimu bekal untuk melakukan tugas ini dalam kariermu.

  • Pakar Strategi Produk

Pakar strategi produk (product strategist) berperan penting dalam menjamin prospek perusahaan. Tugasmu adalah menemukan peluang baru, misalnya untuk menciptakan atau mengembangkan variasi produk. Kamu juga membantu dalam perencanaan strategis untuk menciptakan lini produk baru. Dalam jenjang karier, kamu biasanya bisa naik pangkat menjadi manajer produk.

  • Manajer Pemasaran Nonprofit

Bagaimana jika kamu memiliki minat di bidang kegiatan nonprofit? Jangan salah, mereka juga membutuhkan manajer pemasaran! Tujuannya adalah mempromosikan nama dan aktivitas suatu institusi atau organisasi demi menarik perhatian serta partisipasi publik. 

Selain semua karier ini, kamu juga berpeluang menjadi pemasar retail, pakar komunikasi bidang pemasaran, hingga peneliti. Peluang kerja ini bisa kamu peroleh dengan memilih Global Business Marketing sebagai prodi BINUS UNIVERSITY.