BINUS UNIVERSITY

    Lulusan Computer Science BINUS@Bekasi? Peluang Karir Ini Cocok Untukmu

    Pesatnya perkembangan teknologi membuat aktivitas manusia tak lepas dari perangkat komputer dan gadget. Di ranah pendidikan, jurusan kuliah yang berkaitan dengan teknologi seperti computer science pun semakin diminati lantaran dianggap punya peluang karier cemerlang. 

    Salah satu perguruan tinggi yang menyediakan program studi computer science adalah BINUS UNIVERSITY Bekasi. Sejumlah mata kuliah seperti object oriented program, struktur data, jaringan komputer, sistem database, dan big data bisa kamu dapatkan selama menjadi mahasiswa computer science di BINUS UNIVERSITY Bekasi. 

    Setelah menempuh pendidikan selama kurang lebih 4 tahun, berikut deretan profesi yang cocok untuk lulusan computer science. 

    Mahasiswa

    • Data Scientist

    Mahasiswa computer science pasti akrab dengan pelajaran kecerdasan buatan sampai teknologi Hadoop untuk mengelola big data. Kalau kamu menguasai materi tadi, data scientist bisa menjadi profesi yang tepat untukmu. Data scientist sendiri digadang-gadang menjadi karier paling “hot” di abad 21 ini. Bahkan prospek kerjanya meningkat hingga 30 kali lipat dalam sepuluh tahun terakhir. Keren, ya!

    Sebagai data scientist kamu bertugas mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data guna menggali informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan suatu organisasi maupun badan usaha. 

    Selain kemampuan akademik yang mumpuni, seorang data scientist haruslah memiliki rasa penasaran yang tinggi supaya tidak mudah menyerah dalam satu kali percobaan dan bisa menghasilkan informasi paling akurat. 

    Tertarik menjajal profesi satu ini? 

    • Sistem Analis

    Pilihan karier kedua untuk mahasiswa jurusan computer science adalah sistem analis. Sistem analis sebenarnya masih di bawah tim engineering, akan tetapi mereka tidak menghabiskan banyak waktu untuk melakukan coding. Ranah kerja sistem analis ada pada merancang, menganalisis, dan mengimplementasikan sistem. 

    Dalam menjalankan pekerjaannya, ada beberapa tahapan menganalisis sistem yang biasa dipraktikkan oleh sistem analis. Di antaranya adalah mengidentifikasi masalah, memahami cara kerja sistem yang ada, menganalisis, kemudian membuat laporan terkait hasil analisis. 

    Dari cara tadi diharapkan sistem analis mampu menemukan solusi yang tepat untuk menangani aplikasi yang bermasalah. 

    • Programmer

    Mahasiswa lulusan computer science pasti tidak jauh-jauh dari profesi sebagai programmer. Apalagi semasa kuliah kamu jago banget coding untuk menciptakan perangkat lunak komputer maupun smartphone. Ada pun beberapa bahasa pemrograman yang biasa digunakan programmer untuk mengembangkan perangkat lunak adalah Java, Phyton, C, Kotlin, Ruby, dan MySQL.

    Di lapangan, programmer dibagi lagi menjadi beberapa jenis, seperti hardware engineer yang bertugas membuat perangkat mampu bekerja sesuai perintah, web developer, Android developer, dan iOS developer. 

    • Network Engineer

    Selain gadget, di era modern seperti ini masyarakat juga tak bisa lepas dari jaringan internet. Di perusahaan, jaringan internet yang stabil diperlukan untuk menunjang aktivitas bisnis. Di sinilah pernah network engineer.

    Network engineer bertanggung jawab menciptakan koneksi internet yang stabil. Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang network engineer akan merancang jaringan atau biasa dikenal sebagai network architecture. Selain itu network engineer juga bertugas menciptakan jaringan yang aman dari tangan jail hacker serta melakukan konfigurasi seperti proxy server, router, dan DNS. 

    • Database Administrator

    Profesi terakhir yang pas untuk mahasiswa computer science adalah database administrator. Pekerjaan ini menuntutmu untuk menyesuaikan kapasitas database berdasarkan kebutuhan perusahaan. 

    Bila diperinci lagi, database administrator bertanggung jawab melindungi data, mengembalikan data yang hilang, memastikan database bekerja secara efektif, serta membuat izin pengguna baru. 

    Beberapa keterampilan yang dibutuhkan oleh database administrator adalah menguasai bahasa pemrograman database seperti SQL, XQuery, dan Oracle. Sementara itu, kemampuan berpikir logis, analisis secara akurat, kerja sama dalam tim, dan problem solving juga perlukan untuk menunjang kinerja database administrator. 

    Demikian 5 profesi yang cocok untuk kamu lulusan computer science BINUS UNIVERSITY Bekasi. Kira-kira, pekerjaan mana yang menurutmu paling menarik?