BINUS UNIVERSITY

    Angga Putra: Magang Jadi Kesempatan Mengasah Skill Baru

    Proses magang menjadi tahapan penting dalam proses belajar di perguruan tinggi. Momen ini dapat menjadi salah satu parameter dalam menilai tingkat kesiapan para mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja. Di waktu bersamaan, magang juga jadi kesempatan mereka untuk mengenali kekurangan yang dimiliki dan mengasah skill baru sesuai kebutuhan. 

    BINUSIAN jurusan Management Angga Putra Permana merasakan secara nyata pentingnya proses magang sebelum bersaing mencari pekerjaan dengan lulusan perguruan tinggi lain. Angga memperoleh kesempatan magang di perusahaan bernama PT Timas Suplindo selama 9 bulan. Di situ, dia menempati posisi sebagai account payable staff. 

    • Sekilas tentang PT Timas Suplindo

    Skill

    PT Timas Suplindo merupakan sebuah perusahaan yang mempunyai sejarah cukup panjang. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1989. Pada awalnya, mereka dikenal sebagai perusahaan produsen peralatan mekanik. Namun, seiring dengan berkembangnya bisnis perusahaan, PT Timas kini mempunyai reputasi sebagai salah satu kontraktor onshore & offshore EPCIC terkemuka Indonesia. 

    Banyak perusahaan besar yang telah menggunakan jasa dari PT Timas. Beberapa di antaranya adalah Perusahaan Gas Negara (PGN), Halliburton, PetroChina, Pertamina, Petronas, HESS, dan berbagai perusahaan di sektor migas lain. Kesempatan magang di perusahaan besar seperti PT Timas membuat Angga bisa memperoleh banyak pengalaman berharga. 

    • Awal Mula Proses Magang di PT Timas Suplindo

    Skill

    Tahapan awal magang di PT Timas dilalui oleh Angga dengan mudah. Tidak ada kendala berarti yang menjadi hambatannya. Terlebih lagi, Angga mempunyai latar belakang sebagai mahasiswa BINUS UNIVERSITY yang memiliki reputasi sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan berkelas dunia. 

    Angga melakukan pengajuan magang dengan datang secara langsung ke Kantor PT Timas Suplindo. Di situ, dia menyerahkan CV yang disertai dengan surat permohonan magang. Setelah beberapa hari, Angga memperoleh panggilan wawancara dan dia diterima sebagai salah satu karyawan magang di PT Timas. 

    • Tantangan Besar selama Magang di PT Timas

    Seperti halnya mahasiswa magang lain, Angga mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai account payable staff. Seorang account payable staff mempunyai tanggung jawab untuk berkaitan dengan laporan keuangan perusahaan, khususnya terkait pembayaran beban dan pengeluaran.

    Tanggung jawab yang dimiliki oleh Angga selama magang di PT Timas adalah melakukan pemeriksaan dokumen. Tidak hanya itu, dia juga perlu memastikan bahwa isi dari setiap dokumen sesuai dengan sistem yang digunakan oleh perusahaan. Sekilas, tugas dan tanggung jawab ini terlihat mudah. Namun, siapa yang menyangka kalau Angga mengalami kesulitan tinggi dalam menjalankannya.

    Alasan utama yang menjadi hambatan Angga selama magang adalah karena dirinya tidak mempunyai kemampuan terkait dunia akuntansi. Alhasil, dia mengalokasikan banyak waktu untuk mempelajari kekurangannya ini. Dengan semangat belajar tinggi, Angga mampu menyelesaikan dengan baik segala tugas yang menjadi tanggung jawabnya selama magang. 

    • Tak Hanya Belajar Hal Teknis

    Kesempatan belajar tentang ilmu akuntansi di dunia kerja bukanlah satu-satunya pembelajaran yang didapatkan oleh Angga. Pengalaman magang di PT Timas mengajarkannya tentang cara melakukan komunikasi dengan baik dan efektif. Kemampuan komunikasi yang baik dapat membantu Angga melakukan kerja sama dengan karyawan lain secara efektif. 

    Tidak hanya itu, Angga juga merasa terkesan dengan kedekatan para karyawan dari PT Timas. Dia mengatakan bahwa pelaksanaan acara bersama dengan para karyawan seperti ulang tahun perusahaan memberikan kesan yang mendalam. Terlebih lagi, dalam kesempatan tersebut, Angga dapat bertemu dan berinteraksi dengan karyawan dari semua divisi di PT Timas.

    Angga hanya contoh kecil dari sekian banyak mahasiswa BINUS UNIVERSITY yang mendapatkan manfaat dari program magang. Di BINUS, magang merupakan salah satu aktivitas opsional yang menjadi bagian dari Program Enrichment. Selain magang, BINUSIAN dapat memilih aktivitas lainnya seperti pengabdian masyarakat, penelitian, merintis usaha, dan studi di luar negeri.

    Asyik, kan jadi mahasiswa BINUS UNIVERSITY? Kamu juga bisa lho menjadi bagian dari BINUSIAN. Yuk, daftar!