BINUS UNIVERSITY

    Pengalaman Mengasah Keterampilan Menulis dan Desain Lewat Program Enrichment di Jatim Park Group

    Sebagai mahasiswa BINUS UNIVERSITY, Amanda Aurellia wajib mengikuti program enrichment selama satu tahun pendidikannya. Program enrichment sendiri merupakan bagian dari program unggulan BINUS UNIVERSITY yaitu (2+1)+1.

    Program (2+1)+1 hadir untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di BINUS UNIVERSITY. Selama 2 tahun, BINUSIAN akan belajar di kampus asal, kemudian 1 tahun berikutnya mereka bisa belajar di kampus BINUS UNIVERSITY yang ada di kota lain. 

    Sementara itu, 1 tahun sisanya diisi oleh program enrichment yang bertujuan mempersiapkan mahasiswa supaya memiliki pengalaman nyata dan skill yang bisa menunjang tujuan mereka setelah lulus, baik kerja maupun melanjutkan studi S2. 

    Program enrichment terdiri dari 5 kegiatan, yaitu penelitian, pengabdian sosial, merintis bisnis, kerja magang, dan studi ke luar negeri. Menariknya, BINUSIAN bebas memilih satu dari kelima program tadi. 

    Bagi Amanda Aurellia, ia memutuskan mengasah keterampilan miliknya  dengan bekerja magang selama 10 bulan di Jatim Park Group. Bagaimana kisahnya? 

    Proses Rekrutmen

     

    Keterampilan

    Proses rekrutmen untuk posisi magang di Jatim Park Group terbilang singkat. Amanda Aurellia hanya perlu mengikuti proses wawancara oleh Head PR & Marketing sambil menyerahkan CV terbaru. Setelah interview, lolos atau tidaknya seleksi akan diumumkan beserta jadwal masuk kantor bagi pelamar yang diterima magang di Jatim Park Group. 

    Keterampilan yang Didapat Selama 10 Bulan Magang di Jatim Park Group

    Terhitung sejak tanggal 17 Februari 2020 sampai tanggal 1 Januari 2021 mendatang, Amanda Aurellia, mahasiswa BINUS UNIVERSITY Malang jurusan Public Relations ini resmi menjadi pegawai magang di Jatim Park Group selama 10 bulan. Sesuai dengan background pendidikan yang diambil semasa kuliah, ia pun ditempatkan di divisi PR & Marketing. 

    Penasaran seperti apa pengalaman bekerja sebagai intern public relation Jatim Park Group? 

    Menurut cerita Amanda, program enrichment di Jatim Park Group ini memberinya sejumlah keterampilan baru. Sebagai public relations, ia bertanggung jawab dalam membuat press release, mengumpulkan berita, sampai membuat konten sekaligus caption untuk media sosial seperti Instagram, YouTube, dan Twitter. Jika ada gelaran acara di Jatim Park, Amanda bertugas menangani media-media yang akan meliput kegiatan tersebut. 

    Baginya, kegiatan magang ini adalah pengalaman berharga sebab pegawai intern yang ada di sana selalu diberi kesempatan untuk menyampaikan ide-ide kreatif yang akan membantu kelancaran setiap kegiatan yang digelar oleh Jatim Park. 

    Bicara mengenai kendala selama magang, Amanda mengungkapkan bahwa tidak ada kesulitan yang berarti. Hanya saja ketika Indonesia dinyatakan darurat Covid-19, Amanda harus melakukan seluruh pekerjaannya secara remote atau work from home (WFH). Dalam kondisi ini komunikasi dilakukan secara daring melalui WhatsApp, Zoom, atau Google Meet. Alhasil beberapa konten yang ia kerjakan kurang mendapatkan feedback dari rekan kerjanya. Terkadang menggali ide untuk membuat konten pun terasa sulit jika harus WFH. 

    Meski program magangnya masih berjalan sekitar satu bulan lagi, tetapi ia merasa betah bekerja di bawah divisi PR & Marketing Jatim Park Group. Setiap momen yang ada terasa menyenangkan karena dikelilingi oleh rekan kerja yang suportif dan bersahabat. Apalagi pekerjaannya tak mengharuskannya untuk selalu tinggal di dalam kantor. 

    Bukan hanya itu, saat ini ia jadi lebih percaya diri dengan keterampilan menulisnya. Jika dulu ia sempat ragu dengan caption atau press release yang dibuat, kini ia merasa keterampilan menulisnya semakin meningkat karena sudah terbiasa melakukan pekerjaan tersebut. Di sisi lain, Amanda juga mendapatkan ilmu baru terkait teknik editing menggunakan Adobe Photoshop. 

    Oh iya, program magang ini juga menjadi wadah bagi Amanda untuk meningkatkan keterampilan softskill-nya, lho. Ia belajar mengenai cara berkomunikasi dengan stakeholder, media, dan pelanggan sampai belajar bekerja sama dalam tim. 

    Sebagai penutup Amanda berterima kasih atas program enrichment dari BINUS UNIVERSITY karena memberinya pengalaman serta ilmu baru yang bermanfaat untuk meniti karier setelah lulus kuliah. 

    Demikian cerita Amanda Aurellia menjalani program enrichment di Jatim Park Group selama 10 bulan. Semoga pengalaman tersebut bisa menginspirasimu, ya!