Pada tahun 2020, Apple Developer Academy berhasil meluluskan 400 siswanya yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia. Buat kamu yang belum tahu apa itu Apple Developer Academy, ini adalah program inkubasi milik Apple yang bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pembinaan terkait pembuatan aplikasi perangkat lunak pada platform iOS selama 10 bulan. 

Meski dibuka untuk umum, nyatanya tidak semua orang bisa masuk ke Apple Developer Academy, lho. Kamu harus menjalani serangkaian seleksi ketat supaya bisa menjadi bagian dari akademi ini. 

Bicara mengenai lulusan Apple Developer Academy 2020, salah satu jebolannya merupakan mahasiswa BINUS UNIVERSITY dan berhasil menciptakan aplikasi bernama Aura. Hebatnya lagi, Aura  menjadi salah satu aplikasi terbaik buatan siswa Apple Developer Academy batch 3 di Indonesia. Keren, ya!

Mau tahu cerita inspiratif dibalik aplikasi Aura? Simak ulasan berikut ini, yuk!

Cerita di Balik Pembuatan Aplikasi Aura

Binus University

Kesuksesan Aura tak lepas dari kerja keras John, Alldo, Doni, Nabilah, Viona, Hubert, Stevhen, dan Christian. Aura merupakan aplikasi medis yang dibuat khusus untuk penderita epilepsi. 

Menawarkan 3 fitur utama berupa, Seizure Alert, Seizure First Aid, dan Emergency Contacts, Aura akan mengirimkan alarm peringatan apabila penggunanya mengalami kejang. Mereka yang berada di sekitar pasien pun bisa melakukan pertolongan pertama sesuai panduan pada aplikasi Aura. Di saat bersamaan, aplikasi ini akan mengirim peringatan kejang kepada kontak darurat. 

Ide pembuatan Aura pertama kali muncul dari pengalaman sang project manager yaitu John yang memiliki kembaran dengan penyakit epilepsi. Pada tahun 2020, ia harus kehilangan adiknya yang saat itu mengalami kejang dan tidak sempat mendapat pertolongan terbaik lantaran keterbatasan pengetahuan mengenai penyakit epilepsi.  

Belajar dari kejadian tersebut, John bersama tim kemudian membuat aplikasi Aura secara khusus untuk pengguna dengan gangguan epilepsi. Di sisi lain, dengan Aura, John ingin mengedukasi masyarakat luas terkait epilepsi, minimal individu tersebut tahu apa yang harus dilakukan ketika menemukan penderita epilepsi yang mengalami kejang. 

Tantangan yang Dihadapi Selama Proses Pengembangan Aura

Saat ditanya mengenai tantangan dalam mengembangkan Aura, Alldo mengungkapkan bahwa ia dan tim kesulitan dalam urusan komunikasi. Akibat pandemi Covid-19, komunikasi tatap muka beralih menjadi komunikasi virtual. Dampaknya sering kali ia mengalami miss komunikasi dengan anggota tim lainnya. 

Bukan hanya itu, Covid-19 juga membuatnya kesulitan melakukan user testing secara langsung ke penderita epilepsi. Sebagai gantinya, ia dan rekan-rekannya menjalin komunikasi secara virtual dengan target pengguna untuk mendapatkan kritik dan saran yang dapat membangun aplikasi Aura lebih baik lagi. 

Ke depannya, tim pengembang Aura berharap bisa bekerja sama dengan pemerintah supaya Aura lebih dikenal oleh masyarakat luas.  

Tertarik Menjadi Anggota Apple Developer Academy?

Binus University

Buat kamu mahasiswa BINUS UNIVERSITY yang ingin bergabung di akademi ini bisa memilih program magang ketika enrichment. Sekadar informasi, enrichment merupakan bagian dari program unggulan BINUS UNIVERSITY yaitu (2+1)+1.

Selama 2 tahun periode perkuliahannya, BINUSIAN bisa belajar di kampus asal, sementara jika ingin belajar di kampus BINUS UNIVERSITY kota lainnya, kamu bisa melakukannya selama 1 tahun. 

Untuk 1 tahun sisanya adalah pengembangan keterampilan lewat program enrichment.  Di program ini, kamu bebas menentukan kegiatan mana yang akan dilakukan. Di antara pilihannya adalah melakukan penelitian, studi ke luar negeri, melakukan pengabdian masyarakat, merintis bisnis, atau bekerja magang di perusahaan. 

Nah, kalau kamu berencana mengikuti Apple Developer Academy, silakan pilih kategori magang. Setelah itu kamu perlu melakukan serangkaian tes mulai dari tes tulis sampai wawancara sebagai persyaratan masuk Apple Developer Academy. 

Itulah cerita singkat di balik proses pengembangan Aura yang sukses menjadi salah satu aplikasi terbaik batch 3 Apple Developer Academy. Punya cita-cita menjadi developer andal? Gabung di Apple Developer Academy sambil belajar computer science di BINUS UNIVERISTY adalah jawaban terbaik.