Pengaplikasian berbagai hal berbau teknologi dalam setiap aspek kehidupan bukan lagi hal baru di dunia ini. Inilah mengapa jurusan kuliah yang berkaitan dengan hal ini cukup diminati calon mahasiswa. Selain peluang kariernya luas, mengambil jurusan yang berhubungan dengan segala hal tentang technology juga akan membuat mereka memiliki soft skill khusus yang dibutuhkan banyak perusahaan.

Di BINUS UNIVERSITY, salah satu jurusan teknologi yang cukup diminati adalah Cyber Security. Dilihat dari namanya, jurusan ini memang memiliki kaitan dengan sistem keamanan modern. Namun, ketika menjadi mahasiswa jurusan Cyber Security, kamu akan tahu bahwa bukan hanya hal itu yang dipelajari.

Ada banyak hal menarik lain yang membuat lulusan jurusan ini cukup populer di dunia kerja. Jadi, jangan heran jika bahkan sebelum lulus pun, banyak sekali lulusan Cyber Security yang direkrut oleh perusahaan nasional ataupun multinasional.

Mengenal Cyber Security

Teknologi

Secara umum, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar Ilmu Komputer di jurusan Cyber Security. Namun, karena program studinya berkaitan dengan sistem keamanan internet, mahasiswa BINUS UNIVERSITY juga akan belajar tentang ethical hacking atau bagaimana cara meretas suatu sistem berdasarkan etika dan hukum yang berlaku di Indonesia.

BINUS UNIVERSITY sendiri merancang program ini sebagai solusi dari masalah internet yang kerap dihadapi manusia modern yaitu, cyber attack. Apabila memilih jurusan ini, mahasiswa akan belajar di lingkungan pendidikan berbasis proyek yang bekerja sama dengan industri atau pemerintah dan membantu mereka menemukan solusi pada permasalahan teknologi  (termasuk keamanan) yang sedang dihadapi.

Jadi, setelah lulus, mahasiswa mampu terjun di berbagai bidang industri secara profesional, serta cukup percaya diri dalam menangani berbagai permasalahan keamanan yang ditemukan pada suatu industri.

Visi dan Misi Program Cyber Security

Teknologi

Melalui program 2+1+1, yaitu 2 tahun kuliah di kampus BINUS asal, 1 tahun kuliah di kampus BINUS lain, dan 1 tahun enrichment program, program studi Cyber Security fokus pada menyediakan solusi permasalahan cyber yang tidak hanya ditemukan pada industri nasional tetapi juga internasional.

Inilah mengapa lulusan jurusan ini juga dibekali dengan soft skill yang dapat membantu mereka berkontribusi terhadap masyarakat global. Visi dan misi program studi Cyber Security tentu saja sejalan dengan tujuan utama BINUS UNIVERSITY, yaitu memberikan world-class education sehingga lulusannya memiliki daya saing tinggi dan siap kerja begitu mereka selesai wisuda.

Konsentrasi Program Jurusan Cyber Security

Teknologi

Teknologi keamanan cyber bukan satu-satunya hal yang dipelajari di jurusan ini. BINUS UNIVERSITY juga menstimulasi mahasiswa melalui berbagai ilmu agar mereka mampu menjadi lulusan yang berkualitas, di antaranya:

  1. Mahasiswa akan diajari ilmu Matematika dasar, prinsip Algoritma, Ilmu Komputer, dan Ilmu Etika yang dibutuhkan dalam praktik pengaplikasian teknologi informasi di perusahaan.
  2. Mahasiswa akan dibekali soft skill dalam membangun sebuah sistem berbasis teknologi, jaringan, multimedia, dan artificial intelligence.
  3. Mahasiswa akan disiapkan untuk menghadapi tantangan masa kini melalui pelatihan, program enrichment, dan pembelajaran berbasis proyek.
  4. Mahasiswa juga akan dilatih agar memiliki kemampuan problem solving, komunikasi yang baik, dan kemampuan bekerja sebagai tim atau bahkan menjadi pimpinan pada sebuah proyek.

Prospek Lulusan Cyber Security

Teknologi

Di era digital seperti saat ini, isu keamanan bukan hal sepele di dunia maya. Inilah mengapa banyak perusahaan yang membutuhkan sistem keamanan memadai untuk melindungi berbagai data penting. Hal ini membuat lulusan Cyber Security banyak dibutuhkan di beberapa industri.

Selain menjadi konsultan keamanan cyber, lulusan program studi ini juga bekerja sebagai konsultan, analis, serta arsitek teknologi, hingga akademisi. Jadi, bicara soal peluang karier, lulusan Cyber Security tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari pekerjaan. Selama segala hal berbau digital dimanfaatkan dalam berbagai aspek, mahasiswa dengan soft skill khusus seperti lulusan Cyber Security bisa diterima di berbagai perusahaan dari berbagai bidang.