BINUS UNIVERSITY

    Yuk, Belajar Budaya Kerja antar Negara Lewat Program Internship

    Beragam cara dilakukan BINUS UNIVERSITY untuk menciptakan lulusan yang unggul dan siap bersaing di dunia kerja. Lewat program (2+1)+1 mahasiswa diajak merasakan pengalaman belajar multi kampus juga terjun langsung ke dunia kerja. 

    Dari total 4 tahun selama kuliah, satu tahun di antaranya memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk memilih satu dari 5 program enrichment, yaitu penelitian, merintis usaha, pengabdian sosial, studi ke luar negeri, atau internship di perusahaan. 

    Bagi para BINUSIAN, apa kamu sudah menentukan pilihan mana yang akan diambil? Bagaimana jika mengambil opsi magang di perusahaan? Berikut cerita Citra, mahasiswa jurusan Manajemen yang pernah bekerja magang selama 6 bulan di Maybank. Siapa tahu kisah ini bisa menginspirasimu. 

    Proses Rekrutmen Program Internship di Maybank

    Internship

    Sebelum bekerja sebagai pegawai magang, Citra terlebih dahulu menjalankan proses perekrutan yang difasilitasi oleh BINUS UNIVERSITY. Sama seperti perusahaan pada umumnya, proses rekrutmen diawali dengan mengirimkan CV terbaru. Setelah dokumen yang dikirimkan memenuhi persyaratan, ia pun diundang untuk menjalani serangkaian tes lain dan wawancara oleh user

    Begitu dirinya dinyatakan lolos, ia pun diundang ke dalam sebuah obrolan grup melalui WhatsApp terkait detail pelaksanaan program internship. Hari magang pertama pun tiba. 

    Bekerja di Bawah Naungan Divisi Human Capital

    Citra bekerja di bawah divisi Human Capital, tepatnya di bagian Rewards Organization Development & Strategy. Selama 6 bulan magang di Maybank ada banyak sekali pengalaman yang ia dapatkan melalui tugas-tugas yang diberikan. 

    Di periode awal, ia mendapat tugas untuk menyusun ulang Standar Operasional Prosedur (SOP), kemudian menyusun Human Capital Risk Control dan membuat sales insentif plan. 

    Tugas terakhir yang ia kerjakan saat bekerja magang di Maybank adalah menjadi panitia acara Maybank Go Ahead Challenge yang merupakan lomba debat antar mahasiswa seluruh Indonesia.

    Maybank Go Ahead Challenge, Jadi Pengalaman Tak Terlupakan Selama Magang

    Di antara sekian banyak tugas yang ia dapatkan, baginya tergabung sebagai kepanitiaan Maybank Go Ahead Challenge menjadi pengalaman paling berkesan. Selain bekerja bersama karyawan Maybank Indonesia, ia juga mendapat kesempatan berkolaborasi dengan beberapa pegawai Maybank Malaysia yang datang ke Indonesia untuk membantu menyukseskan acara tersebut. 

    Berada satu tim dengan pegawai dari Malaysia membuatnya belajar mengenai budaya kerja negara lain yang menurutnya berbeda dengan cara kerja orang-orang di Indonesia. Meski begitu, perbedaan cara kerja yang timbul di antara mereka tak menjadi masalah besar. Justru dari perbedaan itulah mereka belajar saling menghargai dan timbul rasa kekeluargaan yang luar biasa. 

    Menariknya, meski sudah tak lagi magang di Maybank, Citra masih berhubungan baik dengan beberapa rekan kerjanya di Maybank Malaysia, lho

    Kesan Selama Internship di Maybank

    Ada banyak sekali ilmu yang ia dapatkan selama bekerja magang di Maybank Indonesia. Beberapa di antaranya adalah ia dapat mengembangkan ilmu manajemen yang dipelajari di kampus sekaligus belajar budaya kerja dari lingkungan yang luar biasa. Bicara soal tantangan, ia pernah mengalami kesulitan untuk mengerjakan suatu proyek yang mengusung tema virtual reality. Meski begitu, ia tak menyerah dan terus belajar agar bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Di sisi lain, ia beruntung karena mendapatkan rekan kerja yang begitu suportif. 

    Itulah cerita singkat dari Citra sebagai peserta internship di Maybank. Tertarik untuk mengambil program internship di perusahaan? Atau justru lebih tertarik dengan pilihan belajar ke luar negeri? Apa pun pilihanmu, Program (2+1)+1 ini hadir untuk membantu para BINUSIAN mendapatkan pengalaman luar biasa sebelum nantinya lulus dan masuk ke dunia kerja.