BINUS UNIVERSITY

    Figo Prasetyo: Magang Jadi Persiapan Penting Beradaptasi di Dunia Kerja

    Mahasiswa jurusan Teknik Informatika seperti Figo Prasetya Nugroho digadang-gadang memiliki prospek karier cerah di masa depan, apalagi tingkat permintaan terhadap lulusan jurusan ini mengalami tren positif setiap tahun. Ditambah lagi, Figo menempuh pendidikannya di BINUS UNIVERSITY yang mempunyai reputasi sebagai salah satu kampus teknologi terbaik Indonesia. 

    Sebagai kampus dengan reputasi berkelas dunia, BINUS UNIVERSITY menyusun kurikulum pendidikan secara matang. Setiap mahasiswa tidak hanya memperoleh bekal pengetahuan lengkap. Namun, mereka juga memperoleh pembekalan yang mencukupi agar siap bersaing di dunia kerja. Salah satu tahapan penting yang dapat membantu Figo bersaing di dunia kerja adalah kesempatan magang di PT Toba Cahaya Semesta. 

    • Magang Sebagai Technical Consultant

    Magang

    Figo mempunyai waktu selama 12 bulan magang di PT Toba Cahaya Consultant yang tak lain merupakan sebuah perusahaan konsultan IT. Di sini, Figo menempati posisi sebagai seorang technical consultant

    Jabatan yang dipegangnya selama magang sangat sesuai dengan latar belakang Figo yang merupakan seorang mahasiswa Teknik Informatika. Biasanya, seorang technical consultant mempunyai deskripsi pekerjaan meliputi: 

    • Menyusun tingkat kebutuhan serta target proyek
    • Menyediakan solusi penggunaan teknologi paling optimal dengan mempertimbangkan aspek bisnis
    • Melakukan pengujian pada perangkat lunak ataupun keras milik klien
    • Troubleshooting ketika berhadapan dengan sebuah permasalahan atau bug
    • Memberi pelatihan cara penggunaan software atau hardware kepada end-user
    • Melakukan komunikasi dengan klien 

    Hanya saja, karena berstatus sebagai mahasiswa magang, Figo tidak memperoleh semua tugas dan tanggung jawab tersebut. Terdapat empat tugas utama yang diembannya selama menjalani internship di PT Toba Cahaya Semesta, yaitu: 

    • Maintenance code. Seperti halnya mesin kendaraan, kode bahasa pemrograman perlu dijaga agar tetap bekerja dengan baik. Inilah tugas pertama Figo sebagai seorang technical consultant. Tak hanya itu, tanggung jawab dalam maintenance code penting untuk meningkatkan efisiensi kode program secara keseluruhan. 
    • Menyusun report. Seperti halnya karyawan lain, Figo punya tanggung jawab untuk melakukan penyusunan laporan. Kegiatan ini berkaitan erat dengan pelaksanaan tugas harian Figo selama magang. 
    • Maintenance server. Selanjutnya, Figo juga punya tanggung jawab berkaitan dengan server. Aktivitas ini sangat krusial dalam menjaga agar layanan dari perusahaan tidak mengalami gangguan, apalagi Toba Consulting mempunyai layanan berbasis cloud yang butuh dukungan server prima. 
    • Maintenance jaringan komputer. Tugas yang terakhir adalah menjaga kelancaran traffic dalam jaringan komputer perusahaan. Langkah ini penting agar tidak ada gangguan dalam koneksi dalam berbagai jenis perangkat seperti komputer server, HUB/switch, komputer client, dan lain sebagainya. 
    • Tantangan dan Hambatan Selama Magang di PT Toba Cahaya Consultant

    Tugas dan tanggung jawab yang dijalankan Figo selama magang memang relatif lebih ringan dibandingkan karyawan biasa. Tugas itu juga memiliki kaitan erat dengan pengetahuan Figo sebagai mahasiswa Teknik Informatika. Namun, siapa yang menyangka kalau BINUSIAN ini punya berbagai tantangan dan hambatan selama magang. 

    Kesulitan utama yang dihadapi Figo adalah proses adaptasi dengan dunia kerja, apalagi teknologi yang digunakan oleh perusahaan relatif baru dan asing baginya. Ditambah lagi, selama proses maintenance dia kerap menemukan berbagai permasalahan yang unik. Untuk mengatasi permasalahan ini, Figo harus belajar hal baru dan mencoba berbagai solusi. 

    Tidak hanya itu, Figo juga mendapatkan banyak pelajaran berharga yang bisa membantunya dalam memuluskan karier di masa depan. Selama magang, dia belajar tentang cara melakukan komunikasi dan kemampuan kerja sama yang baik. Sebagai buktinya, dia memperoleh dukungan dari teman sesama magang dalam menyelesaikan setiap permasalahan. 

    Kini, Figo bisa tampil dengan lebih percaya diri. Dia tidak hanya mempunyai pengetahuan terkait IT yang mencukupi. Namun, dia juga punya kemampuan dalam pemecahan masalah yang merupakan keahlian penting seorang technical consultant. Tak hanya itu, skill berkomunikasi yang baik bisa membantunya dalam menjalani karier apa pun di masa depan. 

    Figo hanya sebagian kecil contoh binusian yang memperoleh manfaat mengikuti program magang. Banyak mahasiswa lain yang mendapatkan pengalaman tidak kalah berharga yang mendorong mereka untuk berkembang jadi pribadi yang lebih baik.