BINUS UNIVERSITY

    Seperti Apa Pengalaman Melinda Tanoto Jalani Magang di Perusahaan E-Commerce?

    Sebagai kampus swasta nomor 1 di Indonesia, BINUS UNIVERSITY selalu berupaya yang terbaik demi menghasilkan lulusan berkualitas. Salah satu program andalan BINUS UNIVERSITY untuk menciptakan alumni yang memiliki pengalaman bekerja di perusahaan global dan berkecimpung di bidang entrepreneurship adalah program (2+1)+1. Apa itu?

    Program (2+1)+1: Ajak Mahasiswa Meraih Pengalaman Kuliah Multi Kampus dan Terjun ke Dunia Kerja 

    Pengalaman

    Dalam program ini, bisa dikatakan bahwa masa perkuliahan akan dibagi menjadi 3 sesi, 2 tahun kuliah di kampus asal, 1 tahun lagi kuliah di BINUS UNIVERSITY kota lain, dan 1 tahun lainnya mahasiswa bebas memilih satu di antara 5 program enrichment yang tersedia, yaitu:

    1. Penelitian: mahasiswa akan dibimbing oleh peneliti terbaik dari dalam dan luar negeri supaya bisa menghasilkan inovasi cemerlang dan berguna untuk masyarakat. 
    2. Pengabdian sosial: merupakan program pemberdayaan diri untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Selama menjalankan aksi sosial, para mahasiswa yang terlibat akan dibantu Teach For Indonesia.
    3. Merintis usaha: buat mahasiswa yang berjiwa bisnis, kamu bisa memilih program ini. Selama satu tahun mahasiswa akan mendapat bimbingan  dari dosen berpengalaman terkait proses merintis bisnis mulai dari nol sampai bisnis stabil. 
    4. Magang di perusahaan: di program ini, mahasiswa akan terjun langsung ke dunia kerja sebagai pegawai magang. Nantinya, perusahaan tempatmu bekerja akan memberikan job description sesuai dengan mata kuliah yang kamu tempuh.
    5. Studi ke luar negeri: ingin merasakan pengalaman belajar di negara orang? Maka jangan lewatkan program satu ini. 

    Dari 5 program enrichment di atas, kira-kira opsi mana nih yang akan kamu pilih? Kalau mau tahu bagaimana serunya terjun langsung ke dunia kerja, coba simak pengalaman Melinda Tanoto magang di salah satu perusahaan ecommerce terbesar di Indonesia berikut ini. 

    Proses Rekrutmen

    Ada beberapa tahap yang harus dijalani Melinda agar bisa menjadi peserta magang di Shopee. Tak jauh berbeda dengan tahap rekrutmen pada umumnya, hal pertama yang  ia lakukan adalah mengirimkan CV terbaru. Setelah lolos proses administrasi, calon peserta akan dihubungi via e-mail dan melanjutkan ke proses psikotes sekaligus interview

    Selain wawancara dengan HRD, jika lolos calon peserta akan diundang untuk mengikuti proses wawancara dengan user. Selesai wawancara, pengumuman lolos atau tidaknya akan dihubungi kembali melalui e-mail. 

    Ada tips nih untuk kamu yang masih berkutat di tahap rekrutmen. Apabila berhalangan hadir saat jadwal wawancara, jangan ragu menghubungi tim rekrutmen guna melakukan penjadwalan ulang wawancara. 

    Pengalaman Bekerja di Bagian Fashion Accesories Divisi Business Development

    Bagi Melinda pengalaman magang di salah satu perusahaan e-Commerce terbesar di Indonesia adalah momen menarik yang tak terlupakan. Selama 4 bulan bekerja pada divisi Business Development, ia banyak membantu tim Relationship Management (RM) dalam mengurus seller, mencari hot items untuk dijadikan produk baru, sekaligus mencari seller baru yang menjual hot items. 

    Seluruh tanggung jawab di atas berhasil dijalankannya tanpa kendala. Menurut Melinda, ia tidak pernah kesulitan dalam bekerja, sebab rekan satu timnya dengan senang hati akan membantu. 

    Satu momen yang tak akan pernah dilupakan adalah perayaan bersama dengan seluruh divisi di perusahaannya yang juga melibatkan kreativitas para peserta internship. Pada perayaan itu, suasana kantor terasa lebih meriah dan menyenangkan. Baginya pengalaman magang ini membuatnya lebih tahu bagaimana cara kerja perusahaan e-commerce sekaligus ketatnya persaingan di dunia digital. 

    Itulah informasi singkat terkait program (2+1)+1 BINUS UNIVERSITY dan ringkasan  pengalaman Melinda Tanoto selama mengikuti Enrichment Program. Buat kamu yang ingin mengikuti jejak Melinda, yuk siapkan dirimu sebaik mungkin selama masa perkuliahan! Selain bekerja magang di perusahaan, kamu masih mengambil opsi lain seperti penelitian, pengabdian masyarakat, merintis usaha, atau belajar di luar negeri.