Memilih universitas sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan harus didasari dengan berbagai pertimbangan. Pertama, kamu harus mengetahui hendak memilih peminatan apa guna memudahkan prospek karier setelah menjadi alumni nantinya. Kedua, kamu juga harus tahu universitas mana yang kompeten terhadap bidang jurusan yang kamu pilih. 

Tidak cukup sampai di situ, sebagai mahasiswa, kamu juga harus mempertimbangkan aspek lainnya di luar akademik, yaitu non-akademik. Pasalnya, ketika kuliah nanti, kamu tidak hanya belajar, tetapi juga bersosialisasi dengan mengikuti serangkaian kegiatan ekstrakurikuler. Tentunya, universitas yang kamu pilih harus mendukung aktivitas non-akademik untuk para mahasiswanya.

Kamu bisa memilih BINUS UNIVERSITY sebagai tempat kuliah. Pasalnya, BINUS UNIVERSITY tidak hanya menjadi salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia, universitas yang memiliki delapan kampus yang tersebar di Jakarta, Bandung, dan Malang ini punya beragam program studi dan pembelajaran yang mendukung para Binusian untuk bisa menjadi mahasiswa yang kompeten dari sisi akademik maupun non-akademik.

Manfaat Layanan Student Advisory and Support Center (SASC) BINUS UNIVERSITY

Mahasiswa

Tidak hanya itu, BINUS UNIVERSITY juga memiliki banyak supporting unit untuk memenuhi dan memudahkan para Binusian selama kuliah. Salah satunya adalah Student Affairs and Community Development atau Kemahasiswaan dan Pengembangan Masyarakat.

Layanan Dukungan Akademik ini terbagi menjadi beberapa unit, yaitu Student Advisory and Support Center (SASC) atau Pusat Penasihat dan Dukungan Mahasiswa, BINUS UNIVERSITY Career & Alumni Center atau Pusat Karir dan Alumni BINUS UNIVERSITY, Community Development Center atau Pusat Pengembangan Masyarakat, dan Program Development Center – BINUS UNIVERSITY Square. 

Unit SASC merupakan salah satu unit pendukung yang bertugas untuk memberikan bantuan dan layanan kepada mahasiswa BINUS UNIVERISTY, baik dalam hal akademik maupun non-akademik. Unit ini juga bertugas untuk melakukan berbagai aktivitas penunjang bagi Binusian selama kuliah di BINUS UNIVERSITY. 

Unit SASC sendiri terbagi lagi menjadi tiga subbagian, yaitu Counseling, Mentoring, dan Disability Service. Nah, berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan sebagai Binusian dengan adanya unit SASC di BINUS UNIVERSITY:

  • Layanan Counseling

Subbagian ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa yang memiliki permasalahan psikologis yang berhubungan dengan bidang akademik maupun non-akademik yang mungkin berdampak pada ketidaklancaran studi di BINUS UNIVERSITY. Jadi, kamu akan mendapatkan solusi terbaik dari setiap masalah psikologi yang sedang kamu hadapi selama kuliah. 

Counseling ini disediakan oleh BINUS UNIVERSITY untuk para Binusian dan orangtua melalui konseling individu dan program khusus sesuai dengan kebutuhan. Binusian yang mengikuti program ini diharapkan akan mendapatkan solusi psikologis terbaik, sehingga mampu mencapai prestasi akademik yang lebih optimal.

  • Layanan Mentoring

Mentoring atau pendampingan menyediakan fasilitas belajar untuk Binusian, seperti mentor, tutor, modul, dan lingkungan belajar yang mendukung Binusian belajar dengan cara yang lebih kreatif, sehingga dicapai prestasi akademik yang lebih baik lagi. Layanan ini adalah suatu komunitas belajar yang dikelola langsung oleh Binusian dan karyawan di BINUS UNIVERSITY. 

  • Layanan Disabilitas (Disability Services)

Tidak hanya untuk Binusian yang sehat secara fisik maupun mental, BINUS UNIVERSITY melalui Unit SASC pun memiliki pelayanan khusus untuk para penyandang disabilitas. Subbagian ini akan membantu para Binusian yang membutuhkan bantuan yang berhubungan dengan kebutuhan khusus dalam proses belajar. 

Layanan disabilitas ini pun membantu dan memberikan dukungan sepenuhnya untuk para mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus agar bisa mengikuti proses belajar mengajar di BINUS UNIVERSITY secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki. Jadi, Binusian dengan penyandang disabilitas tetap punya kesempatan yang sama untuk belajar dan mencetak prestasi di BINUS UNIVERSITY. 

Unit SASC di BINUS UNIVERSITY ini tersedia di Kampus Anggrek (lantai 5 R.511 dan R.515), Kampus Alam Sutera (Gedung A Lantai 3 R.A0307), Kampus JWC (Lantai 2, Ruang 204), dan Kampus Bekasi (Ruang ASD). 

Sementara itu, jam operasional atau layanan konsultasi SASC adalah setiap hari Senin sampai Kamis mulai pukul 09.00-16.00 WIB dengan waktu istirahat pukul 12.00-13.00 WIB, hari Jumat mulai pukul 09.00-16.00 WIB dengan waktu istirahat pukul 11.30-13.00 WIB. Lalu, hari Sabtu mulai pukul 09.00-14.00 WIB dengan waktu istirahat pukul 12.00-13.00 WIB.