BINUS UNIVERSITY

    Begini Cara Paling Efektif Hindari Macet di Tangerang, Jangan Sampai Bikin Kamu Telat Kuliah

    Terjebak macet saat menuju ke suatu tempat pasti terasa tidak menyenangkan. Bukan hanya perjalanan akan bikin jenuh, kamu juga bakal terlambat untuk mengikuti acara atau tidak menepati janji dengan orang lain. Hal ini dapat membuat orang lain menjadi kurang respect. Bahkan, bisa jadi dosen juga akan menegur.

    Jika hal ini terjadi hampir tiap hari, tentu agendamu akan sangat terganggu. Sebagai mahasiswa, kamu jadi tidak dapat mengikuti materi-materi di perkuliahan secara penuh. Bukan hanya rugi dari segi ilmunya, tetapi kamu juga bakal dicap tidak memiliki kedisiplinan. 

    Kawasan Macet di Tangerang

    Kuliah

    Sebagai wilayah yang dekat dengan ibu kota negara, Tangerang merupakan salah satu kota yang cukup padat. Kemacetan terjadi setiap hari, terutama di ruas jalan utama di kota itu. Ada beberapa titik yang rawan macet, di antaranya adalah Bundaran Alam Sutera dan Jalan Raya Serpong. Kedua titik ini berdekatan dengan kampus BINUS UNIVERSITY.

    Kemacetan biasanya terjadi pada jam-jam sibuk, yaitu saat pagi hari dan jam pulang kantor. Bukan hanya itu, kemacetan juga bisa dipicu karena agenda atau acara tertentu yang diselenggarakan. Momen-momen tertentu seperti libur hari raya juga dapat menyebabkan jalanan kota menjadi tambah macet. 

    Nah, jika terjebak dalam kemacetan saat hendak menuju kampus, apa hal akan kamu lakukan? Bagaimana mencegah supaya kamu tidak mengalami macet sehingga dapat menghadiri sesi kuliah tepat waktu? Hal ini perlu kamu pikirkan dengan cermat agar kuliah tetap lancar apa pun kondisi yang kamu hadapi.

    Tips Menghindari Kemacetan

    Nah, bagi kamu yang ingin menghindari kemacetan saat berangkat kuliah, yuk coba beberapa tips berikut ini. 

    • Gunakan Kendaraan Roda Dua

    Ini adalah salah satu opsi bagi kamu yang ingin mencapai tujuan dengan cepat dan minim risiko macet. Pasalnya, dibandingkan mobil, motor dapat lebih mudah mencari celah menembus kemacetan parah. Karena itu, memiliki motor sendiri bisa menjadi senjata kamu untuk tiba di kampus tepat waktu. 

    • Pilih Kos Dekat Kampus

    Karena Tangerang adalah kawasan yang macet dan padat, kamu seharusnya sejak awal memiliki pilihan untuk mencari kos yang dekat dengan kampus. Salah satu opsi yang bisa kamu coba adalah kos di daerah Panunggangan. Dari lokasi ini, jarak menuju kampus BINUS hanya sekitar 5-10 menit. Jadi, kamu tidak bakal kelamaan di jalan, termasuk jika mengalami macet. 

    • Berangkat Lebih Awal

    Solusi ini sangat masuk akal dan bisa dilakukan dengan mudah. Namun, kamu perlu memiliki komitmen yang kuat supaya tidak menunda-nunda tugas yang harus dilakukan. Bangunlah lebih awal agar dapat mempersiapkan diri dengan baik dan berangkat lebih awal. Jika memungkinkan, hindari jam-jam sibuk supaya tidak mengalami macet di jalan. 

    • Pilih Jalan Alternatif

    Untuk menuju kampus BINUS UNIVERSITY kawasan Alam Sutera, Tangerang, kamu wajib tahu rute alternatif yang tidak terlalu ramai dilalui. Hal ini sebenarnya bergantung juga pada titik lokasi keberangkatan kamu. Semakin mengenal daerah di sekeliling kampus, kamu akan semakin mudah menemukan jalan alternatif yang tidak banyak diketahui orang. Perjalanan kamu pun pasti lebih mulus. 

    • Gunakan Aplikasi

    Pada zaman modern ini, teknologi makin canggih. Kamu pun bisa memanfaatkan teknologi untuk memantau kondisi lalu lintas yang akan dilalui secara real time. Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba adalah Waze, Google Maps, dan JasaMargaLive. Berbekal aplikasi ini, kamu bisa menentukan rute yang paling efektif untuk menuju kampus tanpa terjebak macet. 

    Inilah beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi risiko terkena macet saat akan berangkat ke BINUS UNIVERSITY. Cara ini akan membantu kamu untuk lebih disiplin dan tidak ketinggalan materi kuliah yang sangat berharga. Selamat mencoba!