BINUS UNIVERSITY tidak hanya memberi pendidikan untuk mahasiswa terdaftar, tetapi juga berkomitmen untuk membangun komunitas. Community Development adalah program kampus untuk membangun aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan lingkungan yang penting bagi kesejahteraan masyarakat.

Jenis Program Community Development

Community Development

Program Community Development BINUS UNIVERSITY membidik berbagai bidang penting dalam lingkungan masyarakat. Berbagai kegiatannya bisa masuk ke dalam kategori sebagai berikut:

  • Bina UKM

Usaha Kecil, Menengah, dan Mikro (UKM) adalah elemen penting dalam ekonomi masyarakat. BINUS UNIVERSITY memiliki program untuk meningkatkan kualitas dan kinerja UKM lewat penerapan teknologi. Hal ini berguna untuk membantu UKM dalam meningkatkan daya saing di era digital, terutama karena makin banyaknya persaingan.

  • Kewirausahaan

Bagaimana dengan mereka yang ingin memulai bisnis sendiri? BINUS UNIVERSITY memiliki pelatihan kewirausahaan untuk anggota masyarakat yang ingin memulai bisnis dari awal. Pelatihan ini juga membantu pemilik UKM yang baru atau sedang menggarap usaha, tetapi membutuhkan dukungan untuk meningkatkan bisnis mereka.

  • Bahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing dapat membantu masyarakat dalam banyak hal, mulai dari mengembangkan bisnis ke ranah internasional, hingga membidik calon pelanggan di luar negeri. Bahasa yang diajarkan dalam pelatihan ini adalah Inggris dan Mandarin; jenis-jenis bahasa asing populer yang mendukung prospek bisnis, edukasi, serta pekerjaan lebih luas.

  • Microsoft Office

Microsoft Office mungkin sesuatu yang sudah umum diketahui, tetapi tidak semua orang memahaminya. Salah satu program Community Development adalah memberikan pelatihan Microsoft Office secara lengkap dan komprehensif untuk peserta di Jabodetabek. Memahami program yang terlihat sederhana ini bisa membantu anggota masyarakat untuk meraih kesempatan kerja, bisnis, atau belajar yang lebih baik.

  • BINUS Bangun Desa

BINUS Bangun Desa mungkin salah satu program pengembangan masyarakat paling komprehensif karena melibatkan banyak aktivitas. Dimulai sejak tahun 2016, BINUS Bangun Desa dirancang untuk membidik potensi desa, terutama yang masih tertinggal dalam hal pendidikan, kesejahteraan, dan ekonomi.

  • Konferensi Internasional

Mengembangkan potensi masyarakat tidak hanya lewat program lokal terarah. Inisiatif internasional seperti ICCD (International Conference on Community Development) berfokus pada masa depan pengembangan masyarakat, misalnya merancang sistem dan teknologi terbaik untuk mendukung aktivitas pelajar, peneliti, dan kaum profesional. Program ini bertujuan menciptakan sistem yang akan menunjang aktivitas penelitian dan pelatihan bermutu.

BINUS UNIVERSITY juga menerapkan forum pelatihan daring untuk mengantisipasi era pandemi. Beragam tema pelatihan seperti sistem informasi bisnis, manajemen, hingga desain interior tersedia lewat kelas-kelas daring.

BINUS UNIVERSITY menyediakan tenaga dosen dan sukarelawan ahli sebagai pengajar untuk berbagai program pelatihan. Paduan ilmu komunikasi, kepakaran, serta keahlian masing-masing memberi program ini diterima dengan baik di kalangan masyarakat.

Tujuan Program Community Development

BINUS UNIVERSITY memiliki tiga tujuan utama saat mengembangkan program Community Development. Mereka adalah:

  • Pembangunan Ekonomi

Ekonomi rakyat tidak bisa dibangun tanpa meningkatkan kualitas masyarakat. Dengan berbagai pelatihan, pendampingan, dan pembekalan di bidang usaha, anggota masyarakat bisa membuat bisnis UKM mereka memiliki daya saing lebih.

  • Pembangunan Sosial

Ketika sistem ekonomi masyarakat makin membaik, aspek sosial juga akan meningkat. Masyarakat bisa makin sejahtera, dan berbagai hak dasar akan terpenuhi dengan lebih mudah. Hal ini misalnya termasuk hak untuk mendapat pendidikan dan jaminan kesejahteraan.

  • Pembangunan Lingkungan

Proyek BINUS UNIVERSITY juga dimaksudkan untuk membidik aspek pembangunan lingkungan. Ketika masyarakat makin terdidik dan berwawasan luas, pembangunan lingkungan akan lebih mudah tercapai. Misalnya, masyarakat akan lebih sadar tentang hal-hal terkait daur ulang, pengolahan limbah, penggunaan ulang kemasan produk, pengelolaan limbah rumah tangga, dan sebagainya.

BINUS UNIVERSITY berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitarnya. Lewat program Community Development, kampus ini membantu meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dengan cara memberi beragam pelatihan serta dukungan dalam bidang bisnis, usaha kecil, pendidikan, hingga kuliner.