BINUS UNIVERSITY

    BINUS Language Center Mudahkan Mahasiswa Asing Belajar Bahasa Indonesia Melalui Program BIPA

    Zaman modern seperti sekarang ini menuntut kamu untuk memiliki banyak keterampilan lain guna bisa tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan. Salah satunya adalah menguasai lebih dari satu bahasa. Bukan tanpa alasan, sudah pasti nantinya peluangmu untuk pergi menimba ilmu di negeri orang akan jauh lebih besar melalui program student exchange.

    Ini artinya, kamu harus memilih universitas yang mendukung tuntutan zaman tersebut. Salah satu universitas yang memberikan kamu peluang besar itu adalah BINUS UNIVERSITY. Sebagai salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia, BINUS UNIVERSITY dilengkapi dengan fasilitas yang sangat modern dan canggih di setiap kampus yang mendukung para Binusian baik akademik maupun non-akademik. Salah satunya adalah Language Center. 

    Bertempat di Kampus Anggrek dan Kijang, Language Center BINUS UNIVERSITY memungkinkan para Binusian untuk belajar dari buku, majalah, surat kabar asing, kamus, dan bermacam jurnal ilmiah. Tidak hanya itu, Binusian juga bisa belajar melalui multimedia seperti TV, kaset, DVD, dan internet. Tersedia 70 komputer yang telah dilengkapi dengan berbagai perangkat lunak pembelajaran bahasa yang meningkatkan kemampuan Binusian dalam membaca, mendengarkan, tata bahasa, dan kosa kata. 

    Program BIPA BINUS UNIVERSITY untuk Mahasiswa Asing

    student exchange

    Salah satu program pembelajaran bahasa yang ada di BINUS UNIVERSITY Language Center adalah BIPA atau Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Program ini ditujukan untuk mahasiswa asing yang melakukan student exchange ke BINUS UNIVERSITY atau ingin belajar Bahasa Indonesia secara mandiri untuk tujuan tertentu. 

    Program BIPA berisikan materi seputar keterampilan tata bahasa dan berbahasa dengan tujuan menyiapkan Binusian yang mahir berbahasa Indonesia secara aktif baik lisan maupun tulisan. Tidak hanya itu, Binusian pun diharapkan akan mendapatkan pengalaman mengenai sosial dan budaya Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan.

    Secara umum, program BIPA BINUS UNIVERSITY terdiri dari tiga tingkatan, yaitu:

    • Tingkat dasar atau basic (A1 dan A2).
    • Tingkat menengah atau intermediate (B1dan B2).
    • Tingkat advanced (C1 dan C2).

    Sementara itu, tujuan pembelajaran dari program BIPA yaitu:

    • Mampu mengidentifikasi berbagai kosa kata dalam bidang-bidang tertentu.
    • Mampu menuliskan sebuah karangan atau tulisan yang sesuai dengan topiknya.
    • Mampu mempraktikkan keterampilan berbahasa Indonesia di segala kepentingan. 

    Program BIPA untuk Komunikasi Bisnis

    Program BIPA BINUS UNIVERSITY juga memiliki fokus untuk komunikasi bisnis. Jadi, mahasiswa student exchange di BINUS UNIVERSITY yang mengambil program ini diharapkan mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar serta memanfaatkan ilmu sosial dan budaya Indonesia untuk tujuan bisnis. 

    Adapun tujuan pembelajaran dari program BIPA untuk bisnis ini yaitu:

    • Mampu mengidentifikasi beragam kosa kata Bahasa Indonesia dalam aspek bisnis.
    • Mampu membuat sebuah dokumen bisnis.
    • Mampu menyusun sebuah laporan bisnis.
    • Mampu mempraktikkan Bahasa Indonesia dalam dunia bisnis.

    Program BIPA Xiangsihu

    Nah, program BIPA lainnya adalah BIPA Xiangsihu. Program ini ditujukan untuk Binusian jurusan Bahasa Asing dengan tujuan belajar Bahasa Indonesia untuk kepentingan seperti mengajar, menjadi karyawan, menjadi penerjemah, hingga pemandu wisata. Tidak hanya mahasiswa asing, lho, Binusian yang berasal dari Indonesia pun bisa mengikuti program ini. 

    Selain bergabung dalam program BIPA, kamu juga bisa mengikuti banyak program lain yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY. Jadi, tidak hanya dibekali dengan ilmu akademik, kamu juga akan belajar banyak ilmu dan keterampilan untuk menunjang kebutuhan non-akademik sehingga kamu akan menjadi alumni Binusian yang siap untuk bersaing di bursa kerja. 

    Selain kesempatan untuk melakukan student exchange, BINUS UNIVERSITY juga menawarkan program perkuliahan yang unik, lho! Kamu bisa merasakan belajar di kampus BINUS UNIVERSITY mana saja di Indonesia melalui program belajar 2+1+1. Nantinya, setelah belajar di kampus asal selama 2 tahun, kamu bisa memilih untuk melanjutkan belajar di kampus BINUS UNIVERSITY lainnya selama 1 tahun, dan sisa 1 tahun terakhir bisa kamu gunakan untuk belajar ilmu lainnya melalui program enrichment

    Tunggu apa lagi? Cari universitas bergengsi di Indonesia? Sudah pasti BINUS UNIVERSITY tempatnya!