BINUS UNIVERSITY

    Begini Pengalaman Seru Magang di BCA, Belajar Networking Sampai Mengembangkan Website

    Menjelang kelulusan, mahasiswa biasanya dihadapkan dengan dua pilihan, melanjutkan kuliah S2 atau meniti karier. Untuk pilihan kedua, selain pintar secara akademis, para lulusan juga harus memiliki keterampilan lain sebagai modal mencari kerja. 

    Berangkat dari kebutuhan tersebut. BINUS UNIVERSITY membuat program (2+1)+1 yang memungkinkan mahasiswa terjun langsung ke lapangan untuk magang di perusahaan, melakukan penelitian, merintis usaha, membantu masyarakat lewat pengabdian sosial, sampai studi ke luar negeri. Bagi BINUSIAN yang bercita-cita melanjutkan kuliah S2 ke luar negeri, memanfaatkan 1 tahun perkuliah untuk studi di negara lain adalah pilihan terbaik. 

    Nah, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai pengalaman menarik salah satu BINUSIAN yang bekerja magang di BCA. Lewat bekerja magang, mahasiswa akan diberikan gambaran secara nyata terkait kondisi di dunia kerja. Dengan begitu calon pekerja akan lebih siap ketika lulus nanti. 

    Jadi, bagaimana kisah lengkap Bintang bekerja magang di BCA? Cek ulasan berikut ini.

    Cerita Bintang Magang di BCA

    Pengalaman

    Bintang Fadhli Muhammad—mahasiswa jurusan Computer Science BINUS UNIVERSITY ini mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman magang selama 1 tahun di BCA sejak tanggal 3 Maret 2020 sampai bulan Februari 2021 mendatang. Saat ini ia bekerja magang di divisi IT Network Infrastruktur yang bertanggung jawab menangani lalu lintas jaringan di seluruh kantor cabang BCA. 

    Pasti sebagian dari kamu bertanya-tanya, bagaimana sih caranya supaya bisa magang di BCA? Nah, saat itu Bintang mendaftarkan dirinya melalui website internship yang disediakan BINUS UNIVERSITY. Kemudian ia menerima undangan untuk mengikuti tes online yang dikirim melalui e-mail

    Tak perlu menunggu lama, seminggu setelahnya hasil tes online pun keluar beserta jadwal wawancara. Awalnya undangan wawancara bertempat di kantor BCA cabang Pluit Landmark. Namun, Bintang  meminta wawancara dilakukan secara online karena dirinya berada di Malang. 

    Singkat cerita, interview tahap pertama pun dilaluinya dengan mulus. Selanjutnya ia diundang ke kantor BCA pusat di Malang untuk mengikuti wawancara kedua. Setelah seluruh proses rekrutmen yang telah dilewati, Bintang dinyatakan lolos seleksi magang di BCA dan resmi menjadi pegawai intern sejak tanggal 3 Maret 2020. 

    Saat ini Bintang bertugas untuk membantu mengembangkan website menggunakan framework Laravel. Website tersebut akan digunakan oleh tim bagian network untuk manajemen pekerjaan (task) agar lebih optimal. 

    Setiap pekerjaan pasti punya kesulitan tersendiri. Begitu pula ketika magang di bagian IT Network Infrastruktur, Bintang sempat merasa awam dengan beberapa istilah-istilah seputar jaringan karena background pendidikan yang ia tempuh lebih menjurus ke bidang interactive multimedia. Untuk mengatasi kendala tersebut ia tak ragu bertanya dan bertukar pikiran dengan mentor, rekan kerja, maupun rekan magang yang lebih mengerti. 

    Bila ditanya perihal pengalaman tak terlupakan, baginya bekerja magang di salah satu bank swasta terbesar di Indonesia telah menjadi prestasi tersendiri. Ia juga mengungkapkan bahwa selama magang banyak mendapatkan ilmu terkait hardskill dan softskill

    Di antaranya adalah mempelajari NAPALM (Network Automation and Programmability Abstraction Layer with Multivendor Support)  yaitu library Phyton yang memungkinkan pengguna mendapatkan informasi terkait perangkat jaringan seperti versi OS dan hostname

    Pengalaman lain yang tak kalah berkesan adalah sesi sharing yang diselenggarakan rutin setiap bulannya. Bintang memanfaatkan momen tersebut untuk menambah ilmu dengan menggali informasi tentang teknologi terbaru yang berkembang saat ini. Dengan begitu ia berharap bisa selalu up to date dengan perubahan teknologi yang terjadi.  

    Itulah pengalaman Bintang, mahasiswa BINUS UNIVERSITY yang menjalankan program internship di BCA. Kalau kamu mau magang di mana nih suatu hari nanti? Di mana pun lokasinya, selalu berikan kinerja terbaik untuk membangun citra yang positif di mata rekan-rekan kerjamu. Pasalnya citra positif akan memudahkanmu mendapatkan referensi kerja yang dibutuhkan untuk melamar suatu pekerja.