BINUS UNIVERSITY

    Suka Duka Mahasiswa BINUS UNIVERSITY Internship di Kawan Lama. Intip Yuk!

    Pada masa perkuliahan mahasiswa akan mendapatkan peluang untuk merasakan dunia kerja secara real melalui kegiatan internship.  Begitu pula dengan mahasiswa BINUS UNIVERSITY. 

    Melalui program (2+1)+1, BINUS UNIVERSITY memberi kesempatan selama satu tahun bagi para BINUSIAN untuk memilih salah satu dari 5 program enrichment yang tersedia, seperti pengabdian sosial, penelitian, studi ke luar negeri, merintis usaha dari nol, atau magang di perusahaan 

    Jika ingin mendapatkan pengalaman kerja sebelum lulus, kamu bisa memilih opsi bekerja praktik di perusahaan seperti yang dilakukan mahasiswa bernama Kevin ini misalnya. 

    Kira-kira bagaimana suka duka Kevin menjalani program magang selama 4 bulan di Kawan Lama? Simak cerita lengkapnya berikut ini, yuk!

    Sekilas Mengenai Kawan Lama

    Internship

    Sejarah Kawan Lama Group dimulai pada tahun 1955 ketika Wong Jin mendirikan sebuah toko perkakas sederhana di bilangan Glodok, Jakarta.   

    Saat ini Kawan Lama sudah memiliki sejumlah usaha yang bergerak di bidang retail, food and beverages, service and property, manufaktur, e-commerce, dan industrial

     

    Pengalaman Internship di Kawan Lama

    Kevin adalah mahasiswa jurusan International Business Management (IBM) BINUS UNIVERSITY yang sempat merasakan pengalaman magang di Kawan Lama selama 4 bulan. Sebelum bekerja sebagai pegawai internship, ia harus melalui sejumlah proses rekrutmen mulai dari psikotes sampai wawancara dengan user

    Begitu dinyatakan lolos rekrutmen, Kevin kemudian ditempatkan di divisi Finance dan bertanggung jawab melakukan pemeriksaan ulang terkait sales order serta data purchase order yang masuk. Setelah pengecekan selesai, ia akan membuat kuitansi, invoice, serta invoice pajak untuk selanjutnya ditagihkan kepada pelanggan.  

    Bekerja sebagai pegawai magang di Kawan Lama tak selamanya menyenangkan. Menurut Kevin, setiap akhir bulan ia kerap dibuat kesulitan terkait banyaknya tugas yang diberikan. Ya, akhir bulan menjadi momen tersibuk bagi divisi Finance karena harus melakukan pelaporan di akhir periode atau biasa dikenal dengan tutup buku. 

    Untuk mengatasi kesulitan tersebut ia berusaha mengorganisir pekerjaan yang diberikan agar prosesnya jadi lebih efektif dan efisien sekaligus bisa diselesaikan secara tepat waktu. Bicara soal pengalaman tak terlupakan, Kevin mengungkapkan bahwa dirinya pernah merasakan kerja lembur hingga pukul 8 malam untuk menyelesaikan proyek dari pemerintah. 

    Kesan terakhir bagi Kevin selama magang di Kawan Lama adalah belajar lebih disiplin dalam menjalankan pekerjaan, mengembangkan diri agar lebih baik dari hari kemarin, serta belajar terkait persaingan di dunia kerja.  

     

    Manfaat Menjadi Pegawai Internship

    Buat kamu yang akan mengikuti program magang, semangat ya! Sebab, program satu ini akan memberimu sejumlah manfaat yang berguna untuk menapaki karier di masa mendatang. Cek keuntungan mengikuti kerja magang berikut ini. 

    • Memberikan Pengalaman Kerja

    Kamu pasti pernah menjumpai lowongan pekerjaan yang mengharuskan pelamarnya memiliki pengalaman di bidang tersebut, bukan? Bagi fresh graduate hal tersebut pasti menjadi beban tersendiri. 

    Nah, untuk menyiasati hal tersebut kamu bisa mengikuti program internship terlebih dahulu. Dengan melakukan magang, kamu bisa mendapatkan pengalaman kerja layaknya lingkungan kerja sesungguhnya. 

     

    • Meningkatkan Jaringan

    Manfaat kedua adalah membangun jaringan atau networking. Mengapa hal itu penting? Bila kamu dikenal rekan-rekan kerjamu dengan baik, kemungkinan besar orang akan menaruh kepercayaan kepadamu. Jika nantinya tempat kamu magang membuka lowongan kerja sebagai karyawan tetap, kesempatan untuk dihubungi kembali pun terbuka lebar. 

     

    • Mendapatkan Referensi Kerja

    Keuntungan magang yang terakhir adalah mendapatkan referensi kerja. Tahukah kamu bahwa referensi kerja dapat meningkatkan nilai jualmu? Itu sebabnya, selama magang usahakan untuk memberikan kinerja yang maksimal serta binalah hubungan baik dengan atasan sekaligus rekan kerja agar bisa memperoleh referensi kerja. 

    Itulah pengalaman singkat dari salah satu mahasiswa BINUS UNIVERSITY yang pernah mengikuti program internship di Kawan Lama sebagai bagian dari program (2+1)+1 beserta manfaat melakukan magang yang perlu kamu tahu. Semoga kamu bisa mengambil pelajaran dari kisah di atas, ya!