BINUS UNIVERSITY

    Nonton Film di Bioskop Drive-In Tangerang, Ternyata Tak Kalah Seru!

    Pandemi COVID-19 telah mengubah kebiasaan masyarakat masa kini. Untuk menghindari virus menyebar, ada aturan jaga jarak yang harus dipatuhi. Kerumunan massa dilarang karena berpotensi menjadi sumber penularan. Bukan hanya event-event yang dibatalkan, tetapi juga kegiatan yang mengharuskan interaksi dan berkumpul di suatu tempat.

    Salah satunya, kegiatan menonton film di bioskop. Sejak pandemi berlangsung, bioskop tidak lagi beroperasi demi meminimalkan penyebaran virus. Para penikmat film kehilangan tempat untuk melakukan hobinya. Meskipun sensasinya berbeda, menonton film kini hanya bisa dilakukan di rumah melalui platform yang tersedia.

    Bioskop Drive In di Tangerang

    Nonton Film

    Kabar gembira bagi kamu yang suka menonton film, kini ada cara menonton yang lebih seru, yaitu drive-in. Inovasi ini dilakukan oleh Drive-in Senja yang berlokasi di Kota Tangerang. Konsepnya sama seperti bioskop pada umumnya, hanya saja ditonton dari dalam mobil. 

    Cara nonton film dengan drive-in telah ada sejak 1980-an. Namun, perkembangan zaman membuatnya tidak lagi eksis. Banyak orang lebih memilih untuk menonton di bioskop dalam ruangan yang dinilai lebih nyaman. Saat pandemi, konsep drive-in kembali dinilai cocok.

    Tangerang merupakan kota pertama yang dipilih oleh Drive-In Senja untuk mengaplikasikan metodenya. Dukungan dari pemerintah setempat sekaligus lokasi yang strategis menjadi pendorong utamanya. 

    Dari bioskop terbuka ini, para penonton dapat menikmati aneka film dengan kualitas yang mirip seperti di dalam bioskop. Bukan hanya itu, layarnya pun sangat lebar sehingga memanjakan kamu untuk menonton dengan puas.

    Karena masih dalam masa pandemi, protokol kesehatan tetap dilakukan secara ketat. Para pengunjung akan dicek suhunya dan mobil disemprot dengan disinfektan. Untuk meminimalkan sentuhan, tiket menggunakan QR code.

    Tips Menonton Ala Drive-In

    Nonton Film

    Jika kamu memiliki kesempatan untuk menonton bioskop ala drive-in, ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan.

    • Tetap Waspada

    Meskipun kamu tidak bertemu dengan orang lain saat menonton, ada baiknya kamu tetap menggunakan masker. Saat mulai masuk ke area yang ditentukan, ada petugas yang akan mengecek suhu tubuh penumpang mobil serta melakukan scan terhadap kode tiket. Demi menghindari risiko tertular, kamu harus selalu waspada terhadap interaksi apa pun.

    • Jumlah Penumpang

    Demi kenyamanan dan keamanan, sebaiknya mobil tidak diisi oleh banyak orang. Untuk kendaraan berkapasitas 4 orang, jumlah penumpang yang dianjurkan adalah 2-3 orang. Hal ini dilakukan agar kamu tetap nyaman saat berada di mobil yang sedang berhenti dalam waktu cukup lama. 

    • Jarak Antara Mobil

    Bukan hanya menjaga jarak antar manusia, saat menonton bioskop drive-in, kamu juga wajib menjaga jarak antar mobil. Jarak yang dianjurkan adalah satu meter tiap mobil. Agar tetap aman, kamu sebaiknya tidak keluar dari mobil jika tidak benar-benar butuh, termasuk saat film sudah dimulai. Karena itu, sebaiknya persiapkan diri dengan baik sebelum tiba di lokasi pemutaran film.

    • Datang Lebih Awal

    Open gate bioskop akan dilakukan 1 jam sebelum pemutaran film dan ditutup 15 menit sebelum film diputar. Datanglah lebih awal agar memudahkan pengaturan kendaraan. 

    Drive-In Senja juga sudah mulai menjajal kota-kota selain Tangerang yaitu Bali, Surabaya, dan Bandung. Kamu dapat mengecek jadwalnya di media sosial dan melakukan pembelian tiket beberapa waktu sebelumnya. 

    Konsep drive-in yang populer beberapa dekade sebelumnya merupakan salah satu wujud kreativitas para pegiat film. Hal ini untuk memastikan film dapat dinikmati oleh masyarakat secara optimal dalam kondisi apa pun. 

    Ilmu tentang film dan seluk-beluknya juga dapat dipelajari melalui pendidikan formal seperti yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY. Jurusan Film di universitas ini menawarkan dua peminatan yaitu Film Production dan Film Studies. Nah, kamu dapat belajar untuk membuat dan menyajikan film yang baik dan menarik dengan kuliah di sini.