Warga Bandung terkenal sebagai orang-orang yang kreatif. Suasana lingkungan yang nyaman membuat orang-orang di Bandung dapat mengeluarkan ide-ide kreatifnya secara bebas. Kreativitas tersebut mereka wujudkan dalam segala aktivitas sehari-hari, termasuk di dunia bisnis. Lewat kombinasi kecanggihan teknologi dan kreativitas pikiran, Bandung pun menjadi salah satu pusat perkembangan startup di Indonesia. 

Kamu bakal menjumpai cukup banyak startup teknologi yang lahir dan berkembang jadi perusahaan besar dari Kota Bandung. Kreativitas tinggi dari orang-orang Bandung pun membuat startup di kota ini punya keunikan tersendiri. Mau tahu keunikannya? Berikut ini adalah lima di antaranya: 

  • #1. Octagon Studio

Startup

Keberadaan Octagon Studio mampu membuktikan kalau startup Indonesia tidak kalah canggih dibandingkan perusahaan luar negeri. Mereka dikenal sebagai startup yang secara khusus menyediakan layanan terkait penggunaan teknologi augmented reality (AR), virtual reality (VR), serta mixed reality (MR). Lewat penggunaan teknologi canggih tersebut, kamu bisa merasakan pengalaman dalam menggunakan sebuah perangkat. 

Salah satu produk kreatif yang dapat kamu temukan dari Octagon Studio adalah Octaland 4D+ Colour Me!. Produk ini merupakan sebuah buku mewarnai digital yang secara khusus didesain untuk meningkatkan minat belajar anak. Mereka juga telah dipercaya untuk mengembangkan aplikasi canggih oleh berbagai perusahaan, termasuk di antaranya adalah Alam Sutera AR App, Orchard Park Batam AR App, MakeYourMark App WWF, dan lain sebagainya. 

  • #2. Kuassa

Startup

Selanjutnya, kamu dapat pula menjumpai inovasi keren dari startup bernama Kuassa. Perusahaan ini berkecimpung dalam industri musik dengan menyediakan beragam software audio. Hal ini cukup lumrah, mengingat para pendiri startup ini merupakan sosok yang pernah bergabung dengan grup musik. Oleh karenanya, startup ini mampu memahami secara cermat kebutuhan para musisi terhadap adanya aplikasi audio yang berkualitas. 

Fakta cukup menarik berkaitan dengan layanan startup Kuassa adalah para pengguna produknya. Kuassa bukanlah startup yang populer di segmen pasar domestik. Sebagai gantinya, mayoritas pengguna produk serta layanan mereka adalah perusahaan yang berasal dari mancanegara, termasuk di antaranya adalah Jepang, Australia, Jerman, serta Amerika Serikat. Oleh karena itu, tak heran kalau website resmi mereka dibuat dengan berbahasa Inggris. 

  • #3. AeroTerrascan

Startup

Startup Bandung dengan konsep unik dan kreatif selanjutnya adalah AeroTerrascan. Perusahaan teknologi ini mempunyai reputasi sebagai produsen pesawat tanpa awak (UAV) atau yang populer disebut drone. Berdiri sejak tahun 2010, AeroTerrascan telah menyediakan solusi drone untuk berbagai sektor. Oleh karenanya, pengguna layanan AeroTerrascan sangat beragam, mulai dari perusahaan swasta, instansi pemerintah, hingga lembaga militer.

  • #4. Bobobox

Startup

Ada pula startup bernama Bobobox yang menawarkan pengalaman menginap di hotel secara berbeda. Di sini, kamu akan menjumpai teknologi kamar hotel yang pintar dan unik. Ketika menggunakan layanannya, kamu hanya perlu waktu 2 menit untuk keperluan check-in dan masuk kamar. Selain itu, mereka juga menyediakan kamar berbentuk kapsul yang unik dan nyaman.

  • #5. NoLimit

Startup

Kebutuhan terhadap teknologi big data adalah sebuah hal yang krusial di era serba digital seperti sekarang. Fenomena ini pun dipahami secara cermat oleh startup asal Bandung bernama NoLimit. Perusahaan teknologi yang telah berdiri sejak 2010 ini secara khusus menyediakan layanan berkaitan dengan big data, terutama untuk aktivitas monitoring dan analisis secara online

Penggunaan layanan mereka secara khusus bakal sangat berguna untuk mengetahui respons publik terhadap merek, tokoh, atau organisasi tertentu di dunia digital. Mereka mempunyai tiga produk yang disediakan untuk publik, yakni: 

  • NoLimit Dashboard

Produk ini berguna untuk melakukan pemantauan serta analisis media online. Lewat pemanfaatannya, perusahaan dapat mengetahui strategi kompetitor atau respons terhadap merek yang dimiliki. 

  • NoLimit Care

Layanan ini berupa sebuah aplikasi berbasis web. Lewat pemanfaatannya, perusahaan dapat menyediakan layanan customer service dari berbagai platform media sosial secara praktis cukup dalam satu layar. 

  • Online Loyalti

Produk terakhir adalah web app yang berguna untuk meningkatkan keterlibatan para pengguna internet. Pemanfaatannya berguna untuk meningkatkan brand awareness perusahaan.

Lima startup unik itu hanya sebagian kecil wujud kreativitas dari orang Bandung. Kamu pun bisa mewujudkan ide kreatif serupa dengan mudah, apalagi saat ini terdapat program kuliah Creativepreneurship di BINUS Bandung. Selain belajar cara kreatif menjadi entrepreneur, kamu pun berkesempatan untuk melakukan interaksi dengan orang-orang inovatif dari Bandung.