BINUS UNIVERSITY

    Beri Penghargaan Kepada Mahasiswa Berprestasi, BINUS UNIVERSITY Gelar Appreciation Day 2020

    Selain merancang kurikulum terbaik bagi mahasiswanya, BINUS UNIVERSTY tak segan untuk mendukung dan memfasilitasi setiap kegiatan yang bisa mengembangkan keterampilan peserta didiknya dalam bidang akademik maupun non-akademik. 

    Berkat dukungan penuh dari kampus, banyak BINUSIAN yang berhasil memperoleh prestasi dari tingkat nasional hingga internasional.

    Tak berhenti sampai di situ, BINUS UNIVERSITY juga akan memberikan penghargaan bagi mereka yang berhasil mengharumkan nama kampus lewat gelaran acara bertajuk Appreciation Day. 

    Sekilas Mengenai Appreciation Day

    Mahasiswa

    Dilansir dalam halaman website student.binus.ac.id, Appreciation Day merupakan acara tahunan yang digelar untuk memberikan penghargaan bagi BINUSIAN berprestasi baik di tingkat regional, nasional, dan internasional. 

    Bekerja sama dengan Student Advisory Development Center (SADC) beserta Student Creativity Development Center (SCDC), dalam setahun BINUS UNIVERSITY akan menggelar Appreciation Day sebanyak dua sesi. 

    Nah, di tahun 2021 ini BINUS UNIVERSITY kembali menggelar Appreciation Day yang harus dilakukan secara online melalui Zoom dan Live Youtube akibat pandemi Covid-19. Seperti apa jalannya acara Appreciation Day 2020 kali ini? Simak ringkasan acaranya berikut ini, yuk!

    Appreciation Day 2020

    Mahasiswa

    Diselenggarakan pada Januari 2021, Appreciation Day 2020 dimeriahkan oleh BINUSIAN dari kampus BINUS UNIVERSITY Greater Jakarta, BINUS UNIVERSITY @Bandung, dan BINUS UNIVERSITY @Malang. 

    Selain itu, acara yang dipandu oleh Verenne Tanara dan Nadia Nurdin juga dihadiri oleh ketua yayasan BINUS UNIVERSITY—Ir. Bernard Gunawan Hadipoespito beserta deretan pemimpin dan direktur BINUS Higher Education seperti Stephen Wahyudi Santoso, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, serta Dr. Engkos Achmad Kuncoro. 

    Acara Appreciation Day 2020 dibuka dengan perkenalan direktur kampus BINUS UNIVERSITY, lalu dilanjutkan dengan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan Himne perguruan tinggi BINUS UNIVERSITY, dan sambutan dari Johan, S.Kom., M.M. selaku Vice Rector Student Affairs & Community Development.

    Dalam pidatonya beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kontribusi BINUSIAN yang telah berprestasi mengharumkan nama BINUS UNIVERSITY dan Indonesia di kancah internasional. 

    Acara kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan para mahasiswa yang berhasil berprestasi sepanjang tahun 2020. Menurut laporan, pada tahun 2020 BINUS UNIVERSITY cukup banyak menerima penghargaan, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. 

    Deretan Penghargaan oleh BINUS UNIVERSITY

    Mahasiswa

    Total ada 319 penghargaan dengan perincian:

    • BINUS UNIVERSITY @Greater Jakarta

    1. 45 penghargaan tingkat regional
    2. 168 penghargaan tingkat nasional
    3. 21 penghargaan tingkat ASEAN
    4. 38 penghargaan tingkat Asia
    5. 7 penghargaan internasional
    • BINUS UNIVERSITY @Bandung

    1. 13 penghargaan tingkat regional
    2. 10 penghargaan nasional
    3. 5 penghargaan tingkat ASEAN
    • BINUS UNIVERSITY @Malang

    1. 2 penghargaan tingkat regional
    2. 9 penghargaan nasional
    3. 1 penghargaan tingkat ASEAN

    Berikut beberapa contoh penghargaan yang berhasil diraih oleh BINUSIAN.

    1. Juara 1 8th Singapore International Martial Arts Tournament 2019
    2. 1st Best Cinematography & 2nd Best Video Advertising China Micro Film Competition
    3. Bronze SEA Games 2019 cabang olahraga judo
    4. Juara 1 SEA Games 2019 cabang olahraga ski
    5. Best Paper Position Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN) 2019
    6. 3rd Place (Bronze Medal) IBJJF Manila Open Jiu Jitsu International Competition 2019
    7. Juara 1 The 2019 Asia English Olympics
    8. 2nd Runner Up Mister Global 2019
    9. Juara 1 Fashion Show Competition Youth Spirit 2
    10. Juara 1 & Best Concept Annyeong Konnichiwa Korea and Japanese Competition
    11. Best Video Business Idea Competition Bluebird: on a Journey to Millenials Mind
    12. Juara 1 Story Telling Online Competition TELKOM ACES 2020
    13. Juara 3 Hack of Thrones

    Sambutan Rektor dan Ketua Yayasan BINUS UNIVERSITY

    Setelah menampilkan sejumlah penghargaan dan nama-nama BINUSIAN berprestasi, acara selanjutnya adalah sambutan dari rektor BINUS UNIVERSITY, Prof. Harjanto Prabowo. 

    Beliau mengucapkan rasa syukur, bangga, sekaligus berterima kasih kepada para mahasiswa yang berhasil membawa pulang sejumlah prestasi sekaligus mengharumkan nama BINUS UNIVERSITY. 

    Tak lupa, Prof. Harjanto Prabowo juga menyampaikan terima kasih kepada para dosen yang sudah memberikan bimbingan bagi setiap mahasiswa sehingga mereka berhasil meraih penghargaan. 

