BINUS UNIVERSITY

    Tips Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa Rantau di Bekasi. Apa Saja?

    Memasuki jenjang perkuliahan, merantau ke Bekasi bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin mendapatkan pendidikan terbaik dari salah satu perguruan tinggi swasta terkenal di Indonesia yaitu BINUS UNIVERSITY. 

    Menjadi mahasiswa rantau di Bekasi memang tidak mudah, apalagi kalau ini adalah pengalaman pertama tinggal jauh dari orang tua. Ada sejumlah persiapan yang harus dilakukan sebelum menetap di kota orang dalam waktu yang lama. 

    Selain mengurus administrasi kuliah, kamu juga perlu berburu kos-kosan, sampai belajar keterampilan mengolah keuangan agar uang saku pemberian orang tua cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Buat kamu yang punya kebiasaan boros, coba ikuti tips mengelola finansial berikut ini. 

    Keterampilan

     

    • Buat Skala Prioritas

    Tips pertama adalah buat skala prioritas dengan menyusun kebutuhan yang bersifat penting sampai kebutuhan yang sifatnya bisa ditunda. Lewat cara ini diharapkan kamu bisa hidup lebih bijak dalam mengeluarkan uang sesuai kebutuhan. 

    Selain melihat faktor urgensi, penyusunan skala prioritas juga bisa dilakukan berdasarkan kesempatan yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan tersebut, jangka waktu, kemampuan finansial, sampai dengan pertimbangan harga. 

    Setelah mendapatkan skala prioritas, selanjutnya buatlah pos-pos keuangan, misalnya jatah bayar kos, biaya semester, dan uang jajan. 

    • Catat Setiap Pengeluaran

    Cara kedua untuk mengasah keterampilan mengatur keuangan adalah mencatat setiap pengeluaran sekalipun nominalnya tak seberapa. Meski terdengar sepele, tetapi cara ini mampu membawa sejumlah manfaat seperti lebih menghargai keberadaan uang sehingga tidak mudah menyia-nyiakannya, tahu berapa nominal yang dikeluarkan per hari, disiplin dalam membelanjakan uang, serta sebagai bahan evaluasi terkait gaya hidupmu. 

    Membuat catatan pengeluaran sebenarnya cukup mudah kok. Kamu bahkan bisa melakukannya di waktu luang. Oleh karena itu usahakan untuk melakukan cara ini ya kalau tak ingin uang cepat habis sementara kiriman dari orang tua tak kunjung tiba. 

    • Biasakan Menabung Walau Sedikit

    Kadang menabung jadi hal paling sulit dilakukan saat merantau. Meski begitu bukan berarti kamu tak bisa melakukannya. Saat membuat pos-pos pengeluaran, coba sisihkan sejumlah uang untuk ditabung. Sekalipun nominalnya tidak begitu besar, tetapi jika dilakukan secara rutin uang yang terkumpul bisa jadi dana darurat suatu hari nanti. 

    Untuk meminimalisasi kebiasaan tarik uang dari tabungan, kamu dapat meletakkan tabungan ke rekening tanpa ATM. Jadi, kalau mau menggunakan dana tersebut nasabah harus mengambilnya melalui teller bank. Proses yang tidak praktis ini cenderung membuat orang enggan bolak-balik ke bank untuk mengambil uang. 

    • Hemat Makan Siang dengan Membawa Bekal

    Selain biaya kos, uang makan kerap membuat pengeluaran membengkak tanpa disadari. Di sinilah pentingnya memiliki keterampilan memasak. Kalau mau hemat, jangan ragu membawa bekal sendiri. Biasanya sekali masak makanan yang ada bisa untuk memenuhi jatah sarapan, makan siang, bahkan makan malam. 

    Untuk lebih hemat lagi saat berbelanja, pandai-pandailah menawar, mencari toko termurah, serta memilih bahan yang murah untuk dimasak. Jika ada biaya makan yang tersisa, kamu bisa memasukkannya ke dalam pos tabungan. 

    • Ambil Kerja Part Time

    Tips terakhir adalah mencari kerja part time. Cara satu ini jelas bisa menambah uang bulananmu selama jauh dari orang tua. Supaya tidak mengganggu waktu kuliah, pilihlah pekerjaan yang sifatnya remote guna menghemat tenaga. Beberapa keterampilan yang bisa dimanfaatkan untuk mencari kerja part time secara remote adalah desain, menulis, kemampuan menerjemahkan, serta mengelola media sosial. 

    Bukan hanya menambah pemasukan, mengambil kerja part time bisa membuatmu punya pengalaman kerja yang nantinya dapat menjadi nilai plus saat meniti karier setelah lulus kuliah. 

    Itulah 5 cara mengatur keuangan yang bisa kamu praktikkan. Sekali lagi mengelola uang bulanan memang tidak mudah. Untuk mendapatkan keterampilan tersebut kamu hanya perlu melakukan 5 tips di atas hingga semuanya menjadi terbiasa. 

    Cara lain untuk belajar mengenai keuangan adalah, kamu bisa mengambil jurusan Akuntansi yang digelar oleh BINUS UNIVERSITY Bekasi. Beberapa kurikulum di dalamnya membahas tentang teori ekonomi, pajak, dan audit.