Chinese Literature adalah salah satu prodi BINUS UNIVERSITY yang telah berhasil menelurkan generasi-generasi hebat Indonesia. Dengan kemampuan, keterampilan, dan keahlian berbahasa Mandarin di atas rata-rata, alumni prodi ini terbukti mampu bersaing di bursa kerja global. Kamu yang tertarik untuk bergabung di Jurusan Chinese Literature, BINUS UNIVERSITY wajib baca ulasan di bawah ini.

Mengenal Program Studi Chinese Literature BINUS UNIVERSITY

Prodi Binus

Berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya (Faculty of Humanities), kelas Chinese Literature pertama kali membuka pendaftaran mahasiswa baru di tahun 2002. Selama lebih dari lima belas tahun beroperasi, ada begitu banyak penghargaan yang telah diterima oleh program studi ini. Namun, salah satu yang paling bermanfaat bagi mahasiswanya adalah hasil akreditasi prodi dengan nilai A dari BAN-PT.

Jurusan ini menawarkan studi mengenai kebudayaan, bisnis, media massa, dan periklanan  Cina secara menyeluruh dan berkesinambungan. Tentu saja, semua kelas yang ditawarkan menggunakan Bahasa Mandarin sebagai pengantarnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa berkomunikasi menggunakan bahasa target dalam berbagai situasi.

Kamu juga berkesempatan untuk merasakan atmosfer kerja di beberapa perusahaan Tiongkok ternama, baik yang berlokasi di Indonesia maupun luar negeri, selama satu tahun dalam program magang kerja sama BINUS UNIVERSITY dan lembaga luar.

Menariknya lagi, Program Studi Chinese Literature juga telah bekerja sama dengan banyak perguruan tinggi di Cina serta negara lain. Kerja sama ini meliputi penyelenggaraan short course, study tour, field trip, pertukaran mahasiswa, dan beasiswa. 

Prospek Karier Lulusan Prodi Chinese Literature

Prodi Binus

Eratnya hubungan diplomasi antar negara Indonesia – Cina makin membuka lebar kesempatan karier alumni Jurusan Sastra Cina. Wujud nyata dari hubungan baik ini adalah masuknya perusahaan-perusahaan besar Cina di berbagai sektor ke Indonesia, mulai dari perbankan, pertambangan, konveksi, hingga teknologi.

Jadi, tidak salah kalau BINUS UNIVERSITY Chinese Literature disebut-sebut sebagai jaminan terbaik untuk masa depan cerah. Beberapa prospek kerja menggiurkan yang bisa kamu dapatkan, antara lain: 

  • Sektor Pemerintahan 

Tiap tahunnya negara membuka kesempatan bagi putra/putri terbaik Indonesia untuk mengabdi sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) di berbagai lembaga pemerintahan. Alumni Jurusan Sastra Cina dapat mengisi lowongan di Ditjen Imigrasi, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan. 

  • Penerjemah/Interpreter

Tugas pokok dari seorang penerjemah/interpreter adalah menyampaikan inti teks, baik lisan maupun tulisan, dari satu bahasa ke dalam bahasa lain (dalam hal ini Mandarin – Indonesia) sesuai arti dan konteks sesungguhnya. Seorang penerjemah bisa saja bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan atau membuka layanan jasa penerjemahan sendiri sebagai usaha mandiri. 

  • News Presenter

Metro Xinwen, Tasty and Healthy, dan Xinwen Plus adalah beberapa program dari salah satu TV nasional yang menggunakan Bahasa Mandarin sebagai bahasa pengantarnya. Kamu bisa bergabung menjadi anchor di acara-acara tersebut. Tidak hanya terbatas pada TV lokal, kamu juga bisa merambah dunia presenter global, seperti RTM Mandarin News, Xinhua News, dan lainnya. 

  • Guru/Dosen

Tingginya minat belajar Bahasa Mandarin membuka peluang bagi alumni Chinese Literature untuk menjadi guru atau dosen. Kamu hanya butuh mengasah kemampuan dalam hal penyampaian materi di dalam kelas. Caranya? Kenali karakter masing-masing peserta didik. Lalu, sampaikan materi semenarik mungkin. Dengan begitu, kamu dijamin jadi tenaga pengajar favorit siswamu. 

  • Pemandu Wisata

Cina menyumbangkan kunjungan turis tertinggi bagi Indonesia. Menurut data yang dirilis oleh BPS, wisatawan asing dengan paspor Tiongkok mengalami peningkatan di awal tahun 2020 lalu. Ini menunjukkan bahwa pekerjaan seorang tour guide tidak akan pernah padam. Makin banyak wisatawan Cina, makin padat jadwal kerjamu.

  • Jurnalis

Hobi menulis? Coba peruntungan menjadi seorang jurnalis di Negeri Tirai Bambu! Sudah banyak WNI yang bekerja di Tiongkok sebagai jurnalis. Kamu bisa menulis berita untuk media Indonesia atau sebaliknya. 

  • Pelaku Bisnis

Kamu bisa memulai berjualan produk-produk Cina yang terkenal murah dan berkualitas. Gunakan keahlianmu berkomunikasi dalam Bahasa Mandarin untuk mendapatkan rekanan bisnis dari Tiongkok. Selain itu, kamu juga bisa membuka kelas Bahasa Mandarin sebagai lahan bisnis baru.

Nah, apakah kamu sedang mencari prospek kerja dari prodi BINUS lainnya? Kunjungi website BINUS UNIVERSITY untuk info lengkap!