Malang punya tempat kuliah berkualitas dan bergengsi seperti BINUS UNIVERSITY. Mencari rumah kos cukup mudah, namun kos-kosan juga memiliki banyak tipe dan rentang tarif. Jika kamu berencana kuliah di Malang, jangan lupa menghitung perkiraan tarif kos sesuai kebutuhan.

Rentang tarif kos-kosan di Malang tergantung pada tipe. Inilah beberapa kategorinya tergantung hunian macam apa yang kamu cari.

Tarif Kos Berdasarkan Tipe

Kuliah

Inilah beberapa tipe rumah kos yang populer di kalangan anak kuliah di Malang.

  • Tipe A

Tipe A adalah kos-kosan “standar” dengan tarif cukup murah. Kos seperti ini biasanya punya perabot “besar” standar seperti kasur, meja-kursi, dan lemari, namun tanpa perlengkapan lainnya. Kamar mandinya juga biasanya digunakan bersama. Tarifnya rata-rata sekitar Rp500.000 hingga Rp900.000, tergantung ukuran, usia rumah, jumlah penghuni, hingga lokasinya.

  • Tipe B

Kos tipe B biasanya yang paling populer di kalangan anak kuliah serta pekerja kantoran. Kos-kosan ini menawarkan kamar dengan fasilitas sedikit lebih lengkap, dan biasanya dilengkapi kamar mandi pribadi. Tergantung kebijakan pemilik, kos tipe B mungkin menawarkan fasilitas tambahan seperti cuci dan setrika, token listrik pribadi, ruang parkir, hingga dispenser air untuk pemakaian bersama.

Tarif rumah kos tipe B biasanya berkisar antara Rp800.000 hingga Rp1.500.000 per bulan. Rentang angka tersebut tergantung pada hal-hal seperti lokasi, kelengkapan fasilitas, hingga jumlah penghuni kos.

  • Tipe C

Mencari rumah kos yang suasananya lebih eksklusif dengan fasilitas lengkap? Tipe C bisa menjadi pilihan. Kos tipe tersebut biasanya relatif modern, berfasilitas lengkap, dan memiliki kamar mandi personal. Setiap penghuni mungkin mendapat fasilitas ekstra yang membuat rumah kos ini relatif “mewah” dibandingkan pilihan mahasiswa umumnya, misalnya pendingin ruangan, TV pribadi, serta Wi-Fi gratis.

Tipe C biasanya populer di kalangan pekerja kantoran, namun banyak juga mahasiswa yang memilihnya agar lebih nyaman saat menempuh kegiatan akademis. Rentang tarifnya sekitar Rp1.000.000 hingga Rp1.750.000 per bulan, tergantung lokasi serta jenis fasilitas yang tersedia.

Tips Memilih Kos di Malang

Kuliah

Sebelum menjadi anak kuliah di Malang, pastikan memperhitungkan berbagai hal saat memilih rumah kos. Inilah beberapa tips agar kamu bisa mendapat hunian nyaman dan aman sesuai anggaran.

  • Buat Daftar Kebutuhan Kos-kosanmu

Setiap orang punya kebutuhan kos-kosan berbeda. Ada yang tidak masalah dengan kamar kos “kosong” karena ingin membeli semua perlengkapan dan barangnya sendiri. Ada juga yang menginginkan kos-kosan lengkap agar tidak perlu belanja lagi. Pastikan kamu memutuskan hal ini sebelum berburu kos.

Buat daftar barang-barang yang kamu butuhkan untuk rumah kos nyaman, misalnya kamar mandi pribadi, lemari besar, Wi-Fi, jasa cuci baju, dan sebagainya. Tanyakan hal ini secara rinci ketika menghubungi pemilik rumah kos.

  • Tanyakan Soal Jam Malam

Berbagai kos di Malang punya aturan jam malam cukup ketat yang berlainan. Kamu harus menghubungi setiap calon kos-kosan dan menanyakan jam malam mereka. Jika ada, pastikan kamu bisa tetap masuk tanpa masalah jika terpaksa pulang larut, misalnya setelah menyelesaikan tugas atau aktivitas kampus.

  • Tanyakan Keamanan Lingkungan

Bagaimana mengetahui keamanan kos-kosan jika kamu belum pernah ke sana? Tanyakan soal kondisi lokasi calon kos-kosanmu. Apakah lokasinya dekat dengan kediaman pemimpin RT atau RW? Apakah ada kasus pencurian atau pelecehan di lingkungan tersebut? Apakah ada pagar tinggi atau penjaga kos yang bisa kamu andalkan sebagai keamanan?

  • Tanyakan Protokol Kesehatan

Apakah calon rumah kosmu mewajibkan penghuni untuk cuci tangan sebelum masuk rumah? Apakah pemilik kos memastikan penghuni rajin mencuci tangan dan menjaga jarak? Memastikan hal ini penting terutama jika pilihanmu adalah kos-kosan yang diisi banyak orang sekaligus.

Malang adalah “rumah” untuk beragam kampus bergengsi, termasuk BINUS UNIVERSITY. Pastikan rumah kos pilihanmu memberi semua yang kamu butuhkan dengan tarif sesuai kebutuhan agar kegiatan kuliah lebih nyaman. Gunakan kisaran harga rumah kos di atas untuk memperkiraan pengeluaran demi membayar kediamanmu selama berada di Malang.