BINUS UNIVERSITY

    Dari Hobi Wujudkan Mimpi Jadi Pebisnis Kopi

    Kopi sepertinya menjadi minuman yang sudah layaknya, teman, ya? Sering terdengar, tidak semangat rasanya memulai hari tanpa secangkir kopi. Bahkan, ada pula yang mengonsumsi kopi lebih dari satu cangkir setiap hari. Apakah kamu juga termasuk salah satunya?

    Minuman dengan rasa dominan pahit yang khas ini nyata membuat banyak generasi muda tergerak untuk memulai usaha. Seperti halnya Aldi Winata, mahasiswa BINUS UNIVERSITY Jurusan Teknik Industri yang sedang memulai usahanya sebagai pebisnis kopi. 

    Bermula dari Hobi

    Mahasiswa

    Aldi memiliki hobi sebagai barista, sebutan untuk seseorang yang ahli meramu kopi hingga menjadi minuman dengan rasa yang sangat lezat. Berbekal hobi dan ilmu entrepreneurship yang ia miliki selama berkuliah di BINUS UNIVERSITY, Aldi akhirnya memutuskan untuk menjajakan kopi buatannya dalam kemasan botol secara pre order.

    Mulanya, Aldi menawarkan produk kopi buatannya pada orang-orang terdekat. Hanya dalam waktu dua bulan, jumlah penjualannya mencapai 2000 botol. Melihat adanya peluang besar untuk bisnisnya, Aldi akhirnya memutuskan untuk membuka kedai kopi di daerah Palmerah dengan uang hasil penjualan dan tambahan pinjaman. 

    Bisnis kedai kopi memang seperti menjamur, terlebih di kota besar seperti Jakarta. Namun, Aldi tidak pantang menyerah. Ia mencoba banyak cara agar tetap bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan, seperti dengan memberikan diskon pada pelanggan, melakukan inovasi baru, dan tentu saja menjaga kualitas produk. 

    Tentu saja, Aldi berharap bisnisnya bisa tetap bisa bersaing, bahkan berkembang lebih besar lagi di masa mendatang. Mahasiswa BINUS UNIVERSITY ini memiliki keinginan untuk menciptakan lapangan kerja baru dan membantu orang lain yang memang membutuhkan pekerjaan. 

    Tak Hanya Satu

    Mahasiswa

    Sebagai pebisnis, tentu Aldi harus terus memutar otak agar apa yang sedang dirintisnya bisa terus berada dalam jalur yang tepat, bahkan bisa berkembang lebih besar dan menghasilkan keuntungan yang lebih menjanjikan. Ia pun mengungkapkan bahwa bisnis yang sedang digelutinya ini adalah batu loncatan untuknya bisa merintis usaha lainnya yang bergerak di bidang food and beverage.

    Ya, Aldi kini pun menawarkan jasa pengembangan bisnis kedai kopi dengan target orang-orang yang hendak memulai bisnis sebagai pengusaha kopi. Setidaknya, sudah ada dua bisnis kopi milik orang lain yang Aldi kembangkan, lho! Kalau kamu tertarik dan ingin mendapatkan banyak ide perihal bisnis kopi kamu bisa juga kok bertukar ide dengan Aldi! 

    Nah, untuk para generasi muda yang ingin memulai usaha, Aldi menyarankan untuk menjalankan usaha yang memang kamu kuasai. Baginya, menjadi pebisnis bukan hanya soal keuntungan, melainkan bagaimana kamu juga bisa bermanfaat untuk orang lain di sekitar. Jangan lupa untuk merencanakan keuangan jika kamu harus melakukan pinjaman sebagai modal usaha, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

    Bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan kini banyak mahasiswa yang telah memiliki bisnis sendiri meski belum sepenuhnya menyelesaikan studi. Jadi, jangan pernah patah asa, motivasi diri yang paling kuat justru berasal dari dirimu sendiri, bukan dari orang lain. Kerjakan semuanya dengan hati yang tulus, barengi dengan usaha, karena hasilnya tidak pernah berkhianat. 

    Program 2+1+1 BINUS UNIVERSITY 

    Menjadikan BINUS UNIVERSITY sebagai tempat kuliah merupakan pilihan tepat bagi Aldi. Betapa tidak, adanya program Enrichment di bidang entrepreneurship jelas akan semakin memudahkan dirinya dan mahasiswa lain yang punya mimpi untuk mendirikan usaha sendiri alias berbisnis.

    BINUS UNIVERSITY memang memiliki program belajar yang unik, yang disebut dengan program 2+1+1. Program ini akan memudahkan semua Binusian dalam mendapatkan ilmu akademis maupun non-akademis. Tujuannya tentu saja menyiapkan generasi muda berkarakter dan memiliki keterampilan lain agar siap bersaing dalam dunia kerja nantinya.

    Nah, melalui program ini, Binusian akan mendapatkan penawaran belajar yang sangat menarik. Selama dua tahun penuh Binusian bisa belajar di kampus BINUS UNIVERSITY asal. Lalu, satu tahun setelahnya Binusian bisa memilih untuk melanjutkan belajar di kampus BINUS UNIVERSITY lainnya, baik yang ada di Jabodetabek, Bandung, dan Malang. 

    Satu tahun terakhir dari program belajar 2+1+1 ini bisa Binusian manfaatkan untuk memilih program yang tersedia, seperti misalnya Enrichment, pengabdian masyarakat, atau penelitian. Jadi, tidak hanya mengantongi ilmu akademik, Binusian akan membawa bekal keterampilan tambahan untuk menyambut masa depan.