BINUS UNIVERSITY

    Pengalaman Magang Alumni Akuntansi BINUS UNIVERSITY di PwC

    BINUS UNIVERSITY tidak hanya menawarkan pendidikan di kelas untuk mahasiswa. Program pengayaan atau enrichment memastikan mahasiswa mendapat pengalaman nyata agar siap menghadapi dunia kerja serta masyarakat. Salah satu yang sudah membuktikannya adalah Alvina Oktavia, Binusian yang sempat magang di PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia.

    Apa keuntungan mengikuti program ini? Kisah Alvina bisa menjadi contoh dan inspirasi untukmu.

    Cerita Magang Alvina

    Enrichment

    Alvina merupakan Binusian dari program studi Akuntansi yang mengikuti program enrichment berupa magang (internship). Alvina menjalankan program magang selama empat bulan di Divisi Tax and Legal Services. Sebelum mengikutinya, Alvina harus mengirimkan CV serta menjalani beberapa proses wawancara.

    Selama magang, Alvina melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan mata kuliahnya, contohnya melakukan input data untuk berbagai dokumen penting (e-SPT, billing, data EFIN, ulasan STP), menyusun finalisasi SPT tahunan untuk ekspatriat, hingga membantu dalam pengajuan atau penghapusan NPWP. 

    Alvina juga mendapat tugas yang berkaitan dengan komunikasi profesional, misalnya menghubungi Kantor Pelayanan Pajak jika ada urusan tertentu seperti follow up status pengurusan dokumen tertentu.

    Tantangan Program Magang

    Program enrichment “melempar” mahasiswa ke dunia profesional yang sesungguhnya sehingga pengalaman pertama bisa cukup menantang. Alvina merasakan hal serupa ketika memasuki dunia kerja. Menurutnya, dinamika perusahaan cukup membuatnya kewalahan saat mencoba menyesuaikan antara ilmu dari kelas dan pengalaman nyata.

    Tantangan lainnya adalah menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan. Tidak seperti di kampus, perusahaan menuntut profesionalisme ekstra. Mahasiswa magang juga harus mempelajari sistem dan perangkat perusahaan serta langsung berlatih berkomunikasi secara profesional.

    Untungnya, Alvina mendapat dukungan dan pelatihan selama mengikuti program enrichment. Perusahaan memastikan para senior mendampingi mahasiswa magang dan memberi pelatihan selama seminggu sebelum memasuki lingkungan kerja. 

    Keuntungan Ikut Program Magang

    Berdasarkan kisah Alvina, inilah beberapa keuntungan mengikuti program enrichment berupa magang di perusahaan:

    • Mengalami Lingkungan Kerja Sesungguhnya

    Banyak lulusan universitas yang mengalami kesulitan saat baru bekerja karena tidak terbiasa dengan lingkungannya. Program magang BINUS UNIVERSITY memberi kesempatan Binusian untuk berkenalan dengan lingkungan kerja sebenarnya sebelum lulus. Jika sudah pernah mencicipi lingkungan profesional, proses adaptasi saat mencari kerja setelah lulus akan lebih mudah.

    • Mendapat Wawasan dan Pengalaman Teknis

    Wawasan dan pengalaman teknis dari pengalaman nyata tentu berbeda dari bangku kuliah. Setiap perusahaan memiliki sistem khusus untuk mengelola berbagai departemen, termasuk keuangan dan perpajakan. Mahasiswa magang bisa langsung belajar menggunakan perangkat serta menempuh langkah-langkah formal pengurusan sesuatu. Hal ini penting untuk adaptasi sekaligus menambah pengalaman nyata.

    • Mendapat Soft Skills

    BINUS UNIVERSITY menuntut mahasiswa memiliki soft skills di samping keahlian teknis dan wawasan akademis. Ketika memasuki lingkungan kerja sebenarnya, mahasiswa akan belajar hal-hal seperti kemampuan membagi waktu, berkomunikasi secara profesional, serta berinteraksi dengan beragam orang. Hal ini penting sebagai bekal bergaul saat benar-benar memasuki lapangan pekerjaan sepenuhnya setelah lulus.

    Enrichment juga mendorong mahasiswa untuk lebih aktif dalam kegiatan harian di perusahaan. Selama magang, Alvina harus aktif mencatat, bertanya, dan mengamati walau sudah ada senior yang siap mengajarinya.

    Program Enrichment BINUS UNIVERSITY Lainnya

    Magang bukan satu-satunya program pengayaan yang tersedia. Mahasiswa bisa memilih di antara beberapa program sesuai minat spesifiknya. Peminat bisnis bisa merintis bisnis dengan dukungan dosen-dosen, baik dalam hal penyusunan rencana bisnis maupun menemukan sumber modal. Peminat bidang penelitian bisa bergabung dengan tim riset dalam serta luar negeri. 

    Binusian juga bisa mengikuti program belajar ke kampus luar negeri yang bekerja sama dengan BINUS UNIVERSITY. Bagi yang berminat dengan kegiatan sosial, ada aktivitas pengabdian masyarakat seperti program Teach for Indonesia untuk membiasakan mahasiswa dengan interaksi luas dan kegiatan komunitas.

    Program enrichment adalah salah satu andalan BINUS UNIVERSITY untuk menyiapkan alumni berkualitas serta siap bersaing di dunia profesional segera setelah lulus. Aktivitas magang membantu mahasiswa membentuk kompetensi untuk menghadapi persaingan masa depan, terutama di era teknologi digital.