Makin maju, Tangerang menawarkan beragam peluang bisnis yang menjanjikan. Salah satunya, bisnis kuliner. Potensi tersebut juga dilirik oleh Chef Arnold Poernomo, Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep serta beberapa rekan mereka. Awal 2020 lalu, mereka bekerja sama membuka outlet terbaru Goola dan Mangkok Ku, tepatnya di Mall Living Word, Bekasi.

Kaesang dan Gibran juga pernah melakukan kolaborasi yang sama pada Oktober 2019 lalu. Keduanya membuka gerai Goola dan Mangkok Ku di Kota Kasablanka Mal, Jakarta Selatan. Konsep yang diusung adalah kuliner tradisional yang dipadukan dengan kemasan modern. Di sini, para pengunjung dapat menikmati 9 varian menu rice bowl dari Mangkok Ku dan aneka jenis minuman segar dari Goola. 

Peluang Bisnis Kuliner di Tangerang

Kuliner

Bukan tanpa data, potensi bisnis kuliner di Tangerang memang pernah disampaikan oleh Sarmili, Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang pada 2019 lalu. Menurutnya, bisnis yang paling diminati anak muda saat ini di Tangerang adalah kuliner. Banyak anak muda yang bahkan sudah terjun dan menekuni usaha kuliner.

Salah satu alasannya adalah karena mayoritas penduduk di Tangerang adalah pekerja. Banyak di antara mereka yang lebih memilih untuk membeli makanan dibandingkan memasak sendiri di rumah. Membeli makanan dinilai lebih praktis dan cocok bagi gaya hidup pekerja yang penuh kesibukan. Inilah yang membuat peluang usaha kuliner makin menjanjikan.

Jika kamu berkunjung ke Tangerang, ada banyak tempat wisata kuliner yang menarik untuk dieksplorasi dan layak dicicipi. Mulai dari kawasan kaki lima hingga restoran terkenal. Berbagai inovasi dilakukan para pengusaha kuliner untuk menarik perhatian calon pembeli, mulai dari menciptakan menu kekinian hingga menawarkan desain instagramable.

Modal Memulai Bisnis Kuliner

Jika kamu saat ini tinggal di Tangerang atau berencana untuk menetap di kota ini, memahami peluang bisnis yang ada tentu sangat penting. Apalagi jika kamu memiliki impian untuk membangun usaha sendiri. Modal awal yang berharga adalah wawasan tentang potensi suatu lokasi bisnis. Makin potensial, makin besar pula kemungkinan untuk sukses.

Bisnis kuliner merupakan jenis bisnis yang dipengaruhi oleh faktor lokasi. Hal ini makin penting terutama jika pembeli diarahkan untuk makan di tempat (dine in). Lokasi yang mudah dijangkau adalah kriteria utamanya. Namun, jika kamu lebih fokus meraih pelanggan dari food delivery, hal ini masih bisa diantisipasi.

Modal selanjutnya yang tak kalah penting adalah memiliki konsep yang tepat dan unik. Ada banyak bisnis kuliner yang tidak bertahan karena memiliki kemiripan satu sama lain. Tidak ada daya saing lebih yang membuat pelanggan lebih memilih produk mereka. Jadi, jika ingin memenangkan persaingan bisnis yang ketat, kreativitas dalam mengolah menu sangat diandalkan.

Belajar Bisnis di BINUS UNIVERSITY

Ilmu bisnis dapat dipelajari secara autodidak. Namun, tak rugi pula jika kamu memiliki kesempatan untuk belajar dari sekolah formal. Salah satu kampus yang menargetkan para mahasiswanya untuk menjadi entrepreneur adalah BINUS UNIVERSITY. Itulah sebabnya, di setiap jurusan yang ditawarkan ada mata kuliah kewirausahaan ini. 

Jika ingin lebih fokus, kamu dapat memilih jurusan Business Creation. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari konsep manajemen, cara berpikir secara kreatif dan kemampuan wirausaha, global mindset, dan etika profesional. Bukan hanya menjadi entrepreneur, lulusannya juga dapat meraih karier sebagai Business Developer, Business Planner, atau konsultan bisnis.

Kampus yang berlokasi di Jl. Jalur Sutera Barat Kav 21, Alam Sutera, ini juga memiliki sejumlah jurusan menarik lain, seperti Manajemen, Akuntansi, Finance, Mass Communication, Marketing Communication, dan International Marketing

Nah, kamu perlu memahami tujuan yang ingin dicapai terlebih dahulu sebelum memutuskan jurusan kuliah yang akan dipilih. Dengan demikian, kamu memiliki modal sempurna untuk menggarap potensi bisnis kuliner di Tangerang.