    Beliau turut menyampaikan agar sesama BINUSIAN saling mengajak untuk berprestasi supaya BINUS UNIVERSITY selalu menjadi kampus terbaik dan hebat karena prestasi mahasiswanya. 

    Beliau melanjutkan sambutannya dan berpesan kepada seluruh sivitas BINUS UNIVERSITY agar mematuhi segala upaya yang dilakukan pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19. 

    Terakhir Prof. Harjanto Prabowo mengingatkan untuk selalu menunjukkan value BINUS UNIVERSITY, yaitu SPIRIT sebagai BINUSIAN yang baik di mana pun dan apa pun situasinya. 

    Setelah itu giliran ketua yayasan, Ir. Bernard Gunawan Hadipoespito menyampaikan sambutan. Beliau mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada BINUSIAN atas semangatnya dalam berkarya. 

    Semoga apresiasi yang diberikan ini mampu menjadi motivasi untuk terus berprestasi. Selanjutnya beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung berjalannya acara Appreciation Day 2020 ini. 

    Kesan dan Pesan BINUSIAN Berprestasi

    Berikut beberapa kesan dan pesan dari BINUSIAN berprestasi asal Jakarta, Malang, serta Bandung.

    Sambutan pertama diberikan oleh Felix, BINUSIAN Jakarta yang merupakan anggota dari english club. Ia menyampaikan terima kasih kepada BINUS UNIVERSITY karena telah memberikan apresiasi bagi mahasiswa yang telah berprestasi di kancah internasional, nasional, dan regional. Di sisi lain Felix mengucapkan syukur karena BINUS UNIVERSITY selalu memberikan dukungan secara moril, dispensasi, dan dari segi finansial. 

    Sambutan selanjutnya datang dari Stephen Dwi asal BINUS UNIVERSITY @Malang. Mahasiswa jurusan Business Creation ini berhasil meraih juara 3 Manajemen Startup Challange 2020 turut mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan. 

    Tak ketinggalan, BINUSIAN asal Bandung, yaitu Laurens, Hocky, dan Felix juga menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi dan segala bentuk dukungan yang diberikan oleh BINUS UNIVERSITY.

    Bincang Bersama Agnes Isna Kuswondo sebagai The Most Outstanding Student BINUS 2020

    Sebelum acara berakhir, MC Nadia mengadakan sesi bincang bersama Agnes Isna Kuswondo yang mendapat predikat sebagai The Most Outstanding Student BINUS 2020.

    Agnes merupakan mahasiswa HI 2021 yang berhasil meraih juara 2 MAPRES Nasional 2020 dan kerap mewakili BINUS UNIVERSITY dalam lomba debat tingkat nasional serta internasional. Berikut cuplikan QnA antara MC Nadia bersama Agnes Isna Kuswondo. 

    Q: Apa yang membuat kamu memutuskan untuk terjun ke dunia debat?

    A: Awalnya aku datang ke festival organisasi kampus dan di situ aku lihat ada BNEC punya banyak banget piala.  Meski tidak seberapa memahami teknis debat, tapi saat itu aku coba bergabung dan pada akhirnya aku merasa menemukan komunitas dan mentor yang membantu aku berkembang hingga bisa mengikuti berbagai kompetisi. 

    Q: Pernah merasa kesulitan untuk membagi waktu antara kuliah dan aktivitas debat?

    A: Untuk pembagian waktu menurutku susah-susah gampang ya. Meskipun mendapat dispensasi, namun pada satu waktu pernah tidak mengikuti UTS sama sekali karena jadwalnya bersamaan dengan lomba debat. Alhasil, aku harus berjuang untuk mendapatkan nilai UAS sebagus mungkin. 

    Q: Bisa ceritakan bagaimana perjalanan karier debat dari awal sampai sekarang?

    A: Menurutku just do it saja. Ikuti seluruh proses yang ada. Disuruh latihan dan dikasi materi apa pun terima saja dulu. Meski awal-awal mengikuti perlombaan tidak langsung menjadi juara, namun setelah berjalannya waktu didukung dengan latihan lebih giat lagi akhirnya ada perkembangan dan bisa keluar sebagai juara. 

    Q: Karena sekarang lagi pandemi, apakah kondisi ini membawa dampak tersendiri dalam persiapan lomba?

    A: Sebenarnya sejak tahun 2019 aku sudah mulai mengurangi aktivitas lomba debat. Sebagai gantinya aku fokus sebagai juri. Selama masa pandemi ini aku sempat menerima tawaran sebagai juri di lomba debat internasional yang digelar secara online

    Menurutku lomba online ini keuntungannya karena kita tidak terlalu ribet karena harus bayar biaya penerbangan, cari akomodasi, bahkan menyiapkan uang jajan. Sekarang tinggal modal internet bagus dan Zoom sudah bisa jadi juri. 

    Q: Ada pesan dan kesan yang ingin dibagikan kepada sesama BINUSIAN?

    A: Pertama-tama aku ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung karier debatku. Terima kasih atas segala bentuk dukungan mulai dari dukungan moril sampai urusan finansial sehingga acara bisa berjalan sukses. 

    Untuk BINUSIAN, aku berharap pandemi ini segara berakhir supaya kalian yang punya impian mengikuti lomba debat tak hanya merasakan lomba secara online tapi juga bisa mengikuti lomba offline sebelum lulus kuliah. Karena menurutku lomba yang digelar secara offline itu punya suasana berbeda. 

    Setelah bincang bersama Agnes Iswa Kuswondo, acara kemudian ditutup oleh kedua MC dan berakhirlah gelaran Appreciation Day 2020.