Jika kamu ingin kuliah di BINUS UNIVERSITY, tetapi berasal dari luar daerah atau bahkan luar kota, kamu bisa menyewa kos sebagai tempat tinggal sementara selama menjadi mahasiswa. Ada pilihan lain seperti apartemen, tetapi harganya tentu jauh lebih mahal. 

Mencari kos yang nyaman dengan harga terjangkau pasti tidak mudah. Kamu wajib memperhatikan berbagai aspek, baik kondisi di dalam kos maupun di sekitarnya. Khusus bagi yang bakal ngampus tiap hari di BINUS kawasan Alam Sutera Tangerang, berikut sejumlah tips cari kos yang bisa kamu coba. 

Mahasiswa

  • Pilih kos dengan bujet yang sesuai kantong

Harga sewa kos biasanya bervariasi. Hal ini ditentukan oleh lokasi atau fasilitas yang tersedia di dalam kos. Di kawasan Alam Sutera Tangerang, khususnya di dekat area kampus, rata-rata harga sewa kos adalah Rp1.500.000 per bulan. Makin lengkap fasilitasnya, biaya sewanya juga makin mahal. Harga sewa kos juga biasanya makin mahal dari tahun ke tahun.

Nah, calon mahasiswa yang sedang mencari kos sebaiknya membandingkan beberapa opsi terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Ambillah keputusan tanpa mengabaikan besar bujet yang tersedia untuk membayar kos. Jangan sampai lebih besar daripada yang sudah diperkirakan. Jika tidak sesuai dengan kemampuan, kamu bisa kesulitan mengatur keuangan nantinya.

  • Cek fasilitas yang bisa digunakan

Apa saja fasilitas yang disediakan pihak kos bagi para penghuni kos? Kamu wajib menanyakan ini saat sedang survei kos. Salah satu contohnya, jika kamu membawa kendaraan roda dua atau roda empat, apakah garasi tersedia? Apakah ada biaya ekstra yang harus kamu bayar untuk menggunakan fasilitas tersebut atau gratis?

Fasilitas lain yang tak kalah penting adalah yang terdapat di dalam kamar, misalnya lemari, kasur, meja, TV LED, AC, dan kamar mandi. Biasanya, tiap kos juga menyediakan fasilitas umum, seperti kulkas, dapur, atau ruang tamu. Khusus mahasiswa, ada fasilitas seperti WiFi. Pastikan fasilitas yang tersedia sudah sesuai dengan kebutuhan kamu, ya.

  • Pastikan kemudahan akses transportasi

Untuk menuju kampus dengan mudah dan cepat, kamu tentu membutuhkan akses transportasi yang lancar. Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jangan sampai kamu justru kesulitan menjangkau jarak antara kos dan kampus karena aksesnya terbatas.

Karena itu, saat mencari kos di sekitar kampus BINUS Tangerang, cobalah mengamati suasana lalu lintas di sekitarnya. Lengkapi diri dengan informasi mengenai rute transportasi umum yang tersedia. Lalu, berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menuju kampus? Setelah membandingkan beberapa opsi, kamu akan lebih mudah memutuskan mana kos yang dipilih.

  • Amati fasilitas pendukung di sekitar kos

Ada berbagai fasilitas pendukung di sekitar kos yang mungkin kamu butuhkan saat menjadi mahasiswa, misalnya tempat makan yang terjangkau, laundry, minimarket, tempat fotokopi, kafe untuk mengerjakan tugas kelompok, dan sebagainya. Untuk memudahkanmu saat kuliah di BINUS, pilihlah kos yang berdekatan dengan fasilitas-fasilitas ini. 

  • Perhatikan keamanan dan kebersihan kos

Jangan mengabaikan faktor keamanan dan kebersihan saat mencari kos. Kedua hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kamu saat menghuni tempat yang baru. Jika memungkinkan, carilah informasi mengenai daerah sekitar kos. Jika ternyata kurang kondusif, sebaiknya pikirkan sekali lagi untuk memilih lokasi tersebut. Untuk mengantisipasi tindak kejahatan, baik juga jika pemilik kos menyediakan fasilitas CCTV. 

Dari segi kebersihan, pastikan kos terawat dengan baik. Pada beberapa kos, bahkan ada pengurus yang bertugas merawat kebersihan tiap hari. Kos seperti ini tentu lebih bersih dan nyaman untuk ditempati. 

Nah, inilah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan mencari kos di sekitar kampus BINUS kawasan Alam Sutera Tangerang. Semoga bermanfaat!