BINUS UNIVERSITY

    Menyimak Pengalaman Internship Mahasiswa BINUS UNIVERSITY di Pharos

    BINUS UNIVERSITY menawarkan program pengayaan berupa internship (magang) di berbagai perusahaan demi meningkatkan kualitas lulusannya. Perusahaan industri farmasi Pharos Indonesia adalah salah satu yang bekerja sama dengan BINUS UNIVERSITY untuk menampung mahasiswa magang.

    Bagaimana pengalaman magang meningkatkan kompetensi lulusan dalam menghadapi dunia kerja? Berikut penjelasannya lewat kisah dua mahasiswa magang dari BINUS UNIVERSITY.

    Kisah Clarissa dan Michael

    Internship

    Clarissa Audrey dan Michael Tjitra adalah Binusian yang berkesempatan mengikuti program internship di Pharos Indonesia. Keduanya magang selama satu tahun, mengerjakan berbagai tugas yang sesuai dengan program studi mereka. Clarissa merupakan mahasiswa jurusan IT, sedangkan Michael jurusan Sistem Informasi.

    Clarissa menjadi karyawan magang IT dengan keahlian sebagai engineer dan developer. Di sini, Clarissa menerapkan beragam keahlian seperti Python, web crawling, JavaScript, SQL, dan masih banyak lagi. Sementara itu, Michael menjadi engineer magang yang menawarkan keahlian menerapkan berbagai bahasa pemrograman.

    Clarissa dan Michael tidak hanya belajar dari para staf senior, tetapi juga merasakan langsung suasana kerja di lapangan profesional yang berbeda dari bangku kuliah. Selain mengasah keahlian teknis, keduanya mengembangkan keahlian interpersonal seperti kerja sama tim, komunikasi profesional dan personal, serta manajemen waktu. Sebagai mahasiswa, semua keahlian ini hanya bisa mereka dapatkan dalam program internship di perusahan.

    Mengapa Internship Penting untuk Mahasiswa

    Internship

    Program magang sangat bermanfaat untuk mahasiswa. Testimoni dari Marjuky CH, S. Kom, M.M, General Manager PT Pharos Indonesia yang juga alumni S1 dan S2 BINUS UNIVERSITY, menegaskan manfaat internship dari pengalamannya memandu Clarissa dan Michael. Magang membantu menyiapkan mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja yang suasananya tidak sama dengan bangku kuliah.

    Dalam program magang di Pharos, Clarissa dan Michael tidak sekadar mengerjakan tugas-tugas sesuai keahlian mereka. Deskripsi kerja mereka sesuai dengan materi kurikulum kampus, setara dengan 32 SKS mata kuliah. Hal ini tidak hanya menyesuaikan kompetensi mereka dengan standar kurikulum kampus, tetapi juga membekali mahasiswa magang agar siap menghadapi dunia kerja sungguhan.

    Perusahaan memiliki beragam sistem yang membutuhkan penyesuaian agar karyawan baru bisa menguasai tugasnya. Staf, klien, dan rekan perusahaan juga beragam dan menuntut karyawan menguasai metode komunikasi profesional sekaligus fleksibel. Clarissa dan Michael bisa mempelajari semua ini selama mengikuti program internship di Pharos.

    Peran program magang makin penting terutama dalam menghadapi era digital. Perusahaan yang membutuhkan pakar IT dan komputer makin banyak. Pengalaman seperti Clarissa dan Michael sangat dibutuhkan oleh semua calon lulusan universitas.

    Pilihan Program Pengayaan BINUS UNIVERSITY

    Magang hanyalah satu dari berbagai program pengayaan (enrichment) BINUS UNIVERSITY. Semuanya dirancang untuk menyiapkan mahasiswa agar bisa menghadapi dunia kerja atau komunitas di luar kampus. Program ini biasanya mulai pada semester 5 atau 6 dan berakhir pada semester 7.

    Jika magang bukan pilihan, inilah beberapa program pengayaan yang tersedia:

    • Penelitian

    Penelitian cocok untuk mahasiswa yang berminat di bidang riset. Dalam program ini, dosen dan pakar akan membimbing mahasiswa dalam tim penelitian kampus sesuai bidang studi.

    • Studi ke Luar Negeri

    Ingin mencicipi potensi studi lanjutan atau karir di luar negeri? Pilih program pengayaan belajar di kampus luar negeri yang bekerja sama dengan BINUS UNIVERSITY. 

    • Bisnis Rintisan

    Jajal naluri bisnis dengan mendirikan usaha rintisan sesuai program studi. Dosen akan membimbing mahasiswa dalam membuat rencana bisnis sekaligus mencari sumber modal.

    • Pengabdian Masyarakat

    Mahasiswa yang berminat pada pengabdian masyarakat bisa mengikuti program kampus seperti Teach for Indonesia. Di sini, mahasiswa bisa belajar berinteraksi dengan masyarakat luas serta memahami rincian aktivitas sosial agar terbiasa dengan suasana kerja serupa saat lulus nanti.

    Program internship BINUS UNIVERSITY menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi persaingan di dunia kerja setelah lulus. Pengalaman Clarissa dan Michael membuktikan bahwa magang adalah salah satu pembekalan terbaik oleh kampus berkualitas yang mengincar kompetensi internasional seperti BINUS UNIVERSITY.