Berbeda dengan perguruan tinggi pada umumnya, melalui program (2+1)+1 mahasiswa BINUS UNIVERSITY akan mendapatkan pengalaman belajar yang unik sekaligus berkesan. Selain menempuh pendidikan di kampus aslinya selama dua tahun, BINUSIAN juga diberi kesempatan untuk belajar di kampus BINUS UNIVERSITY yang ada di kota lain. 

Sedangkan satu tahun sisanya kamu berhak memilih salah satu program enrichment yang tersedia, yaitu pengabdian masyarakat, studi keluar negeri, magang di perusahaan, merintis usaha, atau melakukan penelitian. Cerita kali ini datang dari BINUSIAN bernama Alvi yang memilih magang di perusahaan Telkom. Begini kisah lengkapnya. 

Sekilas Mengenai Perusahaan Telekomunikasi Indonesia

Enrichment

Siapa yang tak kenal dengan perusahaan Telekomunikasi Indonesia atau Telkom? Perusahaan milik negara ini masuk ke dalam jajaran industri paling bernilai di Asia Tenggara. Menginjak usia 55 tahun, Telkom selalu konsisten untuk mendukung kemajuan sarana komunikasi antar rakyat Indonesia. 

Bagi mahasiswa yang menjalankan program magang, mencicipi kerja praktik di perusahaan ternama seperti PT. Telekomunikasi Indonesia bisa menjadi pengalaman berharga sekaligus tak terlupakan. 

Laili Alvi Fahira, mahasiswa jurusan manajemen di BINUS UNIVERSITY ini menjadi satu dari banyak mahasiswa yang beruntung bisa melakukan program magang di Telkom selama 10 bulan. 

 

Proses Rekrutmen

Sama halnya dengan melamar pekerjaan, ada beberapa proses yang harus dilalui Laili sebelum akhirnya mendapatkan posisi magang di Telkom. Melalui informasi dari BINUS UNIVERSITY, ia menerima kabar bahwa Telkom membuka peluang bagi mahasiswa yang ingin melakukan internship

Mengetahui informasi tersebut, Laili kemudian menyiapkan sejumlah berkas yang diperlukan, seperti CV dan surat pengantar dari kampus. Setelah lolos seleksi administrasi, ia pun berkesempatan untuk melanjutkan ke proses wawancara. 

Usai wawancara, Laili pun berhasil diterima sebagai peserta magang dan terlibat dalam program Digital Amoeba milik Telkom Indonesia. Oh iya, buat kamu yang belum tahu, Digital Amoeba adalah sebuah program yang memfasilitasi karyawan Telkom untuk mendirikan start-up digital sendiri.  

Pengalaman Bekerja di 4 Divisi

Tak tanggung-tanggung, selama magang di Telkom Indonesia, Laili mendapatkan kesempatan bekerja di 4 divisi sekaligus, lho.  Mulai dari divisi inkubasi, IT, Finance, sampai Human Capital, pun pernah ia jajal.  

Suka Duka Pengalaman Magang

Bagi Laili bekerja sebagai peserta magang tak selalu berjalan mulus. Ada kalanya ia mengalami hambatan, seperti yang terjadi saat bekerja di divisi IT. Kala itu, Laili merasa kesulitan dalam mengelola informasi dan menyesuaikan budaya kerja di sana yang menuntut bekerja secara cepat dengan hasil paling optimal. 

Merasa kinerjanya pas-pasan, Laili pun memutar otak untuk mencari jalan keluar. Ia pun kerap bertanya kepada rekan kerjanya yang lebih expert terkait masalah yang ia hadapi dan bagaimana cara menyelesaikannya. Ia juga belajar melakukan bagaimana cara melakukan manajemen waktu. .

Meski menghadapi banyak tantangan, Laili bersyukur karena bisa mendapat banyak ilmu baru, seperti belajar metode Agile dan Scrum yang kerap digunakan project manager dalam merekayasa perangkat lunak serta melatih mental untuk bekerja secara profesional dalam setiap kondisi. 

 

Demikian cerita dari Laili Alvi Fahira yang bekerja sebagai peserta magang di PT.  Telkom. Selain Laili, di luar sana masih banyak cerita dari BINUSIAN yang mengikuti kegiatan enrichment sebagai bagian dari program (2+1)+1 BINUS UNIVERSITY. 

Seperti penjelasan sebelumnya, program enrichment ini terdiri dari 5 opsi, yaitu magang, penelitian, pengabdian masyarakat, merintis usaha, dan studi keluar negeri. Menarik kan? Buat calon mahasiswa baru yang belum menentukan pilihan, BINUS UNIVERSITY bisa menjadi opsi yang tepat untuk belajar. 

Untuk informasi lengkap seputar program studi, silakan kunjungi website-nya, karena tidak semua program studi tersedia di seluruh kampus BINUS UNIVERSITY.