Apakah bisnis perhotelan prospektif pada masa depan? Terdampak pandemi COVID-19, bisnis perhotelan saat ini memang lagi lesu. Banyak orang memilih untuk berada di rumah saja daripada bepergian ke luar kota guna menghindari penyebaran virus. 

Tahun 2021, bisnis pariwisata termasuk perhotelan diharapkan dapat menggeliat kembali. Dikutip dari Kontan, para pengusaha hotel menyampaikan alasannya dalam acara GM & Sales Marketing Conference 2020. Salah satunya karena industri perhotelan sudah mulai bisa beradaptasi dengan menawarkan paket-paket atraktif.

Kuliah di Jurusan Business Hotel Management 

jurusan di BINUS

Business Hotel Management adalah salah satu jurusan di BINUS yang mengajarkan pengetahuan di bidang perhotelan kepada mahasiswa. Program studi ini melatih kemampuan manajerial sekaligus vokasional. Tujuannya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, mumpuni, serta menguasai bidang perhotelan dengan baik.

Bukan hanya teori, mahasiswa juga akan dibekali ilmu praktis yang bisa digunakan. Hal ini dimungkinkan dengan adanya kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar langsung di industri perhotelan selama satu tahun. Berbekal pengalaman tersebut, mahasiswa pun memiliki kemampuan bersaing yang kuat.

Skill yang Akan Kamu Pelajari dari Kampus

jurusan di BINUS

Lalu, apa saja pengetahuan dan skill yang akan kamu pelajari saat menjadi mahasiswa? Jurusan di BINUS UNIVERSITY ini telah menyusun program khusus bagi yang ingin menekuni bisnis perhotelan.

Mata kuliah yang wajib diambil antara lain Introduction to Hospitality, Principle of Accounting and Finance in Hospitality, Workplace, Hygiene, Safety and Security for Hospitality, Kitchen Operation, Food and Beverage Service Operation, Human Resources Management in Hospitality, Hotel and Resort Management, Strategic Management in Hospitality, dan sebagainya. 

Setelah mempelajari berbagai mata kuliah tersebut, mahasiswa diharapkan dapat menguasai industri hospitality dengan mumpuni. Bukan hanya sebagai pekerja, tetapi juga pemilik usaha. 

Beberapa kemampuan praktis yang dimiliki lulusan jurusan di BINUS yang satu ini antara lain, dapat mendesain sistem operasional hotel, mengatur kegiatan operasional hotel, menyelesaikan masalah yang dialami, membuat prosedur khusus untuk situasi tertentu, menciptakan dan memodifikasi produk atau layanan perhotelan agar makin menarik, dan sebagainya.

Lulus Kuliah, Ini Karier yang Bisa Ditekuni 

jurusan di BINUS

Jika kamu bercita-cita menjadi owner hotel, pengetahuan tentang Business Hotel Management pasti sangat bermanfaat. Jurusan di BINUS ini akan memberikan bekal penting dalam mengembangkan bisnis perhotelan sesuai kebutuhan penggunanya.

Kamu bisa menggeluti karier sebagai Accommodation Manager, Hotel Manager, Event Manager, Accommodation Business Owner, Public House Manager, dan sebagainya. Namun, ada berbagai pilihan karier lain yang juga bisa kamu geluti. Simak beberapa bidang pekerjaan yang prospektif berikut ini.

  • Food & Beverage Service

Bisnis perhotelan tidak hanya mengurus penginapan atau akomodasi, tetapi juga makanan dan minuman yang akan disajikan. Saat kuliah, kamu pun akan dibekali ilmu bermanfaat tentang food and beverage service. Tak harus bekerja di hotel, kamu bisa melamar di tempat lain sebagai barista, bartender, restaurant manager, dan sebagainya.

  • Food Production

Terkait bisnis perhotelan, ada pula kebutuhan akan food production. Di sini, profesi chef sangat penting. Nah, kamu bisa mendalami keahlian di dapur dan menjadi Chef de Cuisine, Pastry Chef, Chef de Partie, dan sebagainya. Kamu juga bisa menjabat sebagai Kitchen Manager, Catering Manager, atau Chef on Board. Semua itu merupakan bagian dari proses food production.

  • Food Styling

Makanan akan semakin nikmat jika disajikan dengan tampilan yang mengesankan. Jurusan di BINUS UNIVERSITY ini memungkinkan kamu untuk memiliki keahlian tersebut. Profesi food stylist saat ini cukup dibutuhkan. 

Tidak selalu harus bekerja di hotel, food stylist bahkan bisa bekerja secara independen. Sebagai contoh, kamu bisa bekerja sama dengan fotografer untuk menghasilkan foto-foto makanan yang menarik.

Nah, inilah karier yang bisa kamu kejar setelah lulus di jurusan Business Hotel Management, salah satu jurusan di BINUS UNIVERSITY. Tertarik untuk mencoba?