Menjadi mahasiswa, saatnya menyusuri kehidupan baru yang lebih luas dengan beragam tantangan. Sekarang, kamu bisa lebih bebas mencari universitas terbaik untuk melanjutkan pendidikan. Tak sedikit orang yang memilih merantau, meninggalkan kota kelahiran dan kampung halaman untuk mencari cerita baru, karena memang inilah waktu terbaik untukmu memulainya.

Salah satu kota yang banyak dituju untuk kuliah adalah Malang. Kota di Jawa Timur ini tidak hanya memiliki segudang tempat wisata yang menarik, kuliner yang enak, juga budaya yang unik. Kampus-kampus di Malang pun terbilang keren, tidak kalah menterengnya seperti universitas terkenal di kota lain, salah satunya sudah pasti BINUS UNIVERSITY.

Mencari Kost Nyaman untuk Mahasiswa Baru di Malang

Mahasiswa

Nah, tugas seorang mahasiswa yang memilih untuk merantau, tak terkecuali ke Malang, adalah mencari tempat tinggal. Rumah kost biasanya banyak dipilih karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan rumah kontrakan atau apartemen. Namun, tidak jarang banyak yang memutuskan untuk berpindah-pindah karena belum menemukan tempat yang nyaman, terlebih jika ini adalah kali pertama merantau dan tinggal di rumah kost.

Supaya kamu tidak salah pilih dan harus sering berpindah tempat kost nantinya, sebaiknya ikuti tips berikut ini ketika hendak mencari tempat kost di Malang.

  • Lakukan Survei Sebelumnya

Ini tips yang paling penting yang harus kamu lakukan. Tak sedikit calon mahasiswa baru atau maba yang baru pertama kali merantau tidak tahu berapa kisaran harga kost di daerah tujuan, termasuk Malang. Jadi, sebaiknya carilah informasi sebanyak mungkin tentang rumah kost yang nantinya akan jadi pengganti rumah tinggalmu.

Survei yang paling baik memang langsung datang ke lokasi, agar kamu tahu bagaimana kondisi rumah kost, fasilitas kamarnya, lingkungan sekitarnya, kemudahan akses untuk ke kampus atau mencari makan hingga ke minimarket untuk membeli barang kebutuhan. Namun, jika tidak memungkinkan karena domisili yang jauh, kamu bisa survei melalui internet, aplikasi pencari kost, atau bertanya pada senior.

  • Pilihlah Kamar Kost dengan Aturan Sewa Bulanan

Aturan sewa rumah kost berbeda-beda. Ada yang menerapkan pembayaran bulanan, ada juga tahunan. Sebagai rekomendasi, sebaiknya utamakan yang menerapkan sistem pembayaran bulanan. Alasannya sudah pasti beragam, tetapi seringnya, sewa bulanan dipilih karena uang yang harus dikeluarkan tidak terlalu banyak dalam satu waktu pembayaran, meski nantinya tidak harus membayar lagi setiap bulan.

Selain itu, sewa kost bulanan akan membuat kamu lebih mudah jika ingin berpindah. Jika kamu menyewa kost dengan pembayaran tahunan, mau tidak mau kamu harus bertahan hingga masa sewa berakhir. Pasalnya, pemilih kost dengan sewa tahunan biasanya tidak menerapkan pengembalian sisa uang sewa jika penghuni memutuskan untuk pindah sebelum masa sewa habis.

  • Tanyakan Fasilitasnya

Selalu ingat bahwa rumah kost adalah pengganti rumahmu selama kamu menjadi mahasiswa dan menempuh pendidikan di tanah rantau. Jadi, sebisa mungkin tanyakan semua fasilitas yang disediakan di rumah kost incaran pada pemilik. Ini termasuk kamar mandi di dalam atau luar kamar, tempat tidur, AC atau kipas angin, hingga dapur umum. 

Jangan tergiur dengan harga murah, karena bisa saja harga tersebut belum termasuk pembayaran listrik, air, keamanan, hingga kebersihan. Pun, biasanya, semakin dekat dengan kampus, harga sewa akan terbilang lebih mahal, meski fasilitas yang kamu dapatkan setara dengan harga sewa lebih murah tetapi lokasi yang lebih jauh. 

  • Ketahui Aturan yang Berlaku

Setiap kost juga ada aturannya. Apakah rumah kostmu nanti khusus perempuan atua laki-laki atau bahkan tidak ada aturan alias bercampur penghuninya. Jangan lupa, jam malam dan aturan bertamu, karena ada beberapa kost yang menerapkan sistem bebas, tetapi ada pula yang memiliki aturan ketat soal jam malam dan jam bertamu. Ketahui juga apakah kamu boleh membawa perangkat elektronik seperti laptop, magic com, atau printer tanpa ada biaya listrik tambahan.

Kuliah memang menjadi waktu yang tepat untuk kamu mengekspresikan dan mengeksplorasi diri sebagai mahasiswa. Jadi, sebisa mungkin, carilah universitas dan jurusan terbaik untuk mendukung masa depanmu. Kamu bisa memilih melanjutkan studi di BINUS UNIVERSITY, karena kampus ini didukung dengan pilihan jurusan yang beragam, kurikulum berstandar internasional, dan kegiatan ekstrakurikuler yang bisa memenuhi minatmu.