Bagi sebagian mahasiswa masa kini, nongkrong seolah menjadi ritual wajib. Jika tujuan nongkrong untuk mengerjakan tugas, biasanya dilakukan di kafe. Pasalnya, kafe memiliki fasilitas lengkap, seperti kursi yang nyaman, WiFi, dan makanan.

Namun, mahasiswa yang tujuan nongkrongnya untuk memperluas jaringan, umumnya memilih tempat selain kafe. Semisal di daerah Tangerang, taman dan kawasan wisata kerap dijadikan lokasi nongkrong.

Ingin tahu tempat terbaik di Tangerang untuk nongkrong bersama teman-teman? Simak ulasan berikut ini!

Mahasiswa

  • Alun-Alun Tangerang

Alun-Alun Tangerang merupakan ruang terbuka hijau yang berlokasi di Sukarasa. Kawasan tersebut dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang. Lalu, pada 14 Oktober 2010, alun-alun diserahkan kepada Pemerintah Kota Tangerang.

Luas Alun-Alun Tangerang sekitar 10.697 meter persegi dengan berbagai fasilitas, mulai dari fasilitas olahraga, lapangan untuk kegiatan ekstrakurikuler, sampai arena khusus event seni budaya.

Selain itu, Alun-Alun Tangerang memiliki taman cukup luas yang biasa dijadikan tempat nongkrong. Sepanjang taman juga dilengkapi beberapa bangku untuk beristirahat. Sebagai penunjang, pemerintah setempat memperluas area parkir kendaraan, musala, dan menambah fasilitas kamar mandi umum.

  • Puspem Tangerang

Nama “Puspem” merupakan singkatan dari pusat pemerintahan. Lokasinya berada di tengah kota, tepatnya di depan Masjid Raya Al A’zhom. Kawasan ini tak pernah sepi pengunjung maupun pedagang kuliner.

Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, di sekitar Puspem ditanami beberapa pohon besar. Di samping itu, tersedia area rumput sintetis sebagai tempat bermain bagi anak-anak.

Sementara itu, kalangan mahasiswa umumnya memilih menggelar tikar di depan Puspem sambil menikmati aneka kuliner. Terlebih saat bulan puasa, mereka berkumpul di tempat tersebut mulai pukul empat sore.

  • Taman Lampion

Kamu pernah melewati Jalan Moch. Thamrin, Cikokol, Tangerang? Tak jauh dari tempat itu, ada sebuah taman berhias lampion berukuran raksasa. Ketika malam hari, semua lampion menyala dengan bentuk beragam. Contohnya, bentuk naga, tulip, kincir angin, dan 12 rasi bintang.

Tidak hanya menampilkan lampion, taman juga menjadi tempat pentas seni dan budaya. Jadi, sambil nongkrong, kamu bisa menyaksikan atraksi pengisi acara. Selain itu, pengunjung dapat menikmati kuliner ala food court dengan harga terjangkau.

  • Hutan Kota Serpong

Hutan Kota Serpong adalah tempat alternatif untuk mau yang ingin nongkrong di alam terbuka. Konsep hutan tersebut mirip Kebun Raya Bogor dengan beragam pohonnya, sungai berbatu, serta jembatan merah. Total luas kawasan tersebut sekitar 9 hektare.

Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, Hutan Kota Serpong dilengkapi fasilitas kursi panjang, area parkir, serta padang rumput. Selain itu, pengunjung bisa menikmati fasilitas ayunan kain yang digantung di pepohonan.

Jika ingin berkumpul bersama teman-teman, kamu bisa memilih tempat di gazebo. Bentuk gazebo berupa rumah panggung dengan ukuran cukup luas. Di samping gazebo, kamu juga dapat menggelar tikar di padang rumput untuk dijadikan tempat nongkrong.

  • Tanah Tingal

Berlokasi di Jalan Merpati Raya, Ciputat, Tangerang, Tanah Tingal memiliki luas sekitar 10 hektare. Kawasan ini dilengkapi fasilitas wisata cukup lengkap, seperti hutan, danau, sungai, dan taman.

Biasanya, taman di kawasan Tanah Tingal dijadikan tempat nongkrong favorit. Pasalnya, area tersebut cukup luas, asri, dan hijau. Selain itu, di taman terdapat beberapa kursi panjang dengan warna beragam.

Kalau kamu ingin berfoto, Tanah Tingal menyediakan beberapa spot instagenic, mulai dari pepohonan yang rimbun, pendopo, rumah ndekem, hingga area sawah. Beberapa pohon berbentuk unik, ornamen Jawa, dan zona burung juga dapat dijadikan lokasi swafoto.

 

Itulah lima rekomendasi tempat nongkrong di Tangerang untuk mahasiswa. Ruang terbuka dengan panorama menarik dan fasilitas lengkap kerap menjadi pilihan anak muda. 

Jika kamu ingin tahu cara membuat rancangan outdoor tersebut, pastikan kuliah di Jurusan Visual Communication Design-Animation BINUS UNIVERSITY di kampus Alam Sutera. Jurusan ini mengajarkan estetika seni visual dan permodelan 3D untuk merancang suatu lokasi.