Punya reputasi sebagai salah satu kampus terbaik Indonesia, tak heran kalau banyak lulusan SMA/SMK yang tertarik menjadi bagian dari BINUS UNIVERSITY. Ditambah lagi, banyak lulusan BINUS yang meraih kesuksesan besar dengan startup buatannya. Hal ini pun membuat pilihan kuliah BINUS UNIVERSITY jurusan yang berkaitan dengan teknologi kebanjiran peminat. Salah satunya adalah jurusan Information Systems. 

Dibandingkan dengan jurusan Teknik Informatika, Information Systems memang masih kalah populer. Namun, tingkat permintaan terhadap kemampuan dari para lulusan jurusan ini sangat besar. Pilihan karier yang bisa kamu jalani setelah lulus kuliah BINUS UNIVERSITY Jurusan Information Systems beragam. Kamu bisa menjadi seorang data scientist, programmer, entrepreneur, dan lain sebagainya. 

  • Sekilas tentang Jurusan Information Systems

Binus University Jurusan

Banyak orang yang menganggap kalau jurusan Information Systems tidak jauh berbeda dibandingkan dengan Teknik Informatika. Terlebih lagi, lulusan dari kedua jurusan ini sama-sama memiliki kemampuan dalam bidang pemrograman dan berkesempatan jadi seorang programmer. Ditambah lagi, BINUS UNIVERSITY menempatkan kedua jurusan ini dalam fakultas yang sama, yakni Computing. 

Namun, ada banyak perbedaan antara Information Systems atau sistem informasi dengan Teknik Informatika. Di jurusan ini, kamu tidak hanya belajar tentang ilmu komputer. Kamu juga akan didorong untuk mengetahui tentang aspek bisnis dan manajemen. Dengan begitu, kamu bisa melakukan identifikasi kebutuhan sistem perusahaan berdasarkan data-data bisnis yang dimiliki. 

  • Apa Saja yang Dipelajari saat Memilih Kuliah BINUS UNIVERSITY Jurusan Information Systems?

Binus University Jurusan

Setiap perguruan tinggi memiliki kurikulum pendidikannya masing-masing. Demikian pula dengan jurusan Information Systems di BINUS UNIVERSITY. Kurikulum Jurusan Information Systems BINUS dirancang sesuai dengan standar Association for Computing Machinery (ACM) dan Association for Information Systems (AIS). Harapannya, mahasiswa lulusan jurusan ini mempunyai kemampuan di bidang sistem informasi yang tak kalah dengan lulusan perguruan tinggi terkemuka dunia. 

Selama menjalani kuliah empat tahun di Jurusan Sistem Informasi BINUS UNIVERSITY, kamu akan mempelajari beberapa hal penting, seperti: 

  • 1. Dasar-Dasar bisnis

Aspek pertama yang bakal kamu pelajari selama berkuliah di Jurusan Information Systems BINUS UNIVERSITY adalah dasar-dasar bisnis. Pengetahuan ini sangat penting agar kamu bisa mengidentifikasi pemanfaatan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan hal ini antara lain adalah introduction to financial accounting, business process fundamental, business intelligence, dan lain sebagainya. 

  • 2. Pengolahan data statistik

Lulusan sistem informasi akan banyak berhadapan dengan data, terutama data bisnis. Oleh karena itu, kamu memerlukan kemampuan dalam hal pengolahan data. Saat kuliah BINUS UNIVERSITY Jurusan Information Systems, kamu akan memperoleh bekal kemampuan pengolahan data yang lengkap, mulai dari statistika bisnis, data dan manajemen informasi, visualisasi data, hingga data & text mining

  • 3. Manajemen bisnis

Kamu juga akan memperoleh pembekalan materi kuliah berkaitan dengan manajemen bisnis. Ada banyak kuliah manajemen yang bakal kamu hadapi, termasuk management information system, knowledge management, business process management, dan lain sebagainya. 

  • 4. Bahasa pemrograman

Selain belajar tentang aspek bisnis, kamu bakal mempelajari tentang kemampuan di bidang pemrograman. Tidak hanya cara membuat sebuah program, tetapi kamu juga akan memperoleh pengetahuan tentang keamanan sistem informasi, web based application development, dan lain-lain. 

  • 5. Entrepreneurship

Kamu juga akan mendapatkan mata kuliah yang secara khusus membahas tentang kewirausahaan. Harapannya, setelah lulus dari BINUS UNIVERSITY Jurusan Information Systems, kamu tidak hanya punya pilihan menjadi karyawan. Namun, kamu bisa membuka jalan sebagai entrepreneur dan menyediakan lapangan kerja untuk orang lain. 

  • 6. Kemampuan berkomunikasi

Setiap mahasiswa BINUS UNIVERSITY Jurusan Information Systems akan memperoleh pembekalan tentang cara berkomunikasi yang baik. Kamu tidak hanya didorong untuk bisa melakukan komunikasi secara lisan, tetapi juga melalui tulisan. 

Nah, itulah berbagai pembelajaran yang bakal kamu dapatkan kalau memutuskan kuliah di Jurusan Information Systems BINUS UNIVERSITY. Perlu kamu ketahui, ada banyak lulusan program studi ini yang meraih kesuksesan besar di dunia kerja lho! Salah satunya adalah Pieter Lydian yang tak lain adalah CEO Facebook Indonesia. Keren, kan